Begini Cara Mengetahui Tangga yang Ideal? Terungkap, Idealnya Lebar Injakan Sekitar 28 hingga 32 Cm

Jumat, 20 November 2020 | 23:03
www.arsitag.com

Begini Cara Mengetahui Tangga yang Ideal? Terungkap, Idealnya Lebar Injakan Sekitar 28 hingga 32 Cm

IDEAonline –Ketika kebutuhan ruangkita bertambah dan lahan kita terbatas, maka kecenderungan kita berumahadalah membangun ke atas.

Tanggamenjadi hal penting yang harusdipikirkan. Pertama kali ia haruslahmemenuhi kebutuhan fungsionalmengantar kita ke ketinggian lantaiyang berbeda. Setelah itu ada sekianbanyak konsekuensi yang perlu juga kitaselesaikan.

Di sekian banyak budaya, orangmengenal tangga sebagai cerminanstatus sosial juga kepercayaan.

Dalam alam pikir budaya Cina, Hong Suiatau Feng Shui banyak bicara tentangtangga secara detail.

Dalam budayaBali, Asta Kosala Kosali mendasarkansekian banyak elemen arsitektur padaukuran badan kepala keluarga, jugadalam menentukan detail tangga.

Baca Juga: Terlanjur Percaya Orang Ketiga, Terungkap Alasan Jenita Janet Pilih Cerai Padahal Awalnya Rela Lunasin Rumah untuk Sang Suami, Ini Balasannya

Halini menunjukkan bahwa ada persyaratantertentu untuk mendefinisikan tanggayang baik.

Dilansir dariTabloid RUMAH edisi 78, dinyatakan bahwa tanjakan dan injakanperlu memenuhi syarat dimensi tertentu.

Foto:

Tangga berbentuk “U” dengan railing berdinding kaca. Selama kaca cukup kuat dan temperred, keamanannya bisa diandalkan. Injakan dan tanjakan yang baik akan memberikan kenyamanan dan keamanan yang cukup.

Ketinggian yang normal adalah antara15 – 18 cm. Lebar injakan yang baikitu 28 – 32 cm; kaki dapat menapakpenuh.

Hal ini secara tidak langsungjuga mendefinisikan kemiringannya, antara 25derajat– 33 derajat. Sebenarnya tanggalebih landai tidak apa-apa, tetapi akanterasa tidak nyaman saja.

Yang perlukita hindari adalah keadaan tidak aman, yaitu kemiringan yang lebih curam; tidak enak dan berbahaya, terutamaketika kita menuruni tangga itu.

Baca Juga: Kini Jadi Artis Papan Atas yang Bisa Beli Rumah Seharga Rp 75 Miliar , Tak Sangka Karir Suami Sarwendah Pernah Ditentang Orangtua Kandung Bahkan Harus Curhat ke Ibu Angkat

Pada denah, tangga bisa berbentuk “L”, “U”, atau tangga putar. Baik jugadipikirkan keberadaan railing yangtingginya adalah setinggi siku.

Di areapublik di negara maju, ada railingtangga yang lebih rendah untuk anakkecil. Selain rasa keindahan, harusdipikirkan juga fungsi dan keamanantangga.

Foto:

Tangga putar memerlukan persyaratan tersendiri. Perhatikan terutama di bagian dalam dekat titik pusat lingkaran, agar tidak terlalu curam.

Logikanya, lebar tangga minimaladalah selebar bahu orang dewasa, sekitar 60 cm. Kalau memungkinkanorang berpapasan, maka lebar tanggamenjadi 120 cm.

Lebih dari 10 injakan, tangga perlu bordes yang lebarnya samadengan lebar tangga. Lebih nyamanapabila panjang bordes minimal selebartangga.

Untuk anggota keluargapenyandang cacat berkursi roda, tanggatidak aksesibel. Tangga perlu digantidengan ramp dengan kemiringan 1:12, dengan panjang maksimal 3 meter danlebar bersih minimal 1 meter.

Kira-kira, apa perlu mengubahtangga Anda menjadi lebih baik?

Foto:

Tangga bisa saja lurus dan tanpa railing di dalam rumah, bukan di area publik. Buatlah lebar yang cukup dan ada bordes. Selain itu, di area tangga sebaiknya cukup sinar matahari atau cahaya buatan untuk keamanan.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya