Hati-Hati Meletakkan Tangga jika Ingin Ada Mezanin di Kamar Tidur, Begini Feng Shui Mengaturnya

Rabu, 08 Desember 2021 | 11:04
Courtina

Ilustrasi mezanin di kamar tidur dan peletakan tangga.

IDEAOnline-Menempatkan tangga di dalam kamar tidur karena ada mezanin?

Tangga yang dimaksud memang bukan tangga yang biasa dipergunakan untuk umum, melainkan hanya untuk kepentingan pribadi, khususnya bagi penghuni kamar itu sendiri.

Tangga di dalam kamar tidur ini bisa kita temukan pada desain arsitektur dengan gaya modem, yang menghadirkan ruang mezanin.

Mezanin adalah tambahan ruang yang letaknya di antara lantai bawah dan ruang di atasnya atau di bawah plafon.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Gudang di Atas Plafon dan Tangga Aksesnya, Mudah!

Kernudian timbul pertanyaan, bolehkan menempatkan tangga di dalam kamar tidur?

Bukankah tangga dalam ilmu Feng Shui bersifat jahat/jelek schingga harus dijauhkan dari ruang kamar?

Mas Dian, MRE, pakar Feng Shui mengatakan, masalah tangga dalam Feng Shui perlu diatur dengan baik agar imbas buruknya tidak merugikan penghuninya, terlebih di sanalah orang beristirahat atau tidur setidaknya 7 jam sehari.

Pada beberapa kasus, keberadaan tangga permanen di dalam kamar tidur memang dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan dan hubungan keharmomaan penghuninya.

Disekat secara Permanen

Apabila menghendaki desain kamar yang ada tangga di dalamnya, sebaiknya fisik tangga ditutupi dengan cara diberi penyekat yang permanen atau masif sehingga tangga menjadi tersembunyi atau tidak tampak dari tempat tidur.

Ilustrasi desain tangga di kamar yang disekat permanen.

Sekat harus diperhitungkan agar bentuk kamar tetap kotak atau persegi.

Apabila bentuk ruangnya menjadi tdak kotak karena ada sudut yang termakan oleh bidang tangga, dampaknya juga tidak baik karena dapat menimbulkan sakit.

Baca Juga: Inilah Makna yang Terkandung dalam 4 Warna yang Populer Digunakan saat Natal

Penutupan tangga juga harus menyeluruh sampai ke bagian dasamya sehingga memberi kesan bahwa tangga letaknya terpisah dari kamar tdur.

Ruang di bagian bawah anak tangga yang bentuknya miring juga harus ditutup.

Apabila ruangan miring di bawah tangganya dibiarkan terbuka, maka akan menimbulkan pengaruh yang tidak baik.

Ruang di bawah tangga cocok jika digunakan untuk lemari atau gudang.

Hindari Tidur di Bawah Mezanin

Selain masalah tangga yang kurang baik jika letaknya di dalam kamar tidur, penempatan ranjang atau tempat tdur di bawah lantai mezanin juga sering berdampak buruk.

Masalah yang mungkin timbul adalah sebagai berikut.

  • Ketinggian ruang untuk tempat tidur yang ada di bawah lantai mezanin biasanya menjadi lebih pendek yang menyebabkan pengaruh kejiwaan yang kurang baik, yaitu cepat emosi.
  • Bentangan balok beton atau besi yang membentang di atas ranjang memicu permasalahan juga. Walaupun telah dtutupi plafon yang baik dan rata, tempat tdur yang dilewati bentangan balok akan menyebabkan sakit bagi orang yang tidur di bawahnya.
  • Desain ruang dengan mezanin di atas kamar mandi yang ada di dalam kamar tidur masih memungkinkan tetapi pastikan bawah posisi tangganya tetap harus tersembunyi.
Baca Juga: Ide Menyiapkan Hiasan Natal Sederhana Tak Habiskan Banyak Biaya

Seperti teiah kita ketahui bersama, tangga dalam Feng Shui merupakan banda yang tidak baik yang bisa merusak Oi/hawa rezeki yang bersemayam di dalam rumah.

Kuaitas Qi bisa rusak oleh bentuk-bentuk tajam anak tangga—yang menyerupai gergaji—sehingga atmosfer rezeki pun akan menjadi rusak.

Oleh sabab tu Feng Shui mengharuskan tangga diletakkan di tempat yang tersambunyi agar pengaruh buruknya tidak menyebar dan tdak merusak hawa rezeki yang bersirkulasi dalam rumah.

Jadi, untuk kamar tdur yang didesain dengan model mezanin yang membutuhkan tangga di dalam karnar, paling baik jika penghuninya tdur di lantai mezaninnya—bukan di bawah mezanin.

Dengan demikian pengaruh tangga yang dinilai tdak baik berada di ruang bawahnya.

Dampak buruknya juga tdak mengenai mereka yang posisi tdurnya sejajar dengan tangga.

Jika IDEA Lovers memakai ranjang susun yang tentunya memiliki tangga, sebaiknya jangan terlalu khawatir karena ukuran tangganya relati kecil dan tidak menggunakan kontruksi yang kokoh.

Baca Juga: Sesuaikan Struktur Tangga dengan Luas dan Desain Rumah agar Aman dan Estetis, Ini 5 Pilihannya!

Tangga ke Ruang Bawah Tanah

Desain kamar tidur yang memiliki ruang bawah tanah yang membutuhkan tangga untuk menuju ke ruang yang ada di bawahnya juga memiliki cara yang sama seperti menyiasati tangga yang menuju ke lantai atas yang ada di dalam kamar.

Yang juga harus lebih diwaspadai adalah masalah ventlasi.

Ruang bawah tanah yang berventilasi yang baik akan menghimpun hawa pembunuh/Sha Qi yang merugikan penghuni karnar.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti