Menurut Fengshui Bau Tak Sedap dari Kamar Mandi Jadi Alasan Letak Toilet di Belakang, Tapi..

Senin, 19 April 2021 | 11:45
Idea.grid.id

Dimana Sebaiknya Kamar Mandi Diletakkan di Rumah? Ini Jawabannya

IDEAonline- Seperti konsep Feng Shui yang menyarankan untuk mencari lokasi rumah tinggalnya berdasarkan norma/nafas alam, demikian pula bangunan/rumah yang menjadi tempat hunian manusia sudah seharusnya meniru bentuk alam yang menggambarkan struktur tubuh manusia.

Dari sisi mikro, rumah digambarkan menyerupai tubuh manusia, dengan pintu yang identik dengan mulut, jendela dengan mata, dapur dengan lambung dan toilet (WC/ kamar mandi) sebagai dubur.

IDEA lovers, ada hal menarik tentang letak kamar mandi/WC dengan filosofi di atas.

Bagian tersebut mengisyaratkan bahwa letak WC dan kamar mandi paling tepat berada di sisi belakang dari tata ruang bangunan.

Baca Juga: Pantas Sudah Gonta-Ganti Cat dan Sofa Masih Juga Ada yang Kurang, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mengatur Ruang Tamu Rumahmu!

Baca Juga: Dulu Beda Agama dengan Sang Mantan, Kini Amanda Manopo Ketahuan Gunakan Mukena di Satu Ruangan, 'Cinta Dulu Dalam Diam, Doakan Dulu di Sepertiga Malam'

Stuktur ini identik dengan posisi dubur seseorang yang posisinya ada di bagian belakang tubuh.

Menurut Mas Dian, MRE, praktisi feng shui, posisi WC di bagian belakang rumah akan memberi nilai keselarasan yang benar karena dirancang dengan mempertimbangkan konsep hubungan keselarasan antara alam yang makro dan kehidupan yang mikro.

Baca Juga: Buktikan Sang Anak Tak Mau Kunjungi Rumah Ibunda Walau di Bulan Suci, Indah Permatasari Justru Asik Lakukan Ini dengan Arie Keriting

Baca Juga: Coba Gosokkan Sedikit Pasta Gigi pada Perhiasan dan Sepatu yang Kotor, Hasilnya Enggak Main-main, Simak yang Akan Terjadi!

Selain itu, posisi ini juga memberi sisi positif yang lebih benar bagi kesehatan maupun etika pergaulan, karena posisi WC yang bau atau kotor sebaiknya dijauhkan dari fungsi ruang yang pada umumnya digunakan oleh penghuni untuk waktu yang lebih lama, misalnya kamar tidur dan ruang keluarga.

Identik dengan posisi belakang

Sebagai orang Timur, budayanya sebenarnya telah menjabarkan secara benar konsep ini dengan menempatkan WC di posisi belakang.

Hal ini dibuktikan dengan selalu mengatakan “mau permisi ke belakang” setiap berkunjung ke rumah orang dan ingin buang air.

Kata-kata “belakang” selain menunjukkan arah juga menguraikan filosofi tentang konsep rumah sebagai bentuk makro dari tubuh manusia.

Tata ruang dengan konsep WC di bagian belakang rumah masih banyak ditemukan pada bangunan sebelum era 1970-an, khususnya di kawasan Pecinan/ China Town.

Baca Juga: Awalnya Dicap Mualaf usai Berani Gunakan Mukena di Unggahan Instagram, Kini Mantan Billy Syahputra Justru Siapkan Menu Berbuka Puasa di Meja Makan, Alasannya Bikin Merinding!

Baca Juga: Dulu Beda Agama dengan Sang Mantan, Kini Amanda Manopo Ketahuan Gunakan Mukena di Satu Ruangan, 'Cinta Dulu Dalam Diam, Doakan Dulu di Sepertiga Malam'

Makin kesini makin ke depan

Di era kemajuan zaman sekarang ini yang jadi persoalan adalah banyak rumah yang menempatkan WC justru di bagian depan rumah, bahkan berdampingan atau lebih maju dari pintu utama, IDEA lovers.

Mendesain rumah seperti ini bukannya sebagai suatu larangan tetapi menyalahi filosofi hubungan alam dengan manusia sehingga dampaknya cepat atau lambat akan menimbulkan kerugian bagi penghuninya.

Sebelum era 1970 atau sebelum konsep arsitektur Barat modern meramaikan desain rumah di Indonesia, rumah dengan desain WC dan kamar mandi di depan rumah sangat jarang ditemukan, kecuali rumah Loji (rumah Kolonial) untuk warga Barat dan bangunan vila untuk peristirahatan.

Baca Juga: Selalu Dengar Suara Aneh, Wanita Ini Awalnya Mengira Ada Hantu, Ternyata Ini yang Ia Temukan di Dalam Lemari Pakaiannya!

Baca Juga: Awalnya Dicap Mualaf usai Berani Gunakan Mukena di Unggahan Instagram, Kini Mantan Billy Syahputra Justru Siapkan Menu Berbuka Puasa di Meja Makan, Alasannya Bikin Merinding!

Konsep penempatan kamar mandi di bagian belakang ini selain bagian dari penjabaran Feng Shui juga sebagai upaya untuk menciptakan rumah yang lebih sehat, karena sumber Sha Qi dijauhkan dari rumah induk.

Dengan masuknya konsep arsitektur Barat modern, filosofi keselarasan ini mulai ditinggalkan karena masyarakat banyak yang terjebak dalam konsep pragmatis, kemudian meninggalkan desain tradisional yang penuh filosofi dan mengubahnya dengan desain yang lebih trend.

WC-pun diletakkan di bagian depan rumah sebagai simbol lambang kemajuan.

Gimana menurut kalian?

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya