Ini Rahasia Para Desainer Ciptakan Desain Dapur Tak Lekang oleh Waktu

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 07:00
Lansing State journal

Ilustrasi dapur yang tak lekang oleh waktu

IDEAonline - Bagi sebagian besar orang, gaya interior rumah merupakan hal yang sangat penting.

Bagaimana tidak, memang interior rumah akan memengaruhi aktivitas dan suasana hati saat berada di rumah.

Di antara berbagai ruangan yang ada, dapur adalah salah satu area yang paling sering digunakan.

Mungkin itu sebabnya beberapa orang menaruh perhatian pada interior dapur juga.

Baca Juga: Cara Menyulap Dapur Biasa jadi Istimewa, Harmoniskan 3 ELemen Ini!

Selanjutnya, pasti ada beberapa dari IDEA Lovers yang memiliki kecenderungan untuk mengikuti tren.

Akibatnya, mungkin interior ruangan IDEA Lovers menjadi ketinggalan zaman dalam waktu yang cepat.

Untuk IDEA Lovers yang ingin memiliki dapur dengan desain yang tidak lekang oleh waktu, ikuti beberapa tips yang dilansir dari thespruce (12/10/2021) berikut.

Baca Juga: Syngonium yeloow lagi Naik Daun, Beli Sekarang atau Nanti, Ya?

Lupakan Tren

Sangat mudah untuk terjebak dalam tren, tetapi mendesain dapur abadi adalah tentang menghilangkan obsesi terhadap tren untuk fokus pada apa yang akan bertahan.

Tren memberi orang alasan untuk terus membuat perubahan dan mengeluarkan biaya, hanya untuk menyesalinya atau bosan dalam waktu beberapa tahun.

Cara mendekorasi dan menata rumah secara bertahap menjadi kurang penting karena orang-orang menjadi lebih sadar akan pemborosan dan pemeliharaan.

Yang paling penting adalah menyadari bahwa memilih gaya interior adalah tentang umur panjang.

Baca Juga: Rumah Besar maupun Kecil Wajib Punya Gudang, Ketahui Ini sebelum Membuatnya!

Kombinasikan Tren Lama dan Baru

Salah satu cara termudah untuk mendesain dapur yang akan bertahan dalam ujian waktu adalah dengan mendasarkan desain pada dapur yang telah teruji oleh waktu.

Lihatlah ke belakang selama satu abad terakhir dan IDEA Lovers mungkin dapat mengidentifikasi gaya dapur, tata letak, bahan, peralatan, dan elemen dekoratif mana yang tampaknya melampaui waktu.

Parker, seorang desainer interior percaya bahwa memperbarui dekorasi secara terus-menerus adalah cara kuno dan justru membuat suatu ruangan tidak terasa seperti rumah.

Ia menambahkan, penting untuk memadukan gaya lama dan baru, serta seni untuk membeli barang berkualitas baik yang bertahan seumur hidup untuk rumah IDEA Lovers.

Memadukan dan menyeimbangkan elemen lama dan baru akan memastikan bahwa desain dapur IDEA Lovers tidak terlihat seperti kapsul waktu kuno atau ruang trendi yang akan ketinggalan zaman tahun depan.

Baca Juga: Meja Makan Oval jadi Salah Satu Penerapan Feng Shui yang Baik di Ruang Makan, Cek 5 Lainnya!

Elemen Utama dan Tata Letak

Pastikan IDEA Lovers mempertimbangkan segitiga dapur klasik saat merencanakan ruang untuk menentukan hubungan paling fungsional antara oven, wastafel, dan kulkas.

Pilih lemari dapur yang tidak ketinggalan zaman. Sementara kayu sepertinya tahan terhadap tren, menggunakan terlalu banyak kayu tunggal, seperti semua maple atau mahoni gelap dari dapur masa lalu, dapat menjadi pilihan yang kurang tepat.

Pertimbangkan untuk menggunakan kayu seperti kayu ek atau kenari, atau bahkan kayu lapis sebagai aksen, seperti untuk menutupi permukaan pulau dapur, atau dengan memasang rak kayu apung.

IDEA Lovers juga bisa memilih lemari flat-front yang awet dengan warna-warna netral.

Pilih wastafel dapur yang sederhana dan fungsional, dan pertimbangkan kembali untuk mencocokkan semua perlengkapan IDEA Lovers dengan mencampur logam yang akan terlihat bagus.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Gudang di Atas Plafon dan Tangga Aksesnya, Mudah!

Material dan Finishing yang Klasik

Dapur yang tidak lekang oleh waktu menggunakan bahan alami seperti batu dan kayu.

Namun, IEA Lovers juga bisa sedikit lebih kreatif dengan ubin semen berpola atau bentuk geometris yang sama populernya di awal abad ke-20 seperti di abad ke-21, dan yang akan terus terlihat bagus selama bertahun-tahun mendatang.

Di ruang terbuka, pertimbangkan untuk menggunakan lantai kayu keras yang sama dengan yang digunakan di seluruh ruangan di seluruh dapur.

Warna, Dekorasi, dan Aksesori

Dengan tata letak klasik, fungsional, dan dasar yang tak lekang oleh waktu, IDEA Lovers dapat memperbarui dapur seiring berjalannya waktu dengan mengganti aksesori, tekstil, karya seni, cat, wallpaper, dan penyesuaian dekoratif lainnya yang memerlukan penataan daripada renovasi.

Namun ingat, tetap gunakan warna netral seperti putih, kelabu tua, abu-abu, hitam, atau hitam putih. Gunakan warna-warna cerah atau non-netral sebagai aksen melalui cat dinding, tekstil, atau aksesori.

Salah satu cara termudah untuk menciptakan estetika abadi di dapur adalah dengan memasukkan dekorasi yang menjadi simbol dapur selama beberapa dekade.

Ini termasuk aksesori sehari-hari seperti talenan kayu, panci dan wajan tembaga, dan peralatan makan klasik.

Baca Juga: Warna Hitam jadi Pilihan Terbaik untuk Pintu di Rumah, Ini Alasannya!

Pilih bahan alami yang telah teruji waktu seperti linen dan katun untuk perawatan jendela, pelapis, lap piring, dan pengaturan meja.

Pasang task lighitng terintegrasi untuk ruang memasak serta lampu dekoratif seperti lampu gantung antik.

Sementara semua orang menginginkan peralatan yang diperbarui, oven, lemari es, kompor, dan microwave yang baru dapat digunakan dengan cepat.

Pertimbangkan untuk menyembunyikan lemari es di balik lemari yang akan menciptakan tampilan yang mulus.

Jika tidak, pilih peralatan sederhana dengan warna netral.

Baca Juga: Mendengkur saat Tidur dengan Ciri Ini bisa Mengancam Nyawa, Jangan Sepelekan!

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Sumber : The Spruce