Tahun Baru Suasana Baru, Yuk Coba Terapkan Konsep Rumah Bernuansa Japandi

Kamis, 11 November 2021 | 13:48
Shutterstock

Ilustrasi rumah menggunakan konsep Japandi.

IDEAOnline.com –Menyambut tahun baru dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya,membangun suasana barudenganpenataan ulang furnitur di rumah.

Jika menilik beberapa tahun belakang, tren rumah minimalis menjadi favorit banyak kalangan. Sesuai namanya, gaya minimalis mengutamakan penggunaan furnitur yang simpel dan multifungsi.

Kemudian, konsep minimalis mulai diterapkan pada beberapa model rumah, seperti industrial, Mediterania, dan Skandinavia. Baru-baru ini,penataan minimalis ala Japandi juga banyak diterapkan pada rumah.

Untuk diketahui, Japandi merupakan perpaduaninteriorrumah Jepang (Japanese) dan Skandinavia (Scandinavian).Dilansir dari lamanDwell, konsep Japandi mengedepankan suasana rumah yang simpel, hangat, dan terikat dengan alam.Hal ini sesuai dengan filosofi hidup penduduk di kedua negara tersebut.

Baca Juga: Tahun Baru Tinggal Sebentar Lagi, Saatnya Tata Ulang Rumah Jadi Smart Home yang Aman dan Nyaman

Konsep Japandi pun dapatdenganmudah diterapkan di rumah tanpa perlu renovasi ulang. Berikut IDEAOnline berikan rekomendasi penataan rumah dengan nuansa Japandi.

1. Perpaduan warna netral dan kontras

Gaya rumah Jepang dan Skandinavia memiliki khas masing-masing. Dilansir dari lamanDwell, nuansa konsep Skandinavia mengusung warna netral yang tajam dan tata letak ruang yang sederhana.

Sementara itu, konsep rumah Jepang lebih menekankan pada nuansaoutdoordengan perpaduan warna yang kaya. Konsep Japandi pun menggabungkan keduanya.

Anda dapat memberi sentuhan warna netral pada objek besar yang mendominasi ruangan, misalnya seperti dinding, sofa, meja, dan rak buku. Sementara, untuk dekorasi tambahan seperti lampu, bantal sofa, dan karpet, Anda bisa memilih warna yang kontras dengan warna netral.

Baca Juga: Kenali 3 Jenis Pencahayaan Ini untuk Menerangi Rumah dengan Tepat

2. Perbanyak dekorasi tanaman

Shutterstock

Ilustrasi dekorasi pada konsep Japandi.

Menghadirkan nuansaoutdoordi dalam ruangan merupakan salah satu konsep utama Japandi. Hal itu bisa dilakukan dengan menghias ruangan dengan dekorasi tanaman.

Apabila menggunakan tanaman asli, pastikan ruangan mendapat cahaya matahari yang cukup agar tanaman tidak cepat layu atau mati. Namun,apabila anda tidak yakin, Anda bisa pilih jenis tanaman sintetis.

Agar nuansa ruangan lebih hidup, gunakan tanaman dengan warna yang beragam. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan hiasan berbahan kayu dan rotan di dinding untuk menambah kesan estetik.

3. Gunakan interior berbahan kayu

Salah satucirikhas dari rumah bergaya Skandinaviadan Jepangadalah interior yang didominasi material kayu. Biasanya, material kayu digunakan untuk lantai, langit-langit, dan perabotan rumah.

Baca Juga: Memperlebar Kusen Jendela bisa Jadi Tempat Ramah buat Kucing di Rumah, Cek Cara Lainnya!

Penggunaan interior berbahan kayu sebenarnya digunakan untuk menambah kesan hangat pada rumah. Seperti diketahui, konsep Skandinavia sendiri terinspirasi dari negara-negara Eropa yang memiliki musim dingin,

Namun, Anda juga bisa membuat suasana interior berbahan kayu lebih segar dengan mengecat kayu dengan warna yang mencolok, seperti cokelat muda dan putih tulang.

4. Manfaatkan obyeksebagai sekat ruangan

Pada dasarnya, konsep Japandi mengedepankan tata ruang yang serba minimalis. Dengan begitu, barang yang digunakan juga sebisa mungkin multifungsi.

Beberapa rumah dengan konsep Japandi juga dibuat tanpa sekat sehingga tampak luas. Alih-alih dibatasi oleh tembok, setiap ruangan justru dipisahkan olehobyekseperti rak buku, akuarium, atau partisi yang terbuat dari kayu.

Baca Juga: Undang Cahaya Matahari Masuk ke Rumah dengan Berbagai Cara, Tidak Hanya Melalui Jendela!

Trik memanfaatkan barang sebagai sekat ruangan juga cocok bagi Anda yang memiliki lahan rumah terbatas. Namun, pastikanobyektidak berukuran terlalu besar agar tidak menghalangi jalan.

Bagaimana, tertarik untuk menerapkan konsep Japandi di rumah? Tidak perlu bingung, saat ini Anda bisa mewujudkan konsep rumah impian apapun dengan mudah melaluiLazada.

Sebab,Lazadapunya kanal khusus bagi Anda yang ingin memenuhi berbagai kebutuhan rumah, yakniLazadaHome. Di kanal tersebut, Anda dapat menemukan beragam furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah untuk mewujudkan desain ruangan idaman.

Ingin belanja lebihhappydan hemat? Anda dapat nikmati promoLazada11.11 Diskon Terbesar Satu Hariyang berlangsung pada 11 November 2021.

Baca Juga: Mengenal Jenis Gorden, Tampilan dan Fungsinya bagi Ruang. Mana Pilihanmu?

Selama 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari berlangsung, ada penawaran spesialberupa diskon hingga 70persendan ekstravoucherhinggaRp 500.000ketika berbelanja diLazadaHome.

Anda juga bisa memperoleh potongan harga tambahan hingga Rp 1.100.000 dengan cara mengumpulkanvoucherBonus Dadakan setiap kali membuka aplikasiLazada.

Vouchertersebut dapat langsung Anda gunakan saatcheck-outproduk impian pada 11 November 2021. Semakin menarik, Anda juga dapat menikmati promo Crazy Flash Sale Rp 1

Belanja sepuasnya semakin hemat karenaLazadamemberikan gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia tanpa minimum pembelian.

Selain itu, dapatkan kesempatan memenangkan total hadiah Rp 20 juta lewat TikTok Hashtag Challenge. Caranya, rekam diri Anda saat melakukanshuffle dance, kemudian unggah di TikTok denganhashtag#LazadaGetLow.Challengeini berlaku sampai 11 November 2021 saja.

Yuk, wujudkan rumah impian Anda dengandownloadaplikasiLazadadi ponsel atau kunjungi situs webLazadadiwww.lazada.co.id.

Editor : Sheila Respati