Jangan Letakkan Kamar Mandi atau Toilet di Sebelah Ruang Tamu Jika Tak Mau Hal Ini Terjadi, Feng Shui: Hati-hati dengan Karir!

Rabu, 23 Juni 2021 | 15:06
jan bitter/design boom

Toilet

IDEAonline - Kamar mandiyang ditempatkan di sebelahruang tamumemang sangatpraktis. Tetapiapa posisi ini dipandang baikmenurut Feng Shui?

MengutipTabloid RUMAH edisi 95, rancangan ini dianggapburuk dan dapat menimbulkankerugian bagi kehidupan penghuni, khususnya yang berkaitan masalahrezeki dan karier.

Baca Juga: Bukannya Tak Akur, Andre Taulany Ungkap Tak Ingin Perlihatkan Masalah Rumah Tangganya: Gue Enggak Bisa Terlalu Ekspos Kayak Masuk-masuk Kamar terus Geledah..

Baca Juga: Selama Ini Kita Salah, Inilah Perbandingan Cara Membeli Rumah Sesuai Berapa Lama Menikah, Pasangan Muda Lebih Cocok Rumah Tipe Ini!

Apalagi kalau posisi pintu WC tersebutterletak di ruang tamu dan posisi ruangWC lebih maju dari pintu utama.

Kalau mau dirasakan dengan lebihpeka, pintu WC yang berada di ruangtamu sangat tidak etis, dan memberirasa tidak nyaman bagi orang yangduduk di ruang tamu maupun orangyang berada dalam WC tersebut.

Contohnya sebagai berikut. Bagaimana tidak akan kehilanganselera, jika saat duduk di ruang tamu, orang harus melihat kloset karenapintu WC tersebut tidak rapat ditutup, misalnya?

Dari segi etika, komposisiWC yang menyatu dengan ruang tamubukan pilihan yang tepat.

Bagaimana tidak menyebalkan, saat bertamu, orang harus menghirupudara yang tidak sedap dari ruang WC? Dari segi kesehatan, udara di ruangtamu sedikit banyak akan tercemar bauyang diproduksi dari WC.

Baca Juga: Restoran Mewah Milik Syahrini Tutup Usai ‘Launching’ Dua Pekan, Sederet Artis Sempat Meriahkan Pembukaan, Ada Hotman Paris Juga!

Baca Juga: Selama Ini Kita Salah, Inilah Perbandingan Cara Membeli Rumah Sesuai Berapa Lama Menikah, Pasangan Muda Lebih Cocok Rumah Tipe Ini!

Bagaimana tidak meresahkan, kalauharus duduk di ruang tamu sementara ada orang yang sedang menggunakantoilet?

Demikian pula sebaliknya, ketidaknyamanan tersebut juga akandirasakan oleh pengguna WC.

Komposisi yang buruk

Selain itu, ilmu Feng Shui mengulaslebih banyak lagi dampak yangditimbulkan karena komposisi tersebut.

Di mana pun posisinya, pintu utamaselalu diartikan sebagai sarana yangdapat mengalirkan energi Qi lingkungan (sering diterjemahkan sebagai hawarezeki) agar singgah dan masuk kedalam rumah.

Energi Qi sangat peka terhadapberbagai kondisi.

Qi akan menjadi energyproduktif saat berada dalam lingkupFeng Shui yang benar, tetapi ia bisaberubah menjadi Sha Qi atau hawapembunuh apabila berada dalam kondisistagnan atau berada di bawah pengaruhkondisi alam yang tidak baik.

Qi yang masuk ke rumah palingbaik mendapat dukungan yangmenghidupkan, seperti ruang yangbersih, cukup cahaya, dan memiliki tataruang yang benar.

Ini dimaksudkan agarQi bisa lama singgah di rumah.

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu, Begini Cara Semut Hilang dalam Sekejap Hanya dengan Bantuan Lemon Hingga Cuka, Mudah!

Baca Juga: Restoran Mewah Milik Syahrini Tutup Usai ‘Launching’ Dua Pekan, Sederet Artis Sempat Meriahkan Pembukaan, Ada Hotman Paris Juga!

Pintu WC Menghadap Ruang Tamu

Solusi yang ditawarkan:

Setiap ada kondisi yangkurang menguntungkan, pasti adapembenahannya menurut FengShui. Solusi yang disarankan adalahsebagai berikut.

  • Kalau letak WC sejajaratau lebih maju dari dinding luar, sebaiknya WC tersebut dipindah kebagian belakang rumah.
  • Kalau letak WC tidak lebihmaju atau di sudut agak belakangdari ruang tamu, sebaiknya di dekatpintu WC yang menyatu denganruang tamu dibuatkan penyekatmasif, agar kedudukan WC seolahberada sesudah ruang tamu.
#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya