Inovasi Pintar pada Kulkas, Hemat Listrik dengan Dispenser Air di Pintu dan Segarkan Makanan Lebih Lama

Selasa, 28 Desember 2021 | 12:15
Dok. LG

Kulkas inverter 2 pintu dengan dispenser di bilah pintunya.

IDEAOnline— Jelang akhir tahun,kulkas dua pintu yang tampil unik dengan keberadaan dispenser air melekat pada bilah pintunya diperkenalkan PT LG Electronics Indonesia (LG). Selain itu, kulkas inverter ini juga dilengkapi fitur yang menjaga kesegaran makanan lebih lama.

“Kelengkapan teknologi pendinginan tercanggih kami dan peningkatan fitur yang berfokus pada kesehatan melalui penjagaan higienitas menjadi tawaran utama dalam desain yang lebih modern dan memberi kenyamanan bagi penggunanya,” ujar Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing for Home Appliances LG Electronics Indonesia.

Tampil dengan warna hitam dan nuansa logam yang cemerlang, keduanya memiliki dispenser air yang terletak pada bagian depan bilah pintu utamanya yang dibuat rata.

Baca Juga: Cegah Makanan Terbuang, Perlu Trik Ini untuk Menyimpan di Kulkas agar Tak Cepat Rusak

Keunikan ini dibuat, di samping memberikan kenyamanan, juga merupakan upaya LG untuk meningkatkan penghematan pada konsumsi listrik kulkas ini.

“Tak perlu lagi membuka pintu kulkas dan mengeluarkan suhu dingin di dalamnya sehingga membuat kompresor kembali bekerja keras yang meningkatkan konsumsi listrik, hanya untuk menikmati segelas air sejuk,” ujar Rumbi Simanjuntak.

Kemampuannya mempertahankan kesegaran makanan lebih lama terjadi berkat kolaborasi kerja dua teknologi yaitu DoorCooling and LinearCooling.

Fitur DoorCooling terlihat pada peletakan beberapa titik saluran udara dingin ke kabin kulkas pada bagian yang dekat dengan pintu.

Dok.LG

Hygiene fresh, meminimalkan bau dan memaksimalkan kesegaran.

Hal ini memastikan pendinginan kulkas dapat berjalan lebih cepat karena menyentuh titik terjauh yaitu bagian rak yang melekat di balik pintu kulkas.

Sementara fitur LinearCooling bekerja memastikan suhu dingin mengalir merata pada seluruh bagian dalam kulkas. Sekaligus pula, menjaga fluktuasi suhu dingin didalamnya dalam rentang yang kecil yaitu 0.5 derajat Celsius.

Uji yang dilakukan LG dengan lembaga internasional TÜV Rheinland menunjukkan, buah dan sayuran dapat bertahan kesegarannya hingga dalam kurun tujuh hari penyimpanan.

Keberadaan fitur pintar Smart Fresh Air, memungkinkan hal ini terjadi. Fitur ini beroperasi dengan algoritma khusus yang mengambil data dari pola pemakaian kulkas sepanjang tiga minggu.

Baca Juga: Rentan Terhadap Perubahan Suhu, Ternyata Simpan Telur di Rak Pintu Kulkas Malah Bikin Cepat Busuk

Sepanjang masa tersebut, fitur Smart Fresh Air mengidentifikasi beberapa periode tertentu yang membutuhkan pendinginan lebih tinggi.

Seperti halnya waktu berbelanja bulanan yang menyebabkan kulkas lebih penuh dari sebelumnya.

Dengan data tersebut, algoritma Smart Fresh Air akan memerintahkan kulkas untuk menurunkan suhu satu derajat Celsius dari yang ditentukan penggunanya.

Hal ini akan berlangsung sepanjang dua jam sebelum periode yang diidentifikasinya sebagai penggunaan beban tinggi.

“Dengan menurunkan suhu secara otomatis akan mempertahankan fluktuasi suhu tetap rendah meskipun proses membuka pintu kulkas lebih lama dan isi kulkas lebih padat nantinya,” ujar Rumbi Simanjuntak.

Dok. LG

Dispenser pada bilah pintu kulkas inverter LG 2 pintu, lebih hemat listrik.

Menjaga rendahnya fluktuasi suhu inilah yang menjadi kunci utama kulkas dalam menjaga kesegaran makanan.

“Tak asal dingin, tapi menjaga fluktuasi suhu dingin menjadi hal penting dalam mempertahankan kesegaran makanan,” katanya lagi.

Bila soal kesegaran ditangani kedua fitur tersebut, khusus untuk higienitas, LG mempercayakannya pada fitur Hygiene Fresh.

Fitur yang telah dipatenkan LG ini terbukti efektif dalam menyingkirkan bakteri dan bau hingga 99.99%.

“Penyingkiran bakteri yang mungkin terikut pada saat memasukkan makanan ke dalam kulkas, selain membuatnya lebih higienis untuk dikonsumsi juga terkait dengan penjagaan kesegaran makanan lebih lama,” ujar Rumbi Simanjuntak lagi.

Baca Juga: Berkebun di Dalam Rumah Kini Mudah bagi yang Sibuk dengan LG Tiiun, Bebas Hama, 8 Minggu Panen!

Ada juga sematan SpaceplusnIce System. Bentuknya berupa wadah es batu yang diletakkan melekat pada penampang dalam pintu freezer.

Namun keistimewaannya bukan saja dari peletakannya yang memberikan ruang lebih besar bagi penyimpanan di freezer.

Spaceplus Ice System dirancang tak sekadar wadah, namun pula memiliki kemampuan untuk memproduksi es batu secara otomatis. Tersambung dengan wadah air yang sama dengan dispenser air, Spaceplus™ Ice System dapat memproduksi hingga 42 es batu pada setiap harinya.

LG juga melengkapi kulkas dua pintunya ini dengan kemampuan aplikasi LG ThinQ app yang membuat penggunanya dapat memantau sekaligus melakukan pengaturan pada suhu kulkas sesuai keinginan kapan pun dibutuhkan.

Terdapat dua pilihan kapasitas pada kulkas terbaru LG ini yaitu 394 liter dan 374 liter.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis#ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti