Ubah Penampilan Sofa dengan Gunakan Slipcover, Tak Ada 5 Menit!

Senin, 26 Oktober 2020 | 16:35
istimewa

Untuk mendapatkan hasil yang benar- benar beda, cobalah bereksperimen dengan bahan-bahan bermotif sederhana .

IDEAonline –Dalam hitungan menit, sofa Ibu Rere yangberwarna abu-abu berubah warna menjadikuning, kemudian menjadi biru. Bukan karenasulap, bukan juga karena sihir. Semua itu karenaslip cover, “bajunya” sofa.

Slipcover, seperti yangdipakai Ibu Rere, adalah sebutan untukselubung kain yang menutupi sofa.

Di Indonesia, cara ini memang belumterlalu populer. Orang lebih seringmengganti kain sofa atau merogohkantongnya untuk membeli sofa baruketimbang menggunakan slipcoveruntuk mengubah penampilan sofa.

Baca Juga: Diawali Sebagai Pengawal Pribadi Sang Mantan Istri, Kini Sifat Asli Puput Nastiti Devi Dibongkar Tetangga Sekitar Rumah: Kalau Sama Kita Pasti Tegur Sapa

Baca Juga: Kebutuhan Air Bersih Meningkat, Begini Cara Membuat Filter Air Sederhana

Padahal, slipcover memilikibanyak kelebihan. Yang utama, slipcover dapat diganti dengan mudahsemudah mengganti baju, sehinggaAnda bisa dengan cepat merubahpenampilan sofa.

Sebagai catatan, untuk mengganti kain sofa diperlukanwaktu 2—3 minggu, sedangkan untukmembuat slipcover hanya dibutuhkanwaktu kurang dari seminggu.

Kalaubosan, Anda dapat dengan mudahmenggantinya lagi tanpa mestimengeluarkan banyak uang. Dari segi kesehatan, menggunakanslipcover ternyata lebih sehatdibandingkan dengan sofa biasa.

Kenapa bisa begitu? Dibandingkandengan kain sofa yang permanen, perawatan slipcover lebih mudah; tinggalbuka dan cuci seperti biasa. Jadi, debudebudan kotoran tidak akan ngendonlama di sofa.

tnr

Slipcover: Ubah Penampilan Sofa Dengan Cepat

Pesan Saja

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Saat Sang Kekasih di Ranjang, Gaya Pacaran Amanda Manopo dan Billy Syahputra Bikin Warganet Panas, Padahal Denny Darko Beberkan Fakta Ini

Baca Juga: Diawali Sebagai Pengawal Pribadi Sang Mantan Istri, Kini Sifat Asli Puput Nastiti Devi Dibongkar Tetangga Sekitar Rumah: Kalau Sama Kita Pasti Tegur Sapa

Saat ini slipcover bisa didapatkandi department store atau di toko yangmenjual pernak-pernik penataan interior.

Tapi lebih baik bila Anda memesannyadi pembuat slipcover, agar slipcovermelekat pas di sofa Anda. Biasanya, si penjual akan datingke rumah untuk mengukur sofa Anda.

Dari hasil ukuran itu, diaakan menentukan seberapa banyakbahan yang dibutuhkan untuk melapisikursi Anda (biasanya, untuk sofa satududukan bahan yang dibutuhkansebanyak 2—3 m).

Setelah itu, Andamesti memilih bahan apa yang Andainginkan. Bahan yang Anda pilih akanmenentukan harga slipcover.

Semakinbagus bahannya, semakin mahal pulaharga slipcover Anda. Kalau punya bahan sendiri, Andahanya perlu membayar jasa penjahitan.

Baca Juga: Waspada Megathrust, Ternyata Gempa 5,9 M yang Terjadi di Pangandaran dan Solo Tak Berpotensi Tsunami

Baca Juga: Minum Air 8 Gelas Sehari Adalah Keharusan, Jangan Lupakan Dispensermu, Ini Triknya Agar Selalu Awet!

Semua Sofa Bisa

Sekarang pertanyaannya, sofa yangbagaimana yang bisa diberi slipcover? Menurut Yanthi, pada dasarnya semua jenissofa bisa diberi slipcover.

Namun yang palingpas diberi slipcover adalah sofa “murni”, aliassofa yang tidak terlalu banyak campuranantara busa dan kayu.

Salah satu contohsofa yang tidak bagus jika diberi slipcoveradalah sofa jenis klasik, yang lengannyaterbuat dari busa dan kayu.

Jika dipaksakan, di ujung lengan sofa akan timbul tonjolan, yang pastinya mengganggu penampilan sofasecara keseluruhan.

Selain sofa, kursi makan jugabisa diberi slipcover. Untuk yang satuini, pembuatannya lebih gampangdibanding dengan sofa sehingga hargayang dipatok pun lebih murah.

Kalaukursi Anda hanya terbuat dari kayu dantidak dilengkapi dengan busa empuk, Anda bisa memesan kepada si pembuatuntuk menambahkan busa di dudukandan sandarannya.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 95

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya