Ternyata Tak Rumit, Ini yang Harus Dilakukan Saat Tembok Dapur Bersebelahan dengan Tembok Rumah Tetangga

Selasa, 26 Januari 2021 | 10:45

Tembok Dapur Bersebelahan dengan Tembok Rumah Tetangga? Ini Solusinya!

IDEAonline –Sebelum mendekorasi hunian ketahuilah hal paling mendasar seperti permasalahan tembok dan juga atap.

Yuk simak beberapapertanyaanmengenai masalah tembok.

1. Jika tembok dapur rumah kitabersebelahan dengan tembok rumahtetangga. Apalagi ternyata tembok dapur tersebutbersebelahan dengan kolam ikan (dengan air terjun) milik tetangga.

Jika tembok berlumut dan catnyamengelupas. Apayang seharusnya kita lakukan? Apa kitaharus pindahkan dapur, atau ada yang lain?

2. Bagian atas tembokperbatasan rumah sebaiknyadiapakan? Kalau diberi pecahan kacaatau kawat berduri, jadi berbahaya. Dan kalau cuma ditutup dengansemen bisa ditumbuhi lumut.

3. Bagian bawah tembok (di ataspondasi) pagar rumah kitaadalahbata ekspos dan selalu ditumbuhilumut. Apa yang bisa dilakukan?

Baca Juga: Seolah Mimpi Miliki Rumah Senilai Rp 28 M Terwujud, Bukannya Bahagia Dewi Perssik Justru Akui Penyesalannya, Alasannya Bikin Sedih

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng, Ketahui Kecelakaan Kecil yang Dapat Bahayakan Penghuni Rumah, Mulai dari Tersetrum Hingga...

Solusi

Dilansir dari Tabloid RUMAH edisi 60,Masalah dinding di rumah IDEA lovers pemecahannya bisa beberapaalternatif. Apapun pemecahannya, keadaan sesungguhnya dari dindingitu harus benar-benar diperiksa olehpelaksananya.

1. Untuk dinding dapur, adakemungkinan pipa air atau airterjun tetangga IDEA lovers mengalami kebocoran, danmerembes ke dalam dinding. Tetapi bisa juga pipa air didapur Anda (seandainya ada) yang bermasalah.

LOKASI: KEDIAMAN NOER HIDAYAT ADHAM-DAMARISA DEVITA

Tembok Dapur Bersebelahan dengan Tembok Rumah Tetangga? Ini Solusinya!

Jadipenyebabnya bisa dari keduabelah pihak. Seandainya memang sudah pastidari dinding tetangga, Andatidak perlu memindahkan dapur IDEA lovers.

Baca Juga: Saking Cintanya Rela Susul Kekasih ke Australia, Begini Kabar dan Hunian Mewah Milik Artis Cantik yang Sempat Tutupi Pernikahannya oleh Publik

Baca Juga: Seolah Mimpi Miliki Rumah Senilai Rp 28 M Terwujud, Bukannya Bahagia Dewi Perssik Justru Akui Penyesalannya, Alasannya Bikin Sedih

Tentu akan mahal sekalibiayanya. Apabila dindingpembatas rumah Anda dengantetangga hanya satu dinding (satu lapis dinding digunakan bersama), ada baiknya Anda membuatdinding baru dengan kualitas adukansemen yang lebih baik.

Kemudianantara dinding baru Anda dengandinding lama diberi lembaran plastik, agar rembesan atau kelembabandinding tetangga tidak merembes kedinding baru Anda. Agar lebihsempurna lagi, dinding dapur Andabisa diberi penutup keramik.

2. Dinding yang diberi pecahan kaca atau kawat berduri, biasanya adalahdinding pembatas dengan ketinggiantertentu demi keamanan.

Namun bila IDEA lovers tidak menyukai pecahan kacaatau kawat berduri, bagian atasdinding bisa dibuat tidak datar, melainkan miring berbentuk segitiga Dengan demikian, dinding menjadi runcing dan miring di dua sisinya.

Inimenyebabkan air tidak akanmenggenang, sehingga tidak adagenangan air yang membuat dindingmenjadi lembab dan lumut mudahtumbuh.

Tab RUMAH

Susunan pasangan bata

3. Untuk bata ekspos di pagar rumah IDEA lovers, saya menyarankan lebih baikdiplester saja, meski saat ini sudah adalapisan pelindung permukaanterhadap lumut.

Baca Juga: Menyalahi Fengshui, Ini Akibatnya Jika Masih 'Bandel' Meletakan Dapur di Bawah Kamar Mandi

Baca Juga: Seolah Mimpi Miliki Rumah Senilai Rp 28 M Terwujud, Bukannya Bahagia Dewi Perssik Justru Akui Penyesalannya, Alasannya Bikin Sedih

Namun, mengingatletak bata ekspos tersebut sangatdekat dengan permukaan tanah—dimana air dan kotoran amat mudahmerusak bata tersebut—lebih baikdiplester dengan campuran tahan air.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya