Tips Mendesain Dapur Satu Dinding, Solusi Pas untuk Rumah Mungil

Rabu, 03 November 2021 | 17:45
Howdens

Ilustrasi dapur satu dinding

IDEAonline - Meskipun dapur adalah salah satu ruangan yang penting di rumah, tidak semua orang memiliki cukup ruang di rumahnya untuk sebuah dapur dengan perlengkapan ekstra.

Namun, hal ini tidak berarti kita tidak bisa memiliki dapur yang efektif dengan ruang yang minimal.

Nyatanya, hanya dengan menyediakan satu dinding khusus untuk dapur, kita sudah bisa memiliki dapur yang fungsional di rumah.

Bagi IDEA Lovers yang tidak memiliki banyak ruang untuk dapur di rumah, berikut adalah tips untuk menciptakan dapur dengan satu dinding di rumah, dilansir dari decoist.com.

Baca Juga: Ragam Penyimpanan Inspiratif untuk Kamar Tidur agar Tak Mudah Berantakan

Rencanakan untuk Ruang Kecil

Hal pertama yang perlu IDEA Lovers perhatikan dalam merancang desain dapur satu dinding adalah penempatan wastafel, kompor, dan peralatan lain yang IDEA Lovers rasa wajib ada di dapur.

Biasanya, lemari es, microwave, dan peralatan lainnya berada di salah satu ujung dapur satu dinding ini dengan ruang yang cukup di antaranya dengan wastafel.

Di sisi lain, IDEA Lovers mungkin ingin memiliki kompor tanam bersama dengan ruang counter yang membantu IDEA Lovers menyiapkan makanan.

Pastikan IDEA Lovers menetapkan penempatan akhir setiap elemen dan menciptakan alur kerja yang harmonis sebelum memulai.

Baca Juga: Bosan Suasana Rumah yang Itu-Itu Saja? Ini 7 Tips Jitu Ciptakan Tampilan Baru Hemat Biaya

Menggunakan Lemari Atas

Kami selalu menyukai ide yang memanfaatkan sepenuhnya ruang vertikal di sebuah ruangan dan dalam kasus dapur satu dinding, lemari atas adalah bagian penting dari keseluruhan desain.

Mereka menawarkan beberapa ruang penyimpanan yang sangat dibutuhkan, tidak mengambil dari area yang ditunjuk untuk peralatan, dan menjaga counter bebas dari kekacauan.

Pastikan ada celah setidaknya 1,2 m antara meja dan lemari atas untuk ruang dapur yang nyaman.

Satu Unit Penyimpanan Bergaya Tunggal

Dapur satu dinding sangat diuntungkan dari desain kabinet dan rak yang terasa seperti satu unit kontinu yang berubah menjadi berbagai bentuk.

Ini tidak hanya memberikan tampilan estetis, tetapi juga mengurangi fragmentasi visual ruang dan membuat dapur jauh lebih efisien.

Dengan mengulangi finishing dan materialnya di ruang makan atau ruang tamu, IDEA Lovers akan memiliki ruang tamu terbuka yang lebih terkurasi.

Baca Juga: Cara Terbaik Meletakkan Tanaman di Rumah agar Tetap Subur, Hemat Tempat, dan Estetis

Peralatan yang Cocok

Kulkas pintu ganda raksasa, mesin pencuci piring besar, dan penutup kepala yang memakan banyak ruang tidak cocok untuk dapur sederhana berdinding tunggal.

Sebagai gantinya, gunakan peralatan yang ringkas dan pas dengan proporsi keseluruhan dari ruang terbatas ini.

Pencahayaan

IDEA Lovers dapat menambahkan kitchen island tambahan di antara ruang makan dan dapur satu dinding, menghadirkan opsi penyimpanan tambahan dengan unit mandiri di sebelahnya, atau bahkan menggabungkan rak dan lemari khusus dengan sentuhan berbeda untuk tampilan yang lebih eklektik.

Apa pun yang IDEA Lovers pilih, pastikan tidak ada sudut dan bayangan kusam di sini. Lampu strip LED, lampu tersembunyi, dan task lighting dapat dipadukan dengan indah untuk mendapatkan lapisan pencahayaan yang merata.

Jelas, sebagian besar dapur ini tidak bergantung pada liontin untuk penerangan. Namun, ruang di sebelah dapur satu dinding ini bisa menggunakan liontin untuk mengusir rasa kusam.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Mulai Diizinkan untuk Anak Usia 6-11 Tahun, Amankah?

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Sumber : decoist.com