Siapa Sangka Rumah Bisa Tetap Adem Tanpa Pendingin Ruangan, Begini Cara Arsitek Zaman Dulu!

Sabtu, 22 Mei 2021 | 09:30
Idea.Grid.Id

tips rumah adem

IDEAonline -Tahu enggak sih IDEA lovers, ternyata sebelum ada teknologi AC diterapkan di rumah, para arsitek memanfaatkan jendela untuk buat hunian lebih adem.

Desain jendela inibiasa ditemui pada rumah-rumah lama, seperti bangunan tradisional atau rumahzaman Belanda.

Dulu orang membuatjendela seperti ini bukan karena tren saja, tapi ternyata ada fungsinya.

Dilansir dariTabloid RUMAH edisi 99,Sebelumteknologi pendingin ruangan diterapkan di rumah, para arsitek berpikir keras bagaimanamembuat desain jendela yang fungsionaluntuk daerah tropis.

Baca Juga: Usai Dapatkan Segepok THR, Ternyata Al, El dan Dul Juga Dirancangkan Rumah Baru oleh Sang Ayah Sambung, Pendingin Ruangannya Saja Begini Bentuknya!

Baca Juga: Masukkan Larutan Bawang Putih ke Botol dan Semprotkan pada Sudut Rumah, Nyamuk Hilang Selamanya!

Iklim tropis antaralain bercirikan cahaya matahari yangmelimpah dan kelembaban yang tinggi.

Manusia membutuhkan adanyacahaya alami sekaligus aliran udarake dalam rumah.

Dua kebutuhan inisering bertentangan, jika jendela kacadipakai untuk memasukkan cahaya, iajuga membawa panas akibat radiasimatahari dan memerangkapnya di dalamrumah. Akibatnya rumah menjadi panas.

Tab RUMAH

Tips Rumah Adem Tanpa AC, Bisa Manfaatkan Jendela Rangkap, Seperti Apa?

Sementara bila kita menggunakan jendelajalusi saja, di dalam rumah cenderungmenjadi gelap.

Baca Juga: Jor-joran Beli Rumah hingga 3 Properti Sekaligus, Harry Styles Jadi Sorotan Usai Miliki Rumah Megah dan Lapang Ini, Nilainya Enggak Main-main!

Baca Juga: Coba Iseng Taburkan Baking Soda pada Permukaan Kasur dan Karpet, Siapa Sangka Ini yang Akan Dirasakan Dalam Sekejap!

Oleh karenanya, paradesainer masa itu menjawab dilemmaini dengan membuat desain jendelarangkap.

Biasanya jendela rangkap terdiridari jendela kaca di bagian dalam (arahbukaan ke dalam) dan jendela jalusi disebelah luarnya (arah bukaan ke luar).

Dengan jendela rangkap saat pagi dan siang hari ketikamatahari bersinar, jendelajalusi bisa dibuka sehinggacahaya masuk melalui kaca.

Dimalam hari yang terjadi adalahsebaliknya, yakni jendela kacadibuka dan jendela jalusi ditutup.

Dengan demikian, ruang di dalamrumah tetap mendapatkan aliranudara dan tetap aman karenatertutup.

Nah, jangan terbalikmeletakkannya, karena peletakanjendela di luar maupun dalamini mengemban fungsi masing-masingyang berbeda.

Baca Juga: Dulu Ditinggal Nikah Bahkan Dikira Enggak Bisa Move On dari Meisya Siregar, Artis ini Berujung di Pelaminan Bahkan Miliki Rumah Mewah Bak Villa di Bali!

Baca Juga: Usai Dapatkan Segepok THR, Ternyata Al, El dan Dul Juga Dirancangkan Rumah Baru oleh Sang Ayah Sambung, Pendingin Ruangannya Saja Begini Bentuknya!

Ada desain jendela yangmembagi 2 jenis kacanya menjadiatas dan bawah, bagian ataskaca bening sementara di bagianbawah kaca buram agar privasidi dalam tetap terjaga.

Selain itu, ada pula desain yang daun jendeladalamnya hanya 1/2 dari jendelaluar, yakni pada bagian bawahnyasaja sementara bagian atasnyadibiarkan terbuka.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #RUMAHTROPIS

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya