Terungkap, Begini Cara Hadirkan Ruang TV, Ruang Keluarga Bahkan Dapur dan Ruang Makan Sekaligus

Kamis, 03 Desember 2020 | 20:11
Living in a shoebox

Dapur yang menyatu dengan ruang tidur harus diberi solusi berupa sekat pembatas sehingga hawa panas dan bau masakan tidak tercampur dengan kamar tidur.

IDEAonline -Menyiasati keterbatasan ruang dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah dengan menyatukan beberapa fungsi ke dalam sebuah ruang.

Pada dasarnya, hampir semua aktivitas di dalam rumah dapat disatukan ke dalam sebuah ruang.

Gagasan termudah menyatukan berbagai fungsi dapat kita temui pada kamar hotel, yang umumnya menyatukan berbagai aktivitas dalam satu ruang, seperti aktivitas tidur yang disatukan dengan aktivitas rihat menonton acara televisi, sekaligus bekerja ringan pada meja kerja yang bersandar di dinding.

Ada berbagai kemungkinan menyatukan aktivitas di dalam sebuah ruang hingga didapat ruang multifungsi yang praktis.

Pemilik rumah mungil atau apartemen dapat mencoba berbagai cara menyiasati keterbatasan ruang dengan gagasan-gagasan baru yang unik dan menarik.

Baca Juga: Ungkap Tabiat Sang Istri di Rumah Padahal Baru Menikah 2 Bulan, Indra Priawan: Jangan Pernah Buang Apapun di Meja Ini

Baca Juga: Kontaminasi Silang Bisa Hasilkan Tes Antigen Covid-19 Positif Palsu

Inilah beberapa gagasan yang dapatIDEA loverslakukan.

Berdasar Kedekatan Jenis Aktivitas

Dilansir dari TabloidRUMAHEdisi 215,hampir semua aktivitas dapat disatukan ke dalam sebuah ruang, gagasan yang paling sederhana adalah menyatukan 2 aktivitas yang berdekatan sifatnya.

Richard Salampessy/IDEA
Richard Salampessy/IDEA

Pemisahan ruang di rumah ini tanpa sekat. Pemiliknya memainkan motif lantai agar tiap ruang tampak b

Aktivitas di ruang tamu dan ruang keluarga, misalnya, memiliki kemiripan, sehingga kedua ruang tersebut dapat disatukan.

Contoh lainnya, aktivitas makan berkaitan derat dengan memasak dan menyajikan makanan, sehingga ruang makan dapat disatukan denganpantryatau dapur.

Aktivitas belajar anak dan kerja orangtua bisa dijadikan satu dalam sebuah ruang.

Begitu juga aktivitas bermain dan belajar anak pada dasarnya bisa disatukan ke dalam sebuah ruang.

Berdasar Aktivitas Anggota Keluarga

Menyatukan ruangan lewat aktivitas anggota keluarga bisa dilakukan dengan melihat contoh yang paling sederhana, yaitu kamar tidur utama yang menampung berbagai aktivitas bersama ayah dan ibu seperti tidur, membaca, berganti pakaian, dan mandi.

Ruang keluarga bisa berisi aktivitas umum seluruh anggota keluarga, mulai dari tatap muka anggota keluarga, santai bersama, sampai belajar dan membantu anak belajar oleh orang tua.

Baca Juga: Tak Ingin Lidah Mertua Tampil Keriput dan Kering? Coba Siram 1-2 Kali Seminggu, Jangan Terlalu Sering

Baca Juga: Rombak Toilet Umum Besar-besaran, Wanita Ini Viral Setelah Ubah 'Sampah' Jadi Emas Berharga, Isinya Bikin Pangling!

Kesatuan Ruang Secara Radial

Dok. Tabloid Rumah

Kesatuan Ruang Secara Radial

Gagasanini sebenarnya adalah memanfaatkan sebuah titik di tengah ruangan, lalu memanfaatkan sekelilingnya dengan berbagai aktivitas.

Baca Juga:Gelar Ulang Tahun ke-30 di Hotel Mewah, Dekorasi Penuh Bunga Jadi Sorotan, Sarwendah: Aku Bukan Wanita Sempurna

Dalam gambar-gambar berikut terlihat meja di tengah ruangan menjadi semacam sumbu.

Bagian ujung meja mewadahi fungsi makan, sisi berlawanannya mewadahi aktivitas ruang keluarga, sedangkan sisi kanan atau kirinya bisa digunakan untuk fungsi penyimpanan barang.

Model kesatuan radial seperti ini bisa juga dilakukan misalnya dengan membuat sebuah kabinet 4 sisi di tengah ruangan, yang juga dikenal sebagaiisland.

Lalu salah satu sisinya mewadahi aktivitas memasak, 2 sisi kanan kiri mewadahi aktivitas makan keluarga, sementara sisi yang lain bisa digunakan untuk kegiatan santai anggota keluarga.

Baca Juga: Mahal di Awal Untung Kemudian, Ini Keunggulan Lampu Hemat Energi

Baca Juga: Kuman Ada di mana Saja, Ketahui Tempat Bersarangnya di Ruang Keluarga

Kesatuan Ruang Secara Vertikal

Dok. Tabloid Rumah

Kesatuan Ruang Secara Vertikal

Dalamgambar-gambar berikut Anda dapat melihat bagaimana sebuah ruang dimanfaatkan untuk beberapa aktivitas yang berbeda.

Di sini ketinggian ruang dalam rumah dimanfaatkan untuk menempatkan beberapa aktivitas secara vertikal.

Bagian atas bisa menjadi kamar tidur anak, sementara dua aktivitas berbeda diletakkan pada bagian bawah, yakni ruang keluarga dan ruang kerja atau belajar anak.

Berbagai alternatifaktivitas lain bisa kita “tumpuk” di dalam ruangan.

Pada bagian atas, selain kamar tidur, Anda bisa meletakkan ruang baca santai atau ruang bermain, sementara bagian bawahnya bisa ditempatkan ruang makan, ruang simpan, dan ruang lainnya.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya