Tips Memilih Lisplang agar Rangka Atap Rumah Tropis Bebas Tampias

Jumat, 21 Mei 2021 | 18:30
Saktidesain

Material lisplang harus tahan cuaca.

IDEAOnline-Dipasang di bagian luar rumah, lisplang akan rawan terhadap pengaruh cuaca, panas, hujan (air), dan lembap. Inilah pilihan material yang tepat agar lisplang kokoh dan cantik.

Baca Juga: Intip Acara Bhakti Kesehatan untuk Bangsa dan Negara yang Donasikan Alat-alat Kesehatan ke Klinik Masjid Istiqlal

Baca Juga: Cuma Meletakkan 1 Lembar Daun Ini Bisa Buat Nyamuk Minggat Sekejap, Patut Dicoba!

Semua elemen bangunan yang letknya ada di luar, wajib punya ketahanan terhadap pengaruh cuaca, panas, hujan (air), dan lembap.

Selain itu, visualnya pun harus cantik karena memengaruhi keindahan rumah.

Dalam dunia arsitektur, lisplang—yang biasa dipasang di ujung atap—berfungsi melindungi kayu usuk dari tempias air hujan atau sinar matahari sehingga kayu usuk lebih awet.

Bahan lisplang biasanya terbuat dari kayu sehingga kurang tahan terhadap gangguan cuaca dan kondisi lembap penyebab munculnya jamur.

Kerusakan pada lisplang selain mengganggu fungsinya sebagai pelindung rangka atap, juga akan merusak tampilan rumah.

GRC

Ilustrasi lisplang GRC.

Karenanya, memilih material untuk lisplang harus memenuhi kriteria, tahan cuaca (panas dan hujan), kuat (tidak mudah lapuk), tampilannya indah.

Baca Juga: Coba Iseng Taburkan Baking Soda pada Permukaan Kasur dan Karpet, Siapa Sangka Ini yang Akan Dirasakan Dalam Sekejap!

Baca Juga: Kini Bahagia Tinggal di Hunian Mewah, Siapa Sangka Dulu Artis Ini Pacari Suami Orang hingga Akhirnya Berujung Dinikahi

Bahan kayu berisiko jika digunakan untuk lisplang. Selain tak tahan air dan mudah pudar terkena panas, kayu juga rawan dimakan rayap dan mudah berjamur.

Sebagai gantinya, pilih papan semen, yang punya tampilan seperti kayu namun tidak mewarisi karakter buruk kayu dalam merespon alam.

PT Bangunperkasa Adhitamasentra—produsen papan semen berlabel GRC board dengan produknya, Listplank GRC board memberikan 3 Jenis lisplang yaitu Simpleplank, Superplank, dan Timberplank.

Masing-masing jenis memiliki ketebalan, ukuran panjang dan lebar, serta motif yang berbeda.

Tersedianya ukuran yang bervasiasi, akan menjawab kebutuhan pemilik rumah saat ini.

Lisplang berperan melindungi rangka atap dari tampias.

Apalagi kini tersedia ukuran 3.600 mm/3,6 m, di mana ukuran ini sesuai dengan ukuran bagian rumah yang harus ditutupi (umumnya pemilik rumah memasang lisplang dengan lebar 1,5 m—3,0 m).

Begitu pun dengan pilihan motif. Terdapat pilihan motif kayu pada jenis listplank Timberplank.

Baca Juga: Coba Iseng Taburkan Baking Soda pada Permukaan Kasur dan Karpet, Siapa Sangka Ini yang Akan Dirasakan Dalam Sekejap!

Baca Juga: Cuma Meletakkan 1 Lembar Daun Ini Bisa Buat Nyamuk Minggat Sekejap, Patut Dicoba!

Memakai lisplang jenis ini, tampilan kayu yang hangat tetap bisa didapatkan, pun ketahanan terhadap cuaca.

Lisplang dari GRC terbuat dari bahan papan fiber semen yang kuat, serta tahan terhadap cuaca, api, jamur, dan rayap.

Bahkan, Listplank GRC board dapat juga digunakan sebagai pagar, dinding sirap, shade screen, dan plin.

Selain GRC, di pasaran ada beberapa meerek papan semen yang bisa kamu pilih, di antaranya Conwood dari PT Conwood Indonesia, Wood Plank dari Elephant, dan Durock dari Jayaboard.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya