Tertarik Beli Mesin Cuci Second? Jangan Buru-buru, Ketahui 5 Alasan Ini Agar Semakin Yakin!

Rabu, 02 Juni 2021 | 15:00
freepik

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mesin cuci second

IDEAonline -Mesin cuci merupakan salah satu penemuan hebat yang memudahkan pekerjaan rumah, apalagi kemudian dikembangkan lagi mesin cuci yang dilengkapi dengan pengering.

Di pasaran dikenal, mesin cuci dua tabung dan satu tabung.

Mesin cuci dua tabung di dalamnya ada 2 tabung, yang masing-masing memiliki fungsi berbeda, satu tabung untuk mencuci sementara tabung yang lain untuk mengeringkan.

Mesin cuci 1 tabung, adalah mesin cuci yang lebih praktis lagi. Hanya terdapat satu tabung di dalam mesin cuci, namun dengan fungsi ganda, yaitu untuk mencuci sekaligus mengeringkan.

Baca Juga: Masukan Lilin ke Freezer Selama Sehari Sebelum Dibakar, Siapa Sangka Ini yang Akan Terjadi!

Baca Juga: Miliki Kebiasaan Aneh Suka Pindah Rumah, Sophia Latjuba Akui Tak Suka Bertahan di 1 Tempat Lebih dari Dua Tahun: ‘Orangnya Cepet Bosan’

Pertimbanganmesin cucisecond

Namun membeli mesin cuci tidak semudah membalikkan telapak tangan bagi sebagian orang.

Maka terdapat pilihan mesin cucisecondyang masih dirasa terjangkau bagi sebagian orang. Lantas, yuk ketahui tips membeli mesin cucisecond.

Nah, apabila mencari mesin cucisecond, maka IDEA lovers harus memerhatikan beberapa hal dan pertimbangan di bawah ini, dikutip dariKompas.com:

1. Perhatikan tampilan, selang dan bagian lainnya

1. Perhatikan tampilan, selang dan bagian lainnya

Jika tampilan mesin cuci terlihat tidak terawat, ada kemungkinan itu tidak akan bekerja dengan baik.

Sisa-sisa serat kain dapat tersangkut di bagian saringan, dan endapan kerak bisa membuat beberapa bagian mesin cuci tidak bekerja.

Oleh karena itu, perhatikan dan periksa mesin cuci bekas yang ingin dibeli secara menyeluruh.

Lihat apakah ada bekas kotoran, jamur, dan kerak kapur atau tidak. Perhatikan apakah ada bagian-bagian mesin cuci yang lepas atau rusak.

Baca Juga: Pernah Tidur di Emperan Toko Hingga Sekarang Bisa Bangun Villa Mewah, Siapa Sangka Thomas Djorgi Miliki Masa Kelam Sebelum Sukses

Baca Juga: Dulu Sering Muncul TV dengan Beberapa Program Masak hingga Bisa Bangun Rumah Mewah, Sekarang Artis Ini Banting Stir Jualan Kue

Perhatikan juga bagian selang dan bagian lainnya. Jika ada tanda-tanda sudah rusak, maka menggantinya akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

2. Garansi pada mesin cucisecond

Jika mesin cucisecondyang diinginkan belum terlalu lama dibeli oleh pembeli awal, menanyakan garansinya adalah hal yang perlu diketahui untuk memastikan mesin cuci belum bermasalah.

Garansi mesin cuci penting jika nantinya terjadi sesuatu pada mesin cucisecondyang dibeli.

Baca Juga: Jangan Lagi Timbun Makanan di Kulkas, Siapa Sangka Kebiasaan Buruk Ini Berdampak Tak Main-main!

Baca Juga: Miliki Kebiasaan Aneh Suka Pindah Rumah, Sophia Latjuba Akui Tak Suka Bertahan di 1 Tempat Lebih dari Dua Tahun: ‘Orangnya Cepet Bosan’

Jika tidak ada garansi, maka harus menanggung sendiri biaya reparasinya jika nanti terjadi kerusakan.

Pastikan IDEA lovers mengerti akan syarat-syarat garansi mesin cucisecond.

Ketahui betul biaya reparasi dan penggantian suku cadang yang dibutuhkan jika tidak termasuk dalam garansi.

3. Buat perjanjian dengan penjual

Saat membeli mesin cuciseconddan tidak ada lagi garansi pabrik, IDEA lovers bisa membuat perjanjian atau garansi dengan penjualnya untuk memastikan mesin cucinya tidak bermasalah.

Sebagai contoh, mintalah garansi pengembalian kepada penjual dalam kurun waktu misal 2 minggu.

Apabila kurang dari 2 minggu setelah pembelian mesin cuci mengalami masalah, IDEA lovers bisa kembalikan kepada pemilik sebelumnya.

Hal ini cukup penting karena bisa memberikan rasa aman bagimu yang tertarik membeli mesin cucisecondtersebut.

4. Coba terlebih dahulu sebelum dibeli

Baca Juga: Pernah Tidur di Emperan Toko Hingga Sekarang Bisa Bangun Villa Mewah, Siapa Sangka Thomas Djorgi Miliki Masa Kelam Sebelum Sukses

Baca Juga: Jangan Lagi Timbun Makanan di Kulkas, Siapa Sangka Kebiasaan Buruk Ini Berdampak Tak Main-main!

Hal penting lainnya saat ingin membeli mesin cucisecondadalah pastikan kalau mengecek dan mencoba langsung mesin cucisecondyang dipilih, sehingga dapat dengan pasti mengecek adanya cacat tersembunyi pada mesin cuci atau tidak.

5. Efisiensi menggunakan mesin cuci bekas

Mesin cucisecondyang dijual biasanya memiliki model lama dan dibuat tidak cukup efisien.

Akibatnya, mungkin akan mendapatkan mesin cucisecondyang boros listrik dan air.

Hal satu ini harus dipikirkan saat ingin membeli mesin cucisecond, karena bisa saja mesin cuci yang ditawarkan terlihat bagus, namun membuatmu mengeluarkan lebih banyak biaya karena konsumsi listriknya yang besar.

Model mesin cuci yang lebih baru dan efisien telah didesain untuk memangkas penggunaan energi secara signifikan, sehingga dapat mengurangi penggunaan air, deterjen hingga listrik.

Apabila punya anggaran yang cukup, mungkin akan lebih baik mengeluarkan dana lebih untuk membeli mesin cuci model baru yang lebih efisien dan dapat menghemat waktu serta uangmu.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas

Baca Lainnya