Desain Biofilik jadi Tren Kebutuhan Baru Hidup Sehat di Perkotaan Negara Tropis

Rabu, 23 Juni 2021 | 07:00
Alex Mayes-Crown Group

Waterfall by Crown Group Lagoon Area

IDEAOnline-Desain biofilik, menjadi tren desain yang dicari dan digemari saat ini di semua negara.

Sebuah desain hunian di perkotaan yang mewah dengan berbagai proyek pembangunan, namun tetap memungkinkan adanya komunitas dan menghubungkan penghuninya dengan lingkungan alam.

Ini adalah era baru kehidupan perkotaan yang mewah yang dapat mengarah pada kehidupan yang lebih berfokus pada kesehatan.

Baca Juga: Selama Ini Kita Salah, Inilah Perbandingan Cara Membeli Rumah Sesuai Berapa Lama Menikah, Pasangan Muda Lebih Cocok Rumah Tipe Ini!

Baca Juga: Ikon Arsitektur di Jantung Kota Sydney Ini Raih 3 Penghargaan Paling Bergengsi di Australia, Orang Asal Indonesia Ada di Balik Pembangunannya

Hal ini dikemukan oleh Iwan Sunito, CEO dan salah satu pendiri Crown Group-perusahaan properti Australia terkemuka yang mengkhususkan diri dalam pengembangan properti mewah, investasi properti, dan apartemen berlayanan yangmenawarkan hunian yang terintegrasi dengan alam melalui proyeknya yang berbasis di Sydney.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, salah satu yang melatarbelakangi hal ini adalah, pandemi Covid-19 membuat banyak pekerja yang berencana untuk terus bekerja dari jarak jauh di masa depan. Dan tren desain biofilik di seluruh dunia, diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan meski hanya berada di rumah. Kebutuhan ini terbukti meningkat dibanding sebelumnya.

Pendekatan desain seperti ini dikatakan Iwan, dapat diterapkan dengan sempurna di negara-negara tropis seperti Indonesia atau kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau Bandung.

"Dengan desain ini aliran udara dan penghijauan di dalam kompleks apartemen dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan jendela yang lebih besar untuk memungkinkan cahaya alami masuk ke interior untuk meminimalkan konsumsi listrik," tambahnya.

Antzikas-Crown Group

Waterfall by Crown Group_Lobby Area

Diketahui dengan majunya pembangunan di kota-kota metropolitan, memberi banyak manfaat dan kemungkinan bertambahnya akses yang tak tertandingi. Namun, ada aspek lingkungan yang harus dijaga dan diwaspadai.

Penduduk kota pun saat ini sudah makin menyadari untuk memprioritaskan kesehatan karena diyakini, kesehatan memberi dampak signifikan pada kesejahteraan dan produktivitas.

Baca Juga: Selama Ini Kita Salah, Inilah Perbandingan Cara Membeli Rumah Sesuai Berapa Lama Menikah, Pasangan Muda Lebih Cocok Rumah Tipe Ini!

Baca Juga: CTBUH International Award 2021 Menominasikan 2 Proyek Crown Group sebagai Bangunan Tinggi Terbaik Dunia

“Waterfall by Crown Group adalah contoh sempurna dari proyek hunian yang memenuhi kebutuhan ini," ujar Iwan Sunito.

Di proyek ini terdapat banyak ruang luar ruangan bagi para penghuni untuk bersantai termasuk taman tropis seluas 2600 meter persegi dan taman ramah hewan peliharaan seluas 3600 meter persegi yang terletak sangat dekat hunian.

Dinding hijau vertikal memamerkan 5.000 tanaman di sekitar bioskop terbuka di puncak gedung yang spektakuler bagi penghuni yang ingin menikmati malam menonton film.

Sejak menjangkitnya Covid-19, sebuah fakta terungkap di stdney Australia. Di kawasan Waterloo Sydney, terjadi lonjakan penjualan properti khususnya apartemen.

“Lonjakan penjualan yang kami alami merupakan cerminan dari kondisi pasar yang umum dalam siklus properti jenis ini di mana rumah tapak di luar jangkauan dan mereka (calon pembeli) tertarik pada banyak manfaat dan keuntungan dari tinggal di apartemen,” kata Direktur Penjualan Crown Group, Prisca Edwards.

Di kawasan Waterloo Sydney telah mengalami lonjakan penjualan dengan harga rata-rata unit saat ini sekarang 66% lebih rendah dari harga rata-rata rumah tapak di Sydney, sehingga mendorong permintaan akan apartemen mewah yang lebih terjangkau dengan fasilitas bergaya resor.

Tim penjualan Crown Group juga melihat peningkatan sebesar 200% untuk permintaan dan penjualan dalam dua bulan terakhir.

Martin Mischkulnig-Crown Group

Waterfall by Crown Group_waterfall.

“Sejak COVID kami melihat terjadi peningkatan permintaan untuk apartemen dengan kamar tidur tambahan atau dua kamar tidur, atau lebih banyak ruang belajar, di mana hal tersebut sejalan dengan apa yang kami tawarkan selama ini: apartemen yang lebih besar dengan balkon dan area umum yang luas, dan ciri khas kami melalui fasilitas bergaya resor,” tambah Edwards.

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu, Begini Cara Semut Hilang dalam Sekejap Hanya dengan Bantuan Lemon Hingga Cuka, Mudah!

Baca Juga: Hotel Paling Romantis dan Jadi Pelarian Mewah Para Pasangan, Skye Suites Sydney Masuk Peringkat Bergengsi Versi Tripadvisor

Saat ini, lebih dari sebelumnya, banyak orang mencari selain gedung kotak untuk hunian mereka – mereka mencari rasa komunitas dan kebersamaan tanpa harus keluar di antara keramaian – semua hal yang memenuhi kesejahteraan fisik dan mental mereka. Waterfall by Crown Group yang menggabungkan fitur desain biofilik yang menenangkan dapat membantu pembeli fokus untuk menjalani kehidupan yang lebih tenang.

Waterfall by Crown Group, proyek perumahan senilai Rp. 4 triliun yang dibuka pada tahun 2020, terdiri dari 331 unit apartemen mewah merupakan salah satu desain paling inovatif di Australia dalam hal penghijauan dalam kehidupan perkotaan.

Di jantung pengembangan, yang dirancang oleh Adam Haddow, arsitek pemenang penghargaan SJB, adalah air terjun buatan manusia tertinggi di Australia di tengah taman yang menetapkan tolok ukur baru untuk desain biofilik.

Dengan ketinggian 22 meter atau tujuh lantai, air terjun di proyek ini adalah yang pertama dari jenisnya untuk proyek hunian di Australia dan menambahkan rasa ketenangan yang indah ke pekarangan.

Fitur Air terjun nya sendiri dirancang oleh Dirk Slotboom Waterforms International, yang terkenal dengan instalasi di galeri MONA Hobart, Bandara Canberra, kedutaan besar Australia yang baru di Bangkok dan bahkan lokasi syuting The Great Gatsby.

Crown Group

Ba,boo entrance di Waterfall Sydney

Dinding hijau yang rimbun diciptakan oleh spesialis infrastruktur tanaman Sydney, Junglefy, menawarkan lebih dari 8.352 tanaman tropis yang menciptakan lingkungan taman tropis yang rimbun yang mengelilingi air terjun dan ruang bioskop di puncak gedung, menawarkan pemandangan luas Sydney dan tembok hijau setinggi 6m yang mengelilingi layar bioskop, untuk menonton film di bawah bintang-bintang.

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu, Begini Cara Semut Hilang dalam Sekejap Hanya dengan Bantuan Lemon Hingga Cuka, Mudah!

Baca Juga: 3 Cara Memanfaatkan Loteng di Rumah Tropis agar Nyaman dan Tak Panas

Sebagai indikasi kepercayaan pengembang terhadap produknya, mereka yang tertarik untuk membeli dapat menginap selama satu atau dua malam dan merasakan kenyamanan hidup yang luas dan lingkungan tropis, dekat dengan kota dan pinggiran Sydney, sebelum mereka berkomitmen untuk membeli.

Program “Try Before You Buy” ini merupakan program pertama di Australia yang pernah diperkenalkan oleh sebuah perusahaan pengembang.

Diluncurkan pada bulan Juni, penawaran ini eksklusif untuk calon pembeli yang memenuhi syarat dan memerlukan deposit sebesar Rp. 100 juta, dan dapat dikembalikan sepenuhnya. Mereka yang tidak ingin melanjutkan pembelian akan dikenakan tarif per malam. Syarat dan ketentuan berlaku.

Dikatakan Iwan, Waterfall by Crown Group adalah resor urban terbaik dari yang terbaik yang pernah crown group bangun.

Proyek ini telah menjadi model ideal untuk memberikan penghijauan dan cahaya alami di lingkungan perkotaan, dengan taman yang rimbun dan koridor yang terbuka untuk membiarkan udara segar masuk dan balkon yang luas dan dalam di setiap apartemen.

#BerbagiIDEA #RumahTropis

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya