Ingin Rutin Panen Cabai? Beri Pupuk Urea agar Produktif, Ini Dosisnya!

Jumat, 07 Juli 2023 | 16:02
lovethegarden

Ilustrasi tanaman cabai rawit di pot.

IDEAOnline-Kondisi tanaman cabai yang sudah tua dan berkali-kali panen biasanya sudah gersang atau pertumbuhannya tidak maksimal seperti awal penanaman.

Hal ini mengakibatkan produktivitas buah cabai menurun atau tidak berproduksi maksimal.

Peremajaan tanaman cabai adalah sebuah cara yang dilakukan agar tanaman cabai yang sudah tua bisa tumbuh dan berbuah kembali tanpa harus mengolah media tanamnya dari awal yang memakan waktu.

Baca Juga: Dulu Tak Malu Berjualan Nasi Uduk untuk Biaya Kuliah, Rapper Ini Malah Pamer Rumah Mewahnya, Ada Ruangan Senilai Rp 80 Juta

Dilihat dari kanal Youtube Rumah Petani TV, Senin (29/3/2021), terdapat sebuah cara untuk peremajaan tanaman cabai agar tumbuh subur kembali.

Disebutkan bahwa fungsi peremajaan pada tanaman cabai antara lain untuk merangsang pertumbuhan tunas-tunas baru yang nantinya akan berbunga kembali.

Untuk peremajaan tanaman cabai, kamu bisa menggunakan pupuk urea, yang fungsinya untuk merangsang pertumbuhan agar daun tanaman cabai kembali hijau serta memunculkan tunas-tunas baru.

Baca Juga: Cabai Awet 6 Hari Disimpan di Kulkas, Kenapa Tidak Boleh Didekatkan dengan Bahan Ini?

Kompas.com
PIXABAY/CEGOH

Ilustrasi tanaman cabai rawit.

Pupuk urea ini hanya perlu kamu larutkan dengan air, selanjutnya tinggal kamu siramkan ke media tanam tanaman cabai.

Baca Juga: Halalkan Segala Cara untuk Dapat Rp 1M, Artis Satu Ini Mau Diajak Kawin Kontrak dengan Pengacara Kondang, Hunian Mewahnya Jadi Sorotan!

Cara pembuatan larutan pupuk urea untuk peremajaan tanaman cabai

1. Untuk membuat larutan pupuk urea, di sini kamu hanya perlu menggunakan dosis yang rendah, yakni cukup 1,5 sendok makan pupuk urea yang dicampurkan ke dalam air sebanyak 8 liter.

Aduk air yang telah diberi pupuk urea sampai larut merata dan tidak menghasilkan sisa-sisa pupuk urea.

Baca Juga: Dulu Tak Malu Berjualan Nasi Uduk untuk Biaya Kuliah, Rapper Ini Malah Pamer Rumah Mewahnya, Ada Ruangan Senilai Rp 80 Juta

2. Setelah selesai, kamu bisa langsung menyiramkan air larutan pupuk urea ke tanaman cabainya. Siramkan ke media tanam tanamn cabai.

3. Untuk satu tanaman cabai di polybag, kamu bisa siram air larutan pupuk urea sebanyak 150 ml.

4. Waktu penyiraman larutan pupuk urea ini bisa kamu lakukan di sore hari, agar sekalian untuk penyiraman dan pemupukan.

5. Lakukan penyiraman larutan pupuk urea cukup 3 kali saja dalam kurun waktu 2 minggu.

Saat menyiram air larutan pupuk urea, kamu tidak perlu takut untuk kelebihan memberikannya, karena dosis yang kamu berikan ini cukup rendah.

Air larutan pupuk urea ini juga bisa kamu berikan untuk peremajaan tanaman cabai rawit. Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul Tips Peremajaan Tanaman Cabai agar Kembali Produktif

#BerbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas

Baca Lainnya