Mau Buat Plafon Seperti Apa? Coba 3 Bentuk yang Ada di Pasaran Ini!

Rabu, 18 November 2020 | 13:46
Tab RUMAH

Plafon Juga Butuh Berhias

IDEAonline –Bermain dengan bentuk plafon yang diselaraskandengan konsep arsitektur bangunan akan membantumenciptakan kesan ruang yang tidak monoton.

“Mau buat plafon sepertiapa ya...?” Pertanyaan itu kerap terucapdari orang yang ingin membangunrumah baru atau merenovasi rumahnya.

Pertanyaan ini muncul lantaran orangsudah mulai bosan dengan bentukplafon konvensional yang rata.

Baca Juga: Belum Ada Seminggu Jadi Ratu di Istana Bekasi Milik Sule, Natalie Holscher Diterawang Akan Menjadi Pasangan yang Tak Terduga, Warganet Tak Akan Sangka

Lokasi: Kediaman F.Widayanto

Plafon Juga Butuh Berhias

Menentukan bentuk plafon sangatdipengaruhi oleh beberapa faktor sepertikonsep desain bangunan atau interiorruangan, material yang akan digunakan, ketinggian elevasi plafon, dan ukuranruang yang akan dinaungi oleh plafon.

Agar pekerjaan memilih plafon inimenjadi lebih mudah, Anda dapatmenentukan terlebih dulu bentuk dasarplafonnya.

Tiga Bentuk Dasar

Secara umum ada tiga bentuk dasarplafon. Pertama, bentuk plafon yangmengikuti bentuk rangka atapnya.

Bentuk ini dikenal nama cathedral (untuk rangka atap berbentuk segitiga) dan shed (untuk rangka atap miring).Kelebihan bentuk plafon seperti ini, ruang yang ada di bawahnya terkesanlebih luas.

Baca Juga: Tak Takut dengan Pendukung Habib Rizieq, Nikita Mirzani Tampak Sindir Balik Emak-emak yang Datangi Hunian Mewahnya, ‘Dikira Rumah Gue Panti Jompo Kali’

Kedua adalah bentuk plafon kubah (dome). Bentuk ini memang jarangditemui di rumah berukuran kecil.

Bentuk dasar plafon.

Kelebihan bentuk plafon ini, Anda bisamemberikan aksen pada bagian plafonyang melengkung dengan mural. Plafon ini juga bisa memberi kesanrumah itu tidak terlalu geometris.

Ketiga adalah bentuk plafonrata atau suspended. Ciri plafon iniadalah mempunyai rangka untukmenggantung atau memasangmaterial penutupnya.

Bentuk ketiga inimerupakan bentuk plafon konvensionalyang umum digunakan di rumahtinggal.

Agar tidak terasa kuno, bentukplafon seperti ini sudah dimodifikasimenjadi bentuk plafon lain. Ada yangbentuknya melengkung dan ada jugayang bentuknya bertingkat.

Tab RUMAH

Plafon Juga Butuh Berhias

Berangkat dari bentuk-bentukdasar ini, Anda bisa mengeksplorasibentuk plafon yang sesuai keinginanAnda dengan memakai beragammaterial penutupnya.

Saat ini sudahbanyak macam bahan yang bisadigunakan, baik yang alami maupunpabrikan seperti bambu, kayu, lampit, kaca, gipsum, glassfibre reinforced cement (GRC), dan dak beton.

Baca Juga: Belum Ada Seminggu Jadi Ratu di Istana Bekasi Milik Sule, Natalie Holscher Diterawang Akan Menjadi Pasangan yang Tak Terduga, Warganet Tak Akan Sangka

Masingmasingmempunyai kelebihan dankekuranganya.

Ketika memilih bentuk plafon, perhatukan kemudahan pemasangan danperawatannya. Kemudahan pemasangantermasuk didalamnya kemudahanpembuatan struktur rangkanya.

Semakin rumit bentuk plafonnyamaka semakin rumit dan banyak pularangkanya.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 94

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti