Bahaya, 5 Benda Ini Paling Berpotensi Menyimpan Kuman di Dapur, Spons Cuci Juga!

Sabtu, 03 April 2021 | 07:00
Tribun Manado

Inilah 5 Sarang Kuman dan Bakteri di Dapur, Bersihkan secara Rutin!

IDEAOnline-Dari keseluruhan ruangan di dalam rumah, dapur adalah ruangan yang paling rentan kotor dan bibit penyakit.

Aktivitas masak-memasak, perabot bekas makanan, area cuci piring, tempat sampah, dan sebagainya, merupakan tempat singgah para bakteri.

Inilah 5 tempat di dapur yang paling berpotensi menyimpan kuman dan bakteri.

1. Kompor

Kompor merupakan perabot utama dapur yang mempunyai peran paling fungsional dibanding perabot lainnya.

Baca Juga: Menikah dengan Pria Beda Keyakinan, Nella Kharisma Ketahuan Miliki Pundi Kekayaan Hingga Miliaran Rupiah, Pantas Saja Huniannya Homey Banget!

Baca Juga: Kerja Keras Hingga Bisa Buat Rumah Mewah 3 Lantai, Adik Presenter Kondang Ini Ternyata Juga Punya Kisah Kelam, Rasakan Hidup Susah Tanpa Orang Tua

Sebagai alat untuk mengolah makanan, entah itu menggoreng, merebus, menghangatkan, mengkukus, memasak air, memanggang, dan sebagainya, kompor praktis menjadi alat yang paling sering digunakan dan tersentuh oleh berbagai macam bahan makanan.

Oleh karena itu, risiko untuk berkembang menjadi sarang kuman pun lebih besar mengingat noda-noda bekas makanan menempel di alat ini.

whatsupfagans

2. Pintu Kulkas

2. Pintu Kulkas

Lemari es di dapur juga termasuk alat yang paling sering disentuh dan dibuka-tutup.

Setiap harinya, hampir seluruh anggota keluarga menyentuh atau memegang pegangan pintu lemari es untuk membukanya.

Baik dengan tangan yang bersih ataupun kotor, pegangan pintu lemari es lama-kelamaan akan kotor.

Sementara, berdasarkan beberapa penelitian, segala macam pegangan/handleadalah spot paling berpeluang untuk kuman bersarang di dalamnya, bahkan kadar kumannya lebih dari toilet.

3. Keran dan Wastafel

Baca Juga: Jadi Andalan untuk Cegah Covid-19, Ketahui Dulu Penjelasan Ahli Mengenai Penggunaan Tisu Basah Disinfektan

Baca Juga: Dicap Dapat Jumlah Besar Hingga Menginap di Hotel, Cita Citata Tampik Tuduhan Terima Uang Bansos 150 Juta!

Tempat ini mudah dijadikan sarang kuman karena kondisinya yang selalu lembap, basah, dan sering bersentuhan dengan tangan atau alat-alat masak yang kotor.

Belum lagi, lubang pembuangan air di wastafel merupakan salah satu sumber penyakit di dapur.

Sisa-sisa makanan merupakan faktor penyebab timbulnya bakteri sepertiE. ColidanSalmonella sp.

Usahakan untuk menjaga kebersihan wastafel, mulai dari kran, permukaan, hingga lubang pembuangan dengan cairan pemutih, ekstrak lemon, ataubaking soda.

reader digest

4. Spons Cuci Piring

4. Spons Cuci Piring

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NSF International, sebuah organisasi kesehatan publik independen, salah satu peralatan di dapur yang banyak mengandung bakteri adalah spons pencuci, karena mengandung kuman, ragi, dan bakteri 150 kali lebih banyak dari gagang sikat gigi.

Baca Juga: Menikah dengan Pria Beda Keyakinan, Nella Kharisma Ketahuan Miliki Pundi Kekayaan Hingga Miliaran Rupiah, Pantas Saja Huniannya Homey Banget!

Baca Juga: Rela Jual Tempat Tinggal untuk Bangun Hunian Mewah 4 Lantai, Pasangan Irwansyah dan Zaskia Sungkar Pamer Tahap Pembangunan Rumah Baru yang Dilengkapi dengan Fasilitas Lift!

Secara umum, bakteri yang ada pada spons tidak membuat kamu sakit, tapi beberapa (sepertiSalmonelladanE. Coli) dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

Cara untuk meminimalisirsponsjadi sarang kuman adalah bersihkan dengan cermat setiap kali selesai menggunakannya, jangan sampai tersisa bekas makanan yang menempel, kemudia upayakan untuk selalu menggantinya setiap dua minggu sekali.

Spons yang kotor juga dapat menyebabkan bau tak sedap yang mengganggu kenyamanan kamu saat berada di dapur.

5. Lekukan Kabinet

Kabinet dapur ataukitchen setpada umumnya memiliki lekukan-lekukan pada permukaan pintu atau bagian tepinya.

Tanpa kamu sadari lekukan ini sering luput dari perhatian karena kerap tak terlihat jelas oleh mata, padahal bagian inilah justru yang paling sering menjadi tempat menumpuknya debu, cipratan makanan yang tak disadari, noda-noda kotoran yang mengerak, dan sebagainya.

Oleh karena itu, jangan lupakan bagian ini untuk selalu disterilkan lebih sering dari biasanya. (Johanna Erly Widyartanti)

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya