Miliki Hunian yang Lapang, Coba Manfaatkan dengan Kehadiran Taman! Ini Inspirasinya

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 08:00
Tab RUMAH

Meminimalkan jenis tanaman yang ditanam akan memberikan kesan luas pada taman.

IDEAonline –Rumah di lahan terbatasbiasanya hanya sedikit menyisakanlahan untuk taman.

Namun bila dikeloladengan baik maka keterbatasan inibisa berbalik menjadi kekuatan bagipenampilan rumah secara keseluruhan.

Hal inilah yang dilakukan oleh AmazBakuh Nurthuwono ketika merovasirumahnya di daerah Sawangan, Depok.

Baca Juga: Sang Ibu Beri Komentar, Artis yang Sempat Terlilit Hutang Hingga Rp17 Miliar ini Bagikan Foto di Atas Ranjang Bersama Sang Istri, ‘Pengantin Baru’

Baca Juga: Tampilan Toiletnya Bikin Elus Dada, Selebgram Pria Ini Hujat Kamar Mandi Milik 'Artis Rp 200 Miliar', WCnya Beranak?

Amaz menginginkan rumahnyaterasa lapang meski luas bangunan danluas tanahnya tidak begitu besar. Karenaitu Amaz mengelola taman dan dindingdepan dengan cermat.

Konsep Taman

Tab RUMAH

Pola pemasangan koral dibuat melengkung supaya pembatasnya bisa menutupi saluran pipa hawa septictank yang ada di tengah taman.

Secara desain, taman ini dibuatdengan bentuk sederhana. Amazmenerapkan taman yang mudah dalampemeliharaannya dan meminimalkananeka jenis tanaman.

Menurutnya, dengan banyaknya jenis tanaman yangada di taman yang tidak begitu besarjustru akan menambah kesan sempitpada rumah.

Bila dilihat, taman di rumah ini miriptaman kering karena hampir sebagiantaman ini dihiasi tatanan batu koral yangberfungsi sebagai elemen keras tamandan jalan masuk menuju teras rumah.

Dengan tatanan batu koral ini, tamandan rumah terlihat bersih dan lapang.

Koral ini dibuat dalam pola melingkarsupaya pipa saluran hawa septictankyang menonjol ke permukaan tanah bisatertutupi.

Saluran hawa ini disatukanbersama dengan pembatas antararumput dengan koral.

Pemilihan Tanaman

Baca Juga: Naik Pitam, Artis yang Sempat Digerebek Karena Berduaan dengan Wanita di Apartemen Ini Meradang Akibat Qna Selingkuhan Alexander Thian, Kenapa?

Baca Juga: Dudukan Toilet Bisa Tularkan Virus Corona, Bagaimana Mecegah Anak-anak Agar Terhindar dari Virus Ini di Kamar Mandi?

Dengan konsep meminimalkanjenis tanaman, Amaz memilih hanyadua jenis, yaitu tanaman penutuptanah dan tanaman air.

Untuk tanamanpenutup tanah ia memilih rumputgolf (Eragrostis). Alasan memakairumput jenis ini karena mudah dalampemeliharaannya; yang terpenting rajinuntuk menyiram dan membuatnyaterkena matahari.

Tab RUMAH

Futoy ruas (Hippochaetes lymenalis) digunakan sebagai pembatas taman dengan teras samping rumah.

Sedangkan untuk tanaman air, dipilihmelati air (Echinodorus pulae folius) yangdiletakkan di tengah taman, futoy ruas (Hippochaetes lymenalis) yang digunakansebagai pembatas taman dengan terassamping rumah, dan teratai (Nymphaea) yang diletakkan di dekat teras pintumasuk.

Baca Juga: Mengenal Bagian-bagian pada Toilet Duduk dan Jongkok Hingga Cara Kerjanya

Baca Juga: Sebelum Tagihan Listrik Membengkak Akibat WFH, Begini Cara Hitung Kebutuhan AC dengan Benar

Memperbaiki Dinding Depan

Selain mengelola lahan yang tersisauntuk taman, Amaz juga memberikansentuhan pada dinding depan rumahdengan cara memasang batu alam. Untukdinding teras, batu alam yang digunakanadalah batu palimanan.

Tab RUMAH

Mengolah Taman dan Dinding Untuk Memperkuat Fasad

Sedangkan padatiang kolom teras digunakan batu candi. Kedua batu tersebut dilapis dengan catpelindung batu alam agar daya tahannyalama dan bebas dari serangan jamur danlumut.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 79

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya