Bikin Baju Putihmu Lebih Awet dan Cemerlang dengan 5 Tahapan Mencuci Ini

Jumat, 25 Juni 2021 | 12:12
herworlds indonesia

Merawat baju putih agar awet dan tetap cermerlang dengan 5 tahap pencucian.

IDEAOnline-Salah satu permasalahan dalam pencucian yang terkait dengan pakaian dan kain putih adalah memudarnya warna yang menyebabkannya kusam.

Proses pencucian yang tidak tepat dituding sebagai faktor utama penyebab hal ini. Usia pakai pakaian putih pun dapat berkurang karena proses cuci yang salah sehingga menyebabkannya kusam.

Baca Juga: Stop Gunakan Sabun Batangan, Siapa Sangka Hilangkan Kebiasaan Ini Buat Kamar Mandi Lebih Nyaman dan Sehat, Menyesal Baru Tahu!

Baca Juga: Bikin Lemari Pakaian Berjamur dan Kotor, Jangan Disimpan 5 Barang Ini

Penggunaaan mesin cuci berteknologi tinggi, kualitas dan kuantitas air yang bagus, serta detergen yang baik pun, tak kan menghasilkan hasil cucian pakaian putih sempurna, jika proses mencucinya salah.

Berikut ini 5 tahap penting yang wajib Idea Lovers lakukan untuk menjaga kecemerlangan pakaian atau kain putih sehingga usia pakainya pakainya lama atau awet.

1. Cuci pakaian putih secara terpisah

Cara terbaik untuk menjaga kecemerlangan warna putih adalah dengan mencuci pakaian-pakaian putih bersamaan dalam air bersuhu tinggi sebatas kemampuan jenis kain (air bersuhu 50° Celcius, paling efektif mengangkat kotoran).

Menambahkan penguat cucian saat mencuci baju putih.

Pilinlah detergen dengan tambahan zat pemutih dan/atau enzim, dan pakailah dalam jumlah batas maksimal yang direkomendasikan.

Baca Juga: Bukannya Tidak Boleh, Ternyata Ini Sebab Jangan Letakkan Sikat Gigi di Kamar Mandi, Bahayanya Enggak Main-main!

Baca Juga: Begini Cara Aman Menyimpan Buku dan Pakaian agar Bebas Rusak

2. Tambahkan penguat cucian

Kamu dapat menambah daya cuci detergen dengan menambahkan penguat, seperti boraks, pemutih oksigen, atau soda cuci untuk membantu menjaga warna putih.

Sebelum mencuci, rendam pakaian kotor menggunakan detergen yang mengandung enzim atau pemutih oksigen, dan cuci secara terpisah.

3. Bersihkan kotoran berminyak

Untuk menghilangkan noda berminyak, terlebih dahulu cuci bagian noda dengan detergen cair, sampo (gunakan yang tak berwarna), atau sabun mandi.

Perlahan gosokkan cairan ke kain menggunakan sikat gigi.

Kompas.com
Shutterstock

Ilustrasi mencuci baju putih dengan mesin cuci. Pisahkan dengan baju warna lain.

Baca Juga: Jika Tak Telaten Bisa Ancam Nyawa Anak, Begini Cara Menghadirkan Rumah Ramah Anak dalam Sekejap, Perhatikan Stop Kontak!

Baca Juga: 8 Kesalahan Saat Mencuci dan Menyimpan Pakaian yang Sering Diabaikan

4. Atasi noda berwarna

Pada noda tumpahan makanan, jus, atau kopi, atau ketiak yang berwarna kuning (merupakan sisa dari deodoran atau antiperspirant), aplikasikan pemutih oksigen cair ke noda sesaat sebelum dicuci dalam mesin cuci.

5. Gunakan penghilang warna

Sekali sebulan, atau ketika kain putih mulai kusam, cuci dengan penghilang warna (bleach).

Sebagai alternatif, rendam pakaian dalam air mendidih dan pemutih oksigen dalam basin (hanya bisa diaplikan pada kain yang tidak akan mengerut).

Kamu mungkin harus bereksperimen untuk menentukan teknik memutihkan terbaik.

Lima langkah tersebut adalah upaya optimal untuk membuat pakaian dan kain putih kamu awet dan tidak kusam.

Namun, dengan segala upaya ini dan pemisahan dalam proses mencuci yang rapi jangan berharap warna putih akan cemerlang selamanya.

Faktanya, kain putih kerap diproduksi dengan menambahkan pemutih optikal, yang adalah bahan kimia yang menambah warna putih. Bahan kimia ini pada akhirnya akan luntur dan tak bisa diganti.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya