Mandi Air Hangat, Pemanas Air Jenis Apa yang Terhemat? Ini Pilihannya!

Rabu, 03 Februari 2021 | 19:15
CK Bathroom

Ilustrasi-Mandi air hangat menggunakan pemanas air.

IDEAOnline-Mandi air hangat, kini jadi kebutuhan.

Di saat pandemi, ketika kebersihan menjadi tuntutan agar terbebas dari virus dan kuman yang menempel di tubuh, mandi air hangat jadi salah satu solusi.

Jika dilakukan dengan tepat, waktu lamanya mandi dan tingkat panas air ideal, mandi air hangat dipercaya dapat membunuh berbagai jenis penyakit dan berefek baik bagi psikis.

Mandi dengan air hangat menghasilkan suhu hangat yang dapat melebarkan pembuluh darah.

Hal ini akan memberi efek menenangkan dan menurunkan kerja sistem organ tubuh.

Untuk mandi air hangat, pemakaian pemanas air (water heater) tak lagi sebagai kemewahan, namun sebuah kebutuhan yang menunjang kesehatan.

Terkait hal ini, pengaturan suhu yang tepat saat memakai water heater harus diperhatikan.

Menjawab pertanyaan Ideaonline, dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV. menyarankan suhu ideal adalah 37° C hingga 38° C.

Dengan suhu ini efek ke kulit dan stimulus ke otak akan baik, dan memberi perasaan segar fisik dan psikis.

Baca Juga: Tiga Cara Paling Efektif Bebaskan Kamar Mandi dari Bau dan Kuman

dok. LG

Ilustrasi pemanas air listrik pintar dual inverter yang hemat, diperkenalkan di CES 2021.

Pemanas Air: Nyaman, Aman, Hemat

Saat ini, ada banyak pilihan jenis pemanas air.

Harus cermat memilih agar kenyamanan mandi yang kita harapkan terpenuhi. Selain faktor keamanan, pertimbangan pada biaya operasional harus juga menjadi perhatian agar tetap hemat.

Benarkah anggapan banyak orang bahwa pemanas air bertenaga surya lebih aman dibanding yang bertenaga listrik yang bisa mengalirkan setrum, atau yang bertenaga gas yang bisa meledak?

Lantas, dari ketiga jenis ini, mana yang paling hemat biaya operasionalnya?

Dari sisi kapasitas, pemanas air yang memanfaatkan energi surya, unggul, karena mampu menampung air hingga ratusan liter.

Tetapi meskipun kapasitasnya tidak sebanyak pemanas surya, dari sisi harga, pemanas air gas masih lebih murah dan populer.

Sedangkan, pemanas yang menggunakan listrik mampu memanaskan air dalam waktu singkat, namun konsumsi listriknya lebih besar.

Terkait dengan penghematan energi, pemanas air tenaga surya menggunakan energi matahari yang gratis, sehingga biaya keseharian operational sangat rendah.

Atas alasan inilah maka harga pemanas air tenaga matahari lebih rendah dari pemanas lainnya.

Sedangkan pada pemanas air yang menggunakan energi listrik maupun gas, kebutuhan akan biaya keseharian operationalnya tinggi, meski di sisi kepraktisan pakai dan pasang memiliki nilai lebih dibandingkan pemanas air bertenaga surya.

Baca Juga: Hubungannya Kandas, Terungkap Reino Barack Sempat Lakukan Hal Ini untuk Luna Maya Usai Keduanya Putus: Hadiah Terakhir

Baca Juga: Sudah Beri Mandat ke Tiga Kuasa Hukumnya, Raffi Ahmad Mangkir dari Sidang Gugatan Pelanggaran Protokol Kesehatan, Pengacara: No Comment!

Baca Juga: Kelabakan Bayar Parkirnya, Raffi Ahmad Putuskan Tukar Tambah Kapal Pesiar dengan Mobil Mewah, Nambah Rp 2 Miliar!

DOK. ARISTON THERMO GROUP

Selain pilihan jenis dan fitur, tampilan water heater pun makin beragam saat ini.

Dan untuk menghemat biaya operasionalnya, bisa dilakukan dengan kecermatan dalam pemakaian, pengondisian ruang, dan penataan instalasi yang ideal.

Untuk kamar mandi yang menggunakan pemanas air bertenaga gas, sirkulasi udara yang lancar menjadi persyaratan utama.

Kondisi ini akan menjamin terkendalinya suhu dalam ruangan, mengurangi panas dan lembap yang bisa berpengaruh terhadap keoptimalan kerja pemanas air ini.

Di luar ketiga jenis pemanas air di atas, ada juga pemanas air yang memanfaatkan panas yang dihasilkan dari kompresor AC.

Teknologi semacam ini sekarang sudah mulai populer dan banyak menjadi solusi di gedung perkantoran, hotel, maupun rumah sakit.

Kompresor AC yang memenuhi syarat untuk mendapatkan air panas “gratis” adalah ¾ PK.

Di bawah kapasitas itu bisa juga, tetapi prosesnya akan memakan waktu lebih lama dan kurang efisien.

Baca Juga: Seakan Tak Pedulikan Hati Nagita Slavina, Raffi Ahmad Sebut Yuni Shara Lebih Baik dalam Hal Ini: Bagusan Dia

Baca Juga: Bak Kibarkan Bendera Perang, Denny Cagur Sebut Deddy Corbuzier Sebagai Perusak Dunia Sulap di Indonesia: Lu Berkontribusi!

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Raffi Ahmad Mendadak Ngaku Sudah Menikah Lagi dengan Nita Thalia, Nagita Slavina Justru Legowo: Silahkan, Aku Pergi!

pxhere.com

Pemanas air bertenaga surya perlu area besar untuk tabungnya.

Demi tercapainya kenyamanan mandi dan kemanannya, selain pertimbangan memilih dari segi sumber tenaga, perhatikan juga komponen penyusunnya (tangki, insulasi, thermostat, ELCB), serta penataan instalasinya.

Instalasi kabel menjadi perhatian utama bagi pemanas air bertenaga listrik.

Pastikan kabel adalah kabel berkualitas yang tidak mudah lecet.

Saat ini sudah banyak produsen menyediakan fitur keamanan (safety features) pada produk-produk terbaru mereka, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran dan hubungan pendek.

Pastikan membeli produk yang sudah dilengkapi dengan pengaman ini.

Baca Juga: Selang Logam Pemanas Air Berkarat, Ini Cara Mudah Membersihkannya

#BerbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti