Pandemi Justru Buat Kita Kreatif, Seperti Menghadirkan Taman Atap, Coba Perhatikan Strukturnya!

Jumat, 23 Oktober 2020 | 22:12
Foto Hakim

Ilustrasi taman atap dengan menggunakan pot sebagai wadah tanam.

IDEAonline - Taman tidakmelulu harusberada di atastanah yangkita injak. Diatap pun ia bisahidup denganindah. Tapi, strukturnya harusdiperhatikan dengan baik.

Taman atapadalah taman yang diletakkan pada atap, khususnya plat cor beton. Membuat tamanatap memang tidak boleh sembarang.

Beberapahal yang mesti diperhatikan agarfungsi dan nilai estetika taman atap dapatterwujud. Menurut Ir. Iwan Ismaun (dosenjurusan aristektur lansekap UniversitasTrisakti Jakarta), hal berikut ini yangperlu diperhatikan ketika membuat tamanatap.

Struktur pendukung

Baca Juga: Tak Tahu Kapan Belinya, Ternyata Sang Suami Sengaja Rogoh Kocek untuk Beli Apartemen Tanpa Sepengetahuan Nagita Slavina, Alasannya Bikin Geleng Kepala

Baca Juga: Tak Tahu Kapan Belinya, Ternyata Sang Suami Sengaja Rogoh Kocek untuk Beli Apartemen Tanpa Sepengetahuan Nagita Slavina, Alasannya Bikin Geleng Kepala

Taman atap biasanya berdiri diatas permukaan plat cor beton. Plat inididukung oleh balok dan kolom yang akanmeneruskan beban dari atas ke bagianpondasi.

Plat, balok, kolom, dan pondasiinilah yang disebut dengan strukturpendukung yang kekuatannya perludiperhatikan agar taman tidak rubuh.

Untuk amannya, agar strukturnyatidak gagal (runtuh) Anda bisa membuattaman dengan beban yang tidak terlaluberat.

Baca Juga: Feng Shui: Dapat Ganggu Keharmonisan Keluarga, Jangan Lakukan Ini Saat Mendesain Dapur

Baca Juga: Terlihat Adem-adem Aja Ternyata Kaya Raya, Terungkap Isi Hunian Mewah hingga Sumber Kekayaan Suami Alyssa Soebandono, Pantesan Tajir!

Caranya adalah dengan memilihjenis tanaman yang ringan sepertirumput atau tanaman penutup tanah (groundcover).

Selain itu, sebisa mungkinminimalkan penggunaan elemen kerasyang berat seperti patung, kursi, ataubatu-batu yang besar.

Beratnya taman tidak hanya daribobot elemen taman yang ada tetapi bisadari berat tanah ketika jenuh air. Hal initerutama terjadi sesudah taman disiramatau terkena air hujan.

Setiap ketebalan2 cm, berat taman ketika tanahnya basahbisa mencapai 2 kali lipat dari berat ketikakering.

Pemilihan tanaman

Jenis tanaman yang dipilihmerupakan salah satu faktor yangmempengaruhi indahnya taman.

Karenaitu Anda harus memilih jenis tanamanyang cocok untuk taman atap, khususnyauntuk tanaman hias.

Pemilihan jenistanaman hendaknya disesuaikandengan arah hadap taman terhadapsinar matahari dan lokasi taman. Iniakan berpengaruh terhadap prosespertumbuhan tanaman itu.

Baca Juga: Mengaku Sayang dan Kini Makin Mesra, Lesty Kejora Bingung Saat Ditanya Alasan Rizky Billar Beli Apartemen, Mau Menikah?

Sebagai contoh, bila lokasi tamanmendapatkan sinar matahari terusmenerus dan tanpa ada penghalang diatasnya, maka pilihlah tanaman yangkuat terhadap matahari seperti bougenvilatau euphorbia.

Yang perlu diperhatikan juga adalahpada saat penanamannya. Sebaiknyaketika menanam, polybag (pembungkustananaman) jangan dilepas.

Cukuppermukaan polybag dilubangi denganpisau agar tanaman bisa beradaptasidengan tanah yang baru.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 74

Editor : Maulina Kadiranti