Rahasia Terciptanya Fasad Alami Bersahabat dengan Lingkungan, Mudah!

Selasa, 05 Oktober 2021 | 13:00
Leo Espinosa/Design Boom

Ilustrasi fasad alami menyatu lingkungan.

IDEAOnline-Kesederhanaan desain dan aplikasi material alami menjadi cara jika ingin memiliki fasad rumah yang bersahabat dengan lingkungan.

Pagar yang rendah dan carport tanpa atap, serta material fasad yang didomnasi material alami adalah beberapa cara yang bisa ditempuh.

Fasad seperti ini bisa diwujudkan dengan mengaplikasikan paduan kayu dan batu.

Atap rumah berbentuk pelana yang ditutup dengan genteng tanah liat, tentu akan mendukung kesan yang diinginkan, yaitu alami dan menyatu dengan alam.

Untuk dinding rumah aplikasikanfinishing plester kasar dan pelapis batu alam (bisa batu candi, batu kali templek, dll).

Untuk pintu rumah, gunakan pintu kayu solid sebagai pintu utama rumah. Kusen dan jendela pun dibuat dari jati bekas bongkaran kandang sapi.

Goresan, bekas paku, dan gompel membuat tampilan kayu justru lebih berkarakter.

Baca Juga: Mendesain Fasad Simpel Modern untuk Gaya Rumah Minimalis, Ini Tipsnya!

Jika ingin suasana lebih natural apa adanya, batasi penggunaan ornamen.

Keindahan ditampilkan dari keunikan tekstur yang muncul dari serat kayu tua yang terkesan antik. Sehingga yang bakal muncul nantinya dalah sesuatu yang simpel namun tak bikin bosan karena keunikannya.

IDEA

Gentong atau pasu berperan fungsional sebagai resapan air dan estetika taman.

Lengkapi suasana alami dengan tetumbuhan yang bisa ditanaman di tempayan tanah liat yang dibiarkan ditumbuhi lumut permukaannya. Bunga teratai atau lotus bisa dipilih atau tanaman air seperti Futoi, dll.

Di depan rumah, hadirkan kolam koi dnegan ukuran menyesuaikan lahan yang tersedia. Naungi kolam dengan pohon pelingung, bisa dipilih pohon kamboja (Plumeria alba) dengan warna bunga putih.

Baca Juga: Lengkapi Kolam Ikan dengan 4 Elemen Ini, Bisa buat Relaksasi

Biar kolam bisa jadi sarna untuk refreshing dan bersantai, bikin berlantai kayu merbau. Lalu, tempatkan duua buah kursi dan meja kayu di dak kayu ini.

Sebagai penambah nyaman suasana dan pandangan, sepanjang sisi dak kayu, bisa ditanami tanaman pisang hias (Heliconia sp.) yang hijau segar.

Maka, selaian tampilan unik fasad rumah dnegan pesona alaminya, dek nyaman ini bisa digunakan sebagai tempat mengahbiskan waktu di kala sore yang cerah.

Nah IDEA Lovers, mau ikutan membuat tampilan fasad seperti ini? Yuk, dicoba!

Baca Juga: Material Batu Kian Beragam, Kenali Jenisnya dan Ide Kombinasi Motifnya

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

Editor : Johanna Erly Widyartanti