Hal Wajib Tau Saat Mendesain Taman Atap, Persiapkan Sistem Drainasenya

Rabu, 28 Oktober 2020 | 07:00
Foto Teddy Yunantha Properti Hengky & Asty, Fajar Indah, Surakarta

Roof garden

IDEAonline –Mendesain sebuah taman layaknyamendesain sebuah rumah. Segi estetis danfungsional harus diperhatikan agar sebuahtaman dapat berfungsi sebagaimanamestinya.

Selain itu, dalam mendesian, adabeberapa hal yang perlu diperhatikan.Demikian juga ketikaIDEA lovers akanmerancang taman atap.

Taman atapadalah taman yang diletakkan pada atap, khususnya plat cor beton. Membuat tamanatap memang tidak boleh sembarang.

Menurut Ir. Iwan Ismaun (dosenjurusan aristektur lansekap UniversitasTrisakti Jakarta), konstruksi struktur taman merupakan salah satu hal yang mesti diperhatikan dalam membuat taman atap agarfungsi dan nilai estetika taman atap dapatterwujud.

Baca Juga:Minum Air 8 Gelas Sehari Adalah Keharusan, Jangan Lupakan Dispensermu, Ini Triknya Agar Selalu Awet!

Baca Juga:Bukannya Pamer Kemesraan, Rizky DA Justru Ketahuan Tak Datang Saat Istri Wisuda Ditambah Biarkan Nadya Mustika Tinggal di Kontrakan Sederhana

Konstruksi struktur taman atapmerupakan hal yang terpenting yangpatut diperhatikan karena hal ini berkaitandengan pembuatan drainase, pemasanganlapisan kedap air, pemasangan instalasiair, dan pemasangan instalasi lampu biladiperlukan.

Pembuatan saluran sistem drainasedilakukan setelah plat cor beton sudah ada. Sistem ini salah satunya bertujuan untukmembuang penyerapan air oleh tanah.

Pembuatan sistem ini dilakukan denganmerencanakan titik-titik pembuangan airpenyerapan. Jumlah titik pembuanganhendaknya disesuaikan dengan luasantaman. Setidaknya sediakan 2 titik lubangpembuangan.

Pemasangan lapisan kedap air (waterproofing) merupakan hal yang mutlakdilakukan. Tanpa ada lapisan kedap air, resapan air dari permukaan tanah bisameresap ke dalam bangunan.

Baca Juga:Punya 4 Jenis Tabungan, Atta Halilintar Bagi Tips bagi Pasangan Milenial agar Bisa Punya Rumah

Baca Juga:Tips Mudah Hadirkan Kamar Ala Drama Korea, Sediakan 4 Hal Ini

Gambar penampang permukaan struktur taman.

Karena itusebelum memberi lapisan tanah sebagaimedia tanam, hendaknya Anda memberikanlapisan kedap air.

Saat ini sudah banyaktersedia di pasaran lapisan kedap airberupa cat. Ada baiknya, selain lapisan cat kedapair diberi juga dengan lapisan geotekstil.

Lapisan ini biasanya digunakan untukperkuatan tanah agar tidak terjadi longsor. Karena harganya relatif mahal, geotekstilbisa diganti dengan lembaran plastik.

Supaya perawatan taman ini mudah,IDEA lovers jangan sampai lupa merencakantitik kran air. Tentunya Anda tidak maurepot untuk mengulur selang dari krankamar mandi atau membawa ember untukmenyiram tanaman bukan?

Karena ituIDEA lovers bisa merencanakan meletakkan kran yangpipanya disambung dari saluran air di dalamrumah.

Baca Juga:Jeli Memilih Vacuum Cleaner, Pastikan 3 Kelengkapan Ini Harus Ada!

Peletakan kran hendaknya diatursupaya tidak menganggu pemandangantaman. Ketinggian kran pada umumnyasekitar 50 cm dari permukaan tanah.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 74

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti