Basmi Kecoak Tanpa Repot dengan Boraks dan Gula, Cek Bahan Lainnya!

Rabu, 03 November 2021 | 16:45
Fantastic Services

Bahan alami yang dapat digunakan untuk membasmi serangga

IDEAonline - Kebanyakan orang pasti setuju bahwa kecoak adalah salah satu serangga yang paling kita benci.

Tidak hanya bentuknya yang mengerikan dan menjijikkan, kecoak juga merupakan salah satu serangga yang tidak mudah dibunuh. Kecoak dapat bertahan dalam berbagai kondisi ekstrim.

Belum lagi, kecoak yang dibunuh dengan cara dipukul dapat mengeluarkan cairan dengan bau tidak sedap.

Sebenarnya ada cara yang dapat IDEA Lovers gunakan untuk membunuh kecoak tanpa harus memukulnya, dan bahkan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Dilansir dari thespruce.com (06/07/21), berikut adalah beberapa cara alami untuk membasmi kecoak di rumah.

Baca Juga: Kamar Anak Netral Gender jadi Tren Saat Ini, Engga Zaman Lagi 'Pink Perempuan dan Biru Laki-Laki'

Boraks dan Gula Bubuk

Boraks, yang dikenal secara ilmiah sebagai natrium borat, adalah bubuk pembersih rumah tangga yang sangat umum dan banyak tersedia di toko bahanmakanan.

Dikombinasikan dengan bahan umpan manis seperti gula bubuk atau madu, boraks telah lama menjadi bahan organik untuk membunuh koloni semut, dan juga berfungsi untuk membunuh kecoak.

Oleskan campuran ini di sepanjang alas tiang, di celah-celah, di bawah lemari, di bawah wastafel, dan di mana pun IDEA Lovers pernah melihat kecoak di rumah.

Oleskan kembali campuran sesuai kebutuhan sampai semua serangga hilang.

Jika mau, IDEA Lovers bisa meletakkan pembunuh kecoak ini di wadah kecil alih-alih membersihkan permukaan rumah IDEA Lovers dengan itu.

Baca Juga: Cara Terbaik Meletakkan Tanaman di Rumah agar Tetap Subur, Hemat Tempat, dan Estetis

Itu berarti lebih sedikit kekacauan dan lebih sedikit kesempatan untuk bersentuhan dengannya.

Hasil serupa, tetapi bahkan lebih efektif dapat dicapai dengan menggabungkan asam borat dan gula bubuk.

Asam borat pada dasarnya adalah bentuk boraks yang lebih halus, dan meskipun tidak tersedia dengan mudah, ada baiknya mengupayakan untuk menemukannya jika IDEA Lovers memiliki masalah kecoak yang parah.

Gunakan dengan cara yang sama seperti boraks—campurkan dengan gula bubuk atau bahan manis lainnya, oleskan sebagai umpan di area gelap, dan tunggu hingga kecoak menelannya.

Jauhkan campuran ini dari anak-anak, hewan peliharaan, dan area persiapan makanan. Hanya gunakan umpan boraks di area yang tidak akan disentuh oleh keluarga dan hewan peliharaan.

Meskipun zat alami ini tidak bersifat karsinogenik, boraks tidak boleh tertelan atau terhirup.

Kenakan masker saat mengoleskan campuran ini dan hindari menghirupnya setiap saat.

Tertelan secara tidak sengaja dalam jumlah kecil tidak akan terlalu serius, tetapi konsumsi berulang dapat menyebabkan masalah pencernaan dan bahkan kerusakan organ.

Bahayanya lebih parah jika IDEA Lovers menggunakan asam borat murni daripada boraks alami.

Baca Juga: Smart TV LG Berikan Fasilitas Auto Switching Filmmaker Mode untuk Konten Prime Video

Soda Kue dan Gula

Umpan kecoa lain yang cukup efektif juga bisa dibuat dengan mencampurkan soda kue dapur biasa dan gula.

Taburkan campuran gabungan di atas permukaan tempat IDEA Lovers ingin memberi umpan kecoak—atau letakkan sepiring kecil campuran di area target—dan tunggu hingga kecoak memakannya.

Meskipun tidak bekerja secepat umpan boraks, ia akan berhasil jika diterapkan berulang kali dari waktu ke waktu.

Tanah Diatom

Diatomaceous earth (DE) adalah batu silika bubuk seperti bedak yang mengandung sisa-sisa fosil fitoplankton laut dan merupakan zat umum untuk tukang kebun organik memerangi siput.

Ketika ditaburkan pada serangga dengan kerangka luar yang keras, zat tersebut menusuk tubuh dan menyebabkan serangga mengering dan mati.

Namun, DE bukanlah umpan pasif dan tidak akan menghilangkan kecoak di rumah IDEA Lovers jika hanya ditaburkan di lantai.

Kecoak harus benar-benar ditaburi bedak agar bisa bekerja. Ini bertentangan dengan bagaimana DE digunakan oleh tukang kebun untuk mencegah siput datang, di mana menutupi tanah dan tanaman dengan bedak bekerja.

Baca Juga: Ragam Penyimpanan Inspiratif untuk Kamar Tidur agar Tak Mudah Berantakan

Semprotan Minyak Esensial

Sama seperti minyak jeruk yang digunakan sebagai pestisida alami untuk tanaman pekarangan dan tanaman hias, ramuan yang terbuat dari minyak esensial seperti serai, kayu manis, peppermint, mawar, dan palmarosa dapat menjadi pembunuh yang efektif jika disemprotkan langsung pada kecoak.

Namun, minyak ini tidak berfungsi sebagai umpan pasif karena hanya dioleskan ke permukaan dan menunggu kecoak berjalan melintasinya.

Memang mungkin untuk membeli minyak esensial individu dan mencampurnya untuk membuat pembunuh kecoak IDEA Lovers sendiri, tetapi ada berbagai pembunuh serangga komersial organik yang dapat IDEA Lovers beli untuk melakukan pekerjaan itu.

Produk-produk ini benar-benar aman untuk hewan peliharaan dan anak-anak, tetapi ingat bahwa mereka membunuh hanya jika bersentuhan.

Semprotan berlebih perlu dibersihkan untuk menghindari noda pada permukaan.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Sumber : The Spruce