Rumah Ini Bukan Sembarang Pakai Material Bekas, Walau Lebih Murah Ternyata Kualitas Kayu Jati Lama Justru Tak Kalah dengan yang Baru, Bikin Pangling!

Minggu, 04 Juli 2021 | 10:15
Rumah Puzzle At Kebon Jeruk / Akanoma Yu Sing

ilustrasi Bangun Rumah dari Material Bekas

IDEAonline -Mau bangun rumah dengan material bekas? Jangan asal! Simak hunian yang ajaib berikut ini!

Diketahui, selain harganyajauh lebih ekonomis, kualitas material bekas jugalebih baik.

Kayu jati, misalnya, produkjaman dulunya (alias bekas rumah- rumah tua), justru memiliki kualitas lebihbaik ketimbang kayu jati “keluaran” baru.

Bila jati tuadiletakkan begitu saja di ruang terbuka, terguyur panas dan hujan, jati ini malahjustru menjadi kering sempurna melebihikayu yang dioven.

Artinya, kayu ini tidakakan lagi mengalami muai susut. Dari segi tampilan, kayu-kayu tua inijuga tidak mengecewakan, asal pintar memolesnya.

Seperti yang berhasil dihadirkan di hunian milikIr. Umar Muslimin dan Elvira Hardianadalam membangun rumah.

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu, Sebelum Beli Apartemen Ketahui dulu Tempat Mencuci dan Menjemur Pakaian, Jangan Diabaikan Para Milenial!

Baca Juga: Bapak-bapak Wajib Tahu Sebelum Dinding Rembes, Kenali 4 Perbedaan Pelapis Dinding Tahan Air Berikut, Pas Buat Musim Hujan!

Mengutip dariTabloid RUMAH edisi 65, bentuk rumah ini sebetulnya sederhana saja. Bagian tengah hanya digunakan untuk ruang tamu, sementara di sisi kiri dapur, dan di sisi kanan ruang makan.

Tab RUMAH

Bata ekspos terlihat mewarnai hampir semua dinding

Pintu lipat kaca menuju halaman belakang dialingi jendela dengan gorden jam pasir. Bata ekspos terlihat mewarnai hampir semua dinding.

Bata yang digunakan adalah bata biasa yang kemudian dibericoatingsehingga terlihat lebih cerah warnanya.

Dibantu oleh seorang arsitek dalampenataan ruangnya, Dibantuseorang sahabat karib, Yani Cahyonoyang juga tinggal dalam kompleks yangsama, pengembangan rumah ini diwarnaiperburuan material bekas berikut segala perabotnya.

Bagi 3 serangkai ini—Umar, Vira, dan Yani—material bekas memilikiserangkaian keunggulan yang tidakdimiliki material baru.

Atapnya model setengah jadi tapi keren!

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu, Sebelum Beli Apartemen Ketahui dulu Tempat Mencuci dan Menjemur Pakaian, Jangan Diabaikan Para Milenial!

Baca Juga: Mulai Hari Ini Stop Lakukan Hal Ini ke Karpet di Rumah, Bisa Hancur Bahkan Warnanya Memudar!

Tampak depan rumahini terlihat unik. Atapnyamenggunakan modelsetengah, sehingga tidakbanyak sambungan.

Tab RUMAH

Tampak depan rumah

Bagianyang menjulang di belakangmenyerupai tower mini, selain memperindah tampilanrumah juga berfungsi untuksirkulasi udara.

Dapur berlapis bata ekspos

Dapurnya dibiarkan tidak tertutup. Sebagai pengaling, digunakan dinding berlapis bata ekspos setinggi kirakira1 m.

Tab RUMAH

Dapurnya dibiarkan tidak tertutup

Dengan dua buah kursi yang diletakkan didepannya, dinding pengaling ini juga berfungsi sebagaimeja breakfast atau bar. Bagian belakang dindingbata ini dibuat berbentuk rak untuk menyimpanperlengkapan dapur.

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu, Sebelum Beli Apartemen Ketahui dulu Tempat Mencuci dan Menjemur Pakaian, Jangan Diabaikan Para Milenial!

Baca Juga: Warga Se-Indonesia Jangan Asal Pilih Material Pagar dari Batu-batuan, Cari Tahu Dulu yang Ada Dipasaran!

Ruang makan diletakkan berseberangandengan dapur. Dari ruang tamu, ruangmakan ini sedikit terhalang tangga. Mejamakan dengan 6.

Tab RUMAH

Ruang makan dan tangga

Anak tangga diberi pelapis kayu damarlaut. Dinding sisi tangga diberi pelapisbata ekspos, sementara bagian sebelahkanan diberi pelapis batu kali yang jugadi-coating.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : Tabloid Rumah

Baca Lainnya