Perawatan Praktis 4 Peranti Rumah Paling Dibutuhkan saat Pandemi

Rabu, 28 Oktober 2020 | 15:10
tribunnews.com

Ilustrasi penggunaan kulkas di rumah tangga.

IDEAOnline-Kulkas, mesin cuci, AC, dan oven, menjadi primadona di saat pandemi.

Di saat kegiatan rumah tangga banyak dilakukan hanya dari rumah, maka peranti elektronik menjadi kebuthan yang tak terelakkan.

Kebutuhan akan kepraktisan, kemudahan, dan kecepatan dalam beraktivitas, menuntut keempat peranti paling banyak digunakan ini (kulkas, mesin cuci, AC, dan oven) berada pada kondisi prima.

Berbagai tips perawatan sederhana namun dapat memaksimalkan setia[ peranti ini diberikan oleh Tiyo Sulistyo, Customer Care Manager Beko Indonesia.

Dikatakannya, perushaannya, Beko Indonesia, berkomitmen untuk terus mendampingi konsumen di setiap fase perjalanan menggunakan produk - mulai dari pembelian, pemasangan, layanan bantuan, hingga dukungan jika terjadi kerusakan, guna memberikan pengalaman terbaik dalam memanfaatkan produk andalan.

Hal ini disampaikan Tiyo saat mengajak masyarakat cermat merawat perangkat esensial di rumah agar bisa digunakan secara maksimal selama pandemi Covid-19, di acara webinar (23/10/2020).

Lantas, seperti apa perawatan sederhana namun bermanfaat yang disarankannya?

Baca Juga:Exhaust Fan Solusi Ruang Pengap, Apa Bedanya dengan AC dan Air Purifier?

Beko Indoneia

Badan kulkas yang terasa hangat itu normal untuk mencegah kondensasi.

Kulkas

Menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang hampir ditemukan di setiap rumah, kulkas menjadi perangkat wajib rumah tangga yang digunakan untuk menyimpan bahan ataupun sisa makanan.

Untuk menjaga kinerja kulkas agar bekerja maksimal, perhatikan hal-hal berikut.

  • Beri ruang antara kulkas dan dinding agar tidak menghambat aliran udara panas dari kompresor.
  • Bersihkan lemari es minimal 1 bulan sekali. Selain bermanfaat untuk menjaga higenitas kulkas, jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini juga bermanfaat untuk membantu kamu mengecek makanan apa saja yang masih ada dan perlu untuk segera diolah atau dikonsumsi.
  • Perhatikan kapasitas lemari es.
  • Mengisi kulkas secara berlebihan, membuat perangkat tidak bekerja secara maksimal, yang berakibat pada penurunan kemampuan dalam melindungi kesegaran bahan makanan.
  • jangan mebuka-tutup kulkas terlalu sering karena akan membuat suhu kabin yang dingin berubah cepat, dan kompresor harus bekerja dengan keras untuk mengembalikan suhu dingin seperti semula.Hal ini sleain boros lisstrik, juga bikin kompresor cepat rusak.
  • Pilih jenis bahan makanan yang sebaiknya memang disimpan di kulkas, dan pisahkan bahan atau makanan yang aman disimpan di suhu ruangan.
  • Jangan menaruh makanan atau minuman panas langsung ke dalam kulkas. Ini dapat menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan. Sebaiknya tunggu makanan atau minuman berada pada suhu ruangan, setelah itu baru masukkan ke dalam kulkas.
Baca Juga:Berhemat Listrik dari Pemakaian Kulkas yang Efisien, Ini Caranya!

Dok. Beko Ind.

Mesin cuci saat ini selain unggul dalam ungsi juga estetik menghias ruang.

Mesin Cuci

Aktivitas mencuci dan membersihkan pakaian, seprai, handuk, dan objek berbahan kain lainnya membutuhkan tenaga dan waktu agar kebersihan tetap terjaga.

Tak ayal, mesin cuci menjadi perangkat andalan dalam membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mesin cuci antara lain.

  • Sebisa mungkin jangan letakkan mesin cuci di kamar mandi. Kadang orang berpikir meletakkan mesin cuci di kamar mandi akan memudahkan saat proses mencuci dan pembuangan air. Namun, lingkungan yang lembap membuat mesin cuci mudah koslet sehingga berbahaya bagi keamanan pengguna.
  • Perhatikan selalu kapasitas mesin cuci yang dimiliki. Jangan memaksakan mesin cuci bekerja terlalu berat karena dapat merusakdrummesin cuci.
  • Bersihkan tabung, laci detergen dan filter mesin cuci secara teratur. Menjaga kebersihan perangkat berarti menjaga kualitas kebersihan dari pakaian atau objek lain yang dicuci menggunakan mesin cuci.
Baca Juga:Mesin Cuci Twin Tub, Front Loading, atau Top Loading? Tips Memilih agar Hemat

Dok. Beko Ind

Oven menjadi perantis praktis untuk menyiapkan makanan bagi keluarga.

Oven

Selama menghabiskan waktu di rumah, aktivitas seperti memasak dan membuat kue kian digemari.

Oven, menjadi perangkat dapur favorit yang dimanfaatkan untuk membuat aneka makanan dan camilan favorit keluarga.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar oven tetap aman digunakan setiap hari.

  • Bersihkan secara rutin sisa masakan yang menempel di bagian dalam serta luar oven agar oven tetap terjaga higenitasnya. Sisa masakan yang dibiarkan dalam perangkat dapat berkembang menjadi bakteri, yang tentu berbahaya bagi kesehatan.
  • Jika menggunakan oven gas, perhatikan selalu regulator serta gas yang digunakan, jangan sampai membuat masakan yang diolah terkontaminasi bau gas karena regulator tidak terpasang dengan baik.
Baca Juga:Microwave Boros Listrik? Ini Cara Menyiasati agar Tetap Hemat

dok. Beko ind.

Pendingin ruang memberi kenyamanan tinggal di rumah selama pandemi covid-19.

AC

Kenyamanan suhu ruangan menjadi faktor penunjang penting dalam melakukan berbagai aktivitas di rumah.

Karenanya AC menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang kian penting untuk dijaga kinerja dan kebersihannya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan AC.

  • Perhatikan kondisi ruangan. Sesuaikan besar PK dengan luas ruangan yang akan dipasangi pendingin ruangan.
  • Selain itu, ketika AC digunakan, pastikan ruangan dalam kondisi tertutup dan minim cahaya matahari. Hal ini agar kerja AC tidak terlalu berat ketika mendinginkan ruangan.
  • Waspada debu. AC bekerja dengan cara menghisap dan menghembuskan udara. Apabila terdapat banyak debu yang melekat di lemari, meja atau benda lain di sekitar perangkat, AC akan cepat kotor, sehingga udara yang dihasilkan pun akan terpengaruh higenitasnya.
  • Rutin bersihkan AC, minimal 3 bulan sekali. Jangan lupa untuk mencabut listrik saat AC dibersihkan untuk keamanan.
Baca Juga:Tiga Langkah Perawatan yang Perlu Dilakukan agar AC Tahan Lama

#berbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti