Terungkap, Ini Hal Penting Saat Tetapkan Rumah Sekaligus Ruang Usaha

Rabu, 28 Oktober 2020 | 18:30
FOTO TEDDY YUNANTHA PROPERTI ECOTECTS

Ilustrasi ruang rapat

IDEAonline –Membuka tempat usahadi rumah, sekarang ini banyak dilakukanpenghuni rumah, baik perumahankelas maupun perumahan kelas bawah.

Banyak dari mereka beralasan membukausaha di rumah lantaran tidak terlalubanyak mengeluarkan modal untuktempat dan bisa mengawasi langsungjalannya usaha.

Terlepas dari sudah ada izin usahaatau belum, ketika Anda berkeinginanmembuka usaha di rumah, yang patutAnda perhatikan adalah penataanruang usaha tersebut.

Baca Juga: Jessica Iskandar Pilih Pindah Rumah ke Bali, Istri Ardi Bakrie Beri Pesan Menohok Usai Lihat Sahabatnya Ketahuan Berduaan di Semak-semak dengan Mantan, ‘Lagi Ngapain Kamu’

Baca Juga: Posisi Kamar Mandi yang Bagus Berada di Sisi Barat atau Timur, Apa Benar, Ini Faktanya

Pergeseran ruang lamadan penempatan ruang baru inilah yangharus disesuaikan dengan kondisi lay outdenah rumah agar sirkulasi pengunjungyang datang tidak mengganggu privasipemilik rumah.

Jenis Usaha MenentukanKebutuhan Ruang

“Untuk pengaturan danpenempatan ruang untuk usaha, Anda harus melihat dulu jenis usahayang akan dibuat dan karakteristikpengunjung yang akan datang, termasuk frekuensi dan lamanya waktumereka berada di tempat usaha,” ujarPrima Haris (desainer interior).

Frekuensi kedatangan pengunjung akan berpengaruh pada letak ruangyang akan digunakan.

Katakan seorangpemilik rumah memiliki usaha tookkelontong, fotokopi, warung internet, atau wartel, yang pengunjungnya silihberganti datang dengan cepat.

Baca Juga: Jangan Abaikan Celah Rumah, Kenali 3 Jenis Hewan Pengerat yang Harus Diusir dari Rumah

Baca Juga: Pelihara Kucing atau Anjing Ampuh Usir Tikus di Rumah, Simak 6 Cara Lainnya, Ampuh!

Sedapatmungkin, ruang usahanya dibuatterpisah dari area pribadi pemilik rumahdan aksesnya juga berbeda denganakses pemilik rumah.

Pemisahan akses ini kadang-kadangdilupakan orang. Kebanyakan yangterjadi, akses pintu masuk ke dalamrumah sama dengan akses menuju ketempat usaha.

Ruang tamu yang dijadikan tempatusaha, contohnya. Usahakan agar didalam ruang tersebut dibuatkan lagiakses berupa pintu masuk menuju kedalam rumah.

Pembedaan akses inibertujuan untuk menjaga privasi Andasupaya tidak terganggu.

Baca Juga: Mau Gabungkan Beberapa Gaya di Hunian? Intip Rumah Adem Satu Ini

Baca Juga: Posisi Kamar Mandi yang Bagus Berada di Sisi Barat atau Timur, Apa Benar, Ini Faktanya

Ada jenis usaha yang memerlukanruang tunggu karena orang yang datingharus mengantri dan membutuhkanwaktu yang tidak sebentar.

Sebagaicontoh usaha tempat praktik dokteryang membutuhkan dua ruang. Satuuntuk ruang praktik dan satu lagi untukruang tunggu.

Hal ini berbeda dengan usahayang tidak memerlukan ruang tunggu, terutama usaha yang skalanya kecil.

Umumnya, kebutuhan ruangnya hanya satu yang di dalamnya menampungsemua aktivitas yang mendukungkegiatan usaha.

Tempat usaha jahit, misalnya. Kebutuhan ruangnya hanyasatu, tetapi di dalamnya dipisahmenjadi beberapa fungsi ruang sepertiruang jahit dan ruang pamer untukmenyimpan hasil jahitan.

Kelengkapan Lain

Yang patut diperhatikan selainpenataan letak ruang adalah penyediaanarea pelayanan. Sebagai contoh, usahapraktik dokter harus menyediakankamar mandi untuk pasien yangdatang.

Baca Juga: Apakah Vaksin Covid-19 Efektif bagi Lansia? Ini Penjelasannya

Baca Juga: Posisi Kamar Mandi yang Bagus Berada di Sisi Barat atau Timur, Apa Benar, Ini Faktanya

Kamar mandi tidak perlu dibuatluas (ukuran 1,75 m x 1,5 m sudahmencukupi), yang penting di dalamnya ada kloset dan wastafel. Letaknyahendaknya tidak di dalam ruangprivasi pemilik rumah.

Selain kamar mandi, yangperlu diperhatikan adalah areacuci. Ini khusus untuk jenisusaha tempat makan. Peralatanmasak dan piring kotor harusdicuci di tempat terpisah dariruang usaha.

Dengan mempertimbangkanbeberapa hal di atas, tempatusaha Anda setidaknya bisamemberikan kenyaman bagiAnda sendiri ketika menghunirumah dan juga pembeli yangdatang.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 85

Editor : Maulina Kadiranti