iDea Lovers, Ini 5 Tips Mendekorasi Ruangan dengan Anggaran Terbatas

Senin, 02 November 2020 | 20:42
Dok. Shutterstock.com

Konsep meja makan rumah minimalis.

iDEAonline - Memiliki hunian yang nyaman tentu menjadi impian dan dambaan banyak orang. Selain menjadi tempat istirahat, rumah ibarat sebuah sanctuary, tempat untuk bercengkrama dan berbagi cinta bersama keluarga.

Apalagi sepanjang pandemi Covid-19 ini, memaksa masyarakat lebihbanyak menghabiskan waktunya di rumah. Sayangnya tak semua orang memiliki rumah yang nyaman, sehingga saat berada di rumah merasa cepat bosan karena suasananya itu-itu saja.

Entah itu karena warna dinding yang sudah mulai kusam atau interior yang terlampau besar membuat ruang gerak menjadi terbatas.

Namun, terlepas dari apapun itu, keinginan untuk menata kembali rumah dengan desain dan interior baru pastinya dimiliki setiap pemilik rumah. Mungkin salah satunya, iDEA Lovers.

Akan tetapi, besarnya anggaran untuk mendekorasi ulang sebuah ruangan membuat banyak orang akhirnya mengurungkan niatnya untuk melakukan perubahan pada huniannya.

Baca Juga: Jadikan Rumah Makin Cantik di Malam Hari dengan Permainan Cahaya

Padahal ide renovasi dengan biaya murah juga bisa dilakukan loh. Ide renovasi ini bahkan bisa diterapkan di berbagai ruangan di rumah.

Bagi iDEA Lovers yang saat ini tengah berencana untuk merenovasi atau mendekorasi rumah dengan biaya terbatas. Namun tetap mendapatkan hasil yang maksimal bisa mengikuti tips dari Prasapta Mufreno home owner @umahabang dan Febriana home owner @hauz.of.momo yang membagikan kisahnya dalam mendekorasi rumahpada webinar LazzMall reSHOPlution #berbagiIDEA dengan tema “Belanja Cerdas Walau Budget terbatas” pada Sabtu, 3 Oktober 2020.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan iDEA Lovers dalam mendekorasi rumah dengan biaya murah dan juga mudah dari Prasapta Mufreno dan Febriana.

1. Menyiapkan anggaran

Saat Anda berencana untuk mendekorasi rumah, hal yang pertama yang harus disiapkan adalah anggaran biaya. Dengan begitu Anda bisa mengontrol pengeluaran sehingga tidak melebihi dari anggaran.

Baca Juga: Menilik Ide Kreasi Barang Bekas Untuk Dijadikan Furnitur, Tong Bekas Jadi Bermanfaat Lagi!

Selain itu, Anda pun bisa mengetahui barang-barang apa saja yang bisa dibeli dengan anggaran yang sudah iDEA Lovers tentukan. Bahkan Prasapta Mufreno berhasil membeli, merenovasi, dan mendekorasi rumah dibawah Rp 300 juta.

“Siapkan anggaran sebelum Anda merenovasi dan mendekorasi rumah, baik itu dari tabungan, pinjaman, atau sumber lainnya. Sehingga Anda bisa mendekorasi rumah dengan anggaran yang telah disiapkan” kata pemilik Umahabang dan Umahabang 2.0 Prasapta Mufreno.

2.Cari inspirasi sesuai bujet

Selanjutnya setelah menyiapkan anggaran untuk mendekorasi rumah, iDEA Lovers harus menentukan desain yang diinginkan, untuk poin ini Anda menyesuaikannya dengan budget yang sebelumnya disiapkan.

bisa mencari referensi dan inspirasi melalui media sosial, seperti Pinterest, Instagram, website ataupun bisa meniru dekorasi-dekorasi dari tempat yang iDEA Lovers kunjungi contohnya kafe atau tempat-tempat lainnya.

Baca Juga: Pintar Mengatur Ruang Kecil Walau Miliki Balita, Begini Tips Rumah Mungil Seluas 33 Meter!

“Ide bisa datang dari mana saja, saat menemukan satu ide. Sebaiknya Anda coba kembangkan apakah sesuai dengan ruangan yang ingin didekor,” jelas Febriana.

Senada dengan Febriana, Prasapta Mufreno pun tak menampik jika umahabang hadir berdasarkan referensi dari internet dan bangunan-bangunan yang pernah singgahi.

“Saya mendapatkan inspirasi dari internet, misalnya Instagram dan Pinterest. Selanjutnya saya menentukan konsep yang saya sukai seperti rumahabang2.0 yang menerapkan konsep minimalis, tropis, dan homey,” kata Sapta

3. Memilih furnitur secara bertahap

Sebelum memilih furniture, sebaiknya iDEA Lovers memperhatikan warna dinding, luas ruangan, tinggi plafon, serta aksesoris lainnya. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam membeli barang.

Selanjutnya memilih furniture sesuai dengan konsep yang dipilih, Seperti konsep rumah minimalis pada umumnya, gunakan furniture minimalis yang terkesan ringan dan kecil. Penyesuaian warna dinding sebaiknya disesuaikan dengan pemilihan furniture.

Baca Juga: Menilik Ventilasi Kamar Mandi yang Efisien untuk Hunian Berlantai 2

“Sebelum membeli barang biasakan untuk mengukur dan menyelaraskan warna dengan ruangan, jangan sampai setelah datang Anda menyesal karena barang tidak sesuai,” kata Febriana.

Ia juga menceritakan bahwa ia salah membeli barang karena sebelumnya tidak menyesuaikan dengan ruangan akhirnya furnituryang ia beli terlalu besar dan ia terpaksa harus berikan pada orang lain.

4. Jangan terburu-buru membeli barang

Setelah mendapatkan barang apa saja untuk dibeli, sebaiknya Anda mencoba untuk membandingkan harganya, saat ini beragam barang furniture dan aksesoris lainnya bisa Anda dapatkan secara online.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah membandingkan harga melihat review dari pembeli sebelumnya.

Baca Juga: Jadi Pelengkap Dekorasi, Intip Inspirasi Rak Gantung Lucu di Kamar Anak

“Sebelum melakukan transaksi, saya selalu berusaha mencari harga pembanding untuk setiap dekorasi dengan jenis yang sama hal ini demi mendapatkan barang dengan kualitas terbaik namun tetap terjangkau,” ujar Sapta.

Selain, itu saat Anda membeli barang secara online usahakan mengecek ongkos kirim karena membeli furniture terkadang dimensi barang membuat harga ongkos kirim melambung jauh lebih tinggi.

“Setelah mengecek ongkos kirim, yang bisa anda lakukan selanjutnya, yakni membaca deskripsi barang yang hendak dibeli karena dengan membaca deskripsi barang Anda akan banyak mendapat informasi seputar barang” tambah Febriana.

Tak kalah penting, selalu melihat review dari pembeli sebelumnya. Dengan begitu Anda akan mengetahui seberapa baik barang yang diincar.

Baca Juga: Mau Merencanakan Kamar Anak yang Ideal? Jangan Asal, Ternyata Ini yang Harus Dilakukan

5. Membeli di toko terpercaya

Usahakan selalu membeli produk kepada penjual terpercaya khususnya saat kamu membelinya melalui online store. Bukan tanpa sebab, karena hal ini demi menjaga barang agar kualitasnya terjamin dan barang 100 persen original.

“Membeli produk kepada penjual terpercaya misalnya di Lazmall. Semua produk dijamin keasliannya 100 persen,” beber Sapta.

Tak hanya itu, ia juga menceritakan pengalamannya, bahwa dirinya berhasil mendapatkan Karpet Aladin dengan harga yang cukup murah, sebesar Rp 450.000 di LazMall. Padahal harga pasarannya bisa mencapai Rp 2.000.000.

Di LazMall terdapat berbagai kebutuhan dekorasi rumah, seperti meja, kursi, gorden, atau beragam aksesoris lainnya pun tersedia secara lengkap.

Baca Juga: Latar Putih Dominan Jadi Solusi di Rumah Mungil, Ini Hasilnya!

“LazMall memiliki lebih dari 2000 merk lokal dan internasional yang dijamin 100% asli karena merupakan official store atau distributor resmi dari brand itu sendiri. Untuk pengalaman belanja yang semakin nyaman barang yang dibeli di LazMall juga dapat dikembalikan dalam jangka waktu 15 hari dan terdapat juga banyak promo menarik,” kata Head of LazMall Biz Operasi Sugih Muliawan.

Salah satu fitur lain di LazMall adalah adanya Brand Mega Offer dimana setiap harinya banyak promo menarik dari brand-brand kesayangan yang bisa didapatkan oleh konsumen sehingga konsumen bisa mendapatkan beragam produk original dengan harga yang menarik.

Selanjutnya ada fitur LazMall Murah Nampol menampilkan produk dengan penawaran harga terbaik dan dilengkapi dengan perbandingan informasi harga dari platform lainnya.

Menariknya ada fitur Brands For You, menampilkan brand-brand yang direkomendasikan khusus untuk kamu, di personalisasi dan disesuaikan dengan produk atau brand yang sebelumnya suda pernah kamu cari.

Tak sampai disitu, ada fitur LazMall Super Brand Day event belanja 24 jam dengan menarik dari produk-produk ternama. Jadi semua kebutuhan bisa kamu dapatkan di LazMall, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Tunggu apa lagi. Untuk informasi produk dan promo lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi langsung kanal LazMall dalam aplikasi Lazada melalui link ini.

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya