Ubah Sinar Matahari jadi Energi Listrik, Solar Panel Bentuk Genteng Kepingan Ini Lebih Murah Pemasangannya

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:30
dok. Onduline

Pengaplikasian Ondusolar Tile yang estetis dengan bentuk kepingan genteng.

IDEAOnline-Pemakaian solar panel sebagai salah satu cara menghemat listrik dengan memanfaatkan intensitas cahaya matahari, sudah dikenal lama. Namun, hingga saat ini pemakaiannya masih sangat terbatas.

Terbatasnya pemakaian solar surya dinilai dari sisi investasi.Biaya awal pemasangan solar panel jauh lebih tinggi daripada pemasangan listrik dari PLN.

Inilah yang mengakibatkan tak banyak orang memakainya.

Kabar terbaru untuk IDEA Lovers, saat ini hadir solar panel berbentuk genteng yang bisa dibeli kepingan yang dikeluarkan oleh PT Onduline Indonesia dan bisa dipasang dengan investasi yang tergolong murah.

Solar panel berbentuk genteng yang diberi nama Ondusolar Tile, ini menjadi solusi atap yang diintegrasikan dengan sistem listrik tenaga surya (photovoltaic/PV) yang digunakan sebagai energi listrik alternatif.

Diketahui, selama ini listrik kita disuplai pembangkit berbahan bakar fosil (minyak bumi dan batu bara).

Padahal, bersamaan dengan peningkatan kebutuhan energi akibat pertumbuhan penduduk, jumlah dan aktivitas penduduk, stok bahan bakar fosil berkurang dan tidak dapat diperbaharui.

Buntutnya suplai listrik akan menurun dan harganya terus naik.

Baca Juga: Ubah Sinar Matahari jadi Energi Listrik di Rumah Tropis, Ini Caranya

Memanfaatkan intensitas matahari, solar panel jadi sember energi ramah lingkungan.

Listrik dengan bahan bakar fosil juga meningkatkan emisi gas karbon yang berdampak buruk terhadap kehidupan di bumi.

Karena itu untuk menghemat penggunaan listrik konvensional, kehadiran Ondusolar Tile menjadi solusi jitu yang ramah lingkungan.

Produk ini menghasilkan listrik ramah lingkungan karena tidak menambah emisi gas karbon dan suplainya berlimpah.

Bentuk genteng Ondusular Tile, menjadi pembeda dari produk solar panel yang selama ini telah dikenal. Sehingga tak hanya cocok digunakan untuk gedung perkantoran, pabrik, rumah sakit, namun juga untuk residensial.

Dengan menggunakan surya panel berbentuk genteng ini, pemilik rumah dapat menerapkan energi ramah lingkungan dan memaksimalkan penggunaan atap bangunannya.

“Kami memberikan solusi yang komprehensif untuk bagian atap termasuk sistem solar panelnya. Investasinya tergolong murah untuk pembangkit listrik dan dapat digunakan secara desentralisasi, sehingga memungkinkan masyarakat untuk memiliki pembangkit listrik sendiri di atap rumah,” ujar Dio Ananda Fitra, Assistant Technical Manager Photovoltaic System Specialist PT Onduline Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima IdeaOnline.

Baca Juga: Mau Pakai Panel Surya Biar Hemat, Mesti Siap Risikonya Juga, Cek Yuk!

dok. Onduline

Ondusolar Tile

Dio pun menambahkan, untuk tahap awal, pemilik rumah bisa memakainya untuk mengurangi energi listrik yang dibeli dari PLN, di mana saat siang hari perangkat listrik di rumah bisa memakai energi bersih dari matahari dan jika ada kelebihan energi yang diproduksi dari solar panel dapat diekspor ke PLN.

Solar Home System, Estetis dan Tahan Cucaca

Sesuai namanya photovoltaic, maka cara kerjanya mengandalkan intensitas matahari sebagai sumber energi dan mengubahnya menjadi listrik.

Photovoltaic bersifat semi konduktor berupa susunan sel dari kristal batu silikon.

Ondusolar Tile dirancang dengan sistem solar panel Building Integrated Photovoltaics (BIPV) yaitu panel fotovoltaik yang digunakan untuk menggantikan bahan bangunan konvensional di bagian selubung penutup bangunan seperti atap, skylight, atau fasad.

Ini berbeda dengan solar panel umumnya yang dipasang secara tradisional dengan menambahkan panel fotovoltaik di atas selubung penutup bangunan seperti atap atau dak, biasa disebut Building Applied Photovoltaics (BAPV).

“Bila dibandingkan dari sisi penampilan, Ondusolar PV integrated roof terlihat menarik dan menyatu dengan gedung, sedangkan BAPV terlihat mencolok dan kurang menarik selain risiko kebocorannya cukup tinggi jika mounting tidak sesuai akibat daya tahan terhadap anginnya rendah,” jelas Dio.

Baca Juga: Katedral Jakarta Pasang Panel Surya 238,02 kWp, Hemat Tak Bikin Polusi

dok. Sharp

Ilustrasi pengubahan sinar matahari menjadi energi listrik.

Ondusolar Tile merupakan atap sekaligus PV ini didesain baik dengan durabilitas tinggi yang menawarkan garansi power hingga 25 tahun.

Atap dijamin tidak bocor karena didesain dengan pengalihan air yang baik.

Rentang suhu kerjanya juga luas berkisar -40 derajat celcius hingga 85 derajat celcius.

“Produk kami sudah lulus performance test dari semprotan garam dan alkali, penuaan yang dipercepat sebagai dampak dari suhu tinggi dan rendah, bahkan lulus uji ketahanan dari hujan es, beban statis dan uji tahan air,” terangnya.

Ondusolar Tile memasarkan dua varian atap PV, yaitu Ondular Tile Single berkapasitas mulai 19 watt-peak (Wp) per keping dan Ondusolar Tile Triple berkapasitas mulai 58 Wp per keping.

Untuk menjaga integritas penampilan atap secara menyeluruh, Onduline juga memiliki Ondusolar Non Power Tile sebagai satu kesatuan solusi.

Permukaannya terbuat dari bahan yang sama dengan Ondusolar Tile ber-power, hanya saja tidak dibekali solar cell di dalamnya.

Posisinya dipasang tumpang tindih dengan atap Ondusolar Tile yang memiliki power.

“Produk ini digunakan untuk menjaga keseragaman bentuk dan warna dari solusi Onduloar Tile sehingga secara estetika jauh lebih menawan dibanding solusi solar panel konvensional,” ujar Herman Wicaksono, Solar Photovoltaic Business Development PT Onduline Indonesia.

Baca Juga: Semestinya Lebih Berhemat di Masa Pandemi, Banyak Yang Tak Sadar Hal Sepele Ini Bisa Bikin Tagihan Listrik di Rumah Melonjak Lho!

dok. Onduline

Pengaplikasian Ondusolar Tile yang estetis dengan bentuk kepingan genteng.

Selain genteng panel sebagai unit utama, sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ditunjang modul pendukung berupa unit pengontrol (regulator/controller) untuk mengatur pengisian dan pemakaian listrik, baterai/aki untuk menyimpan listrik dan inverter untuk mengubah arus DC (direct current) menjadi AC (alternating current).

Semuanya saling terhubung. “Inilah yang kami sebut solar home system. Jumlah pengontrol dan aki tergantung daya listrik panel. Makin besar daya, kian banyak unit pengontrol dan akinya,” papar Herman.

Ia menyebut untuk pelanggan PLN di kota besar yang jarang mengalami mati listrik dapat menggunakan sistem PLTS On Grid yang sangat sederhana secara instalasi.

“Manfaatnya sangat besar dengan investasi minimal di awal,” tambahnya.

Perawatan

Genteng yang dilengkapi panel surya untuk menyerap cahaya matahari menjadi listrik perlu dirawat dengan cara dibersihkan saat musim kemarau panjang.

Debu dan kotoran yang menempel bisa mengurangi daya panel menyerap cahaya matahari dan menghasilkan listrik.

Namun saat musim penghujan, pengguna Ondusolar Tile tidak perlu repot-repot membersihkan karena kotoran akan bersih dengan sendirinya dari permukaan solar panel yang menggunakan kaca khusus ini.

Baca Juga: 5 Kiat Hemat Gunakan Listrik dan Tips Rencanakan Instalasi yang Benar

#BerbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti