Manfaat Gunakan Aplikasi ‘Sentuh Tanahku’ dari ATR/BPN, Tak Hanya Cegah Masalah Pertanahan

Selasa, 28 Desember 2021 | 15:30
Kementerian ATR/BPN

Aplikasi Sentuh Tanahku Sediakan Informasi Lengkap Pertanahan dan Tata Ruang

IDEAOnline- Kementerian ATR/BPN meluncurkan berbagai inovasi aplikasi digital, salah satunya “Sentuh Tanahku” untuk mengurai permasalahan tanah di Indonesia.

Aplikasi ini dirilis secara resmi ke publik pada bulan Agustus 2021.

Sayangnya, hingga saat ini belum banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi ini.

Berdasarkan data Jumat (24/12/2021), hanya sekitar 112.000 orang yang sudah mendaftar di aplikasi ini.

Padahal manfaatnya sangat banyak, terlebih di saat pandemi saat ini.

Baca Juga: Belajar dari Kasus Nirina Zubir, Begini Tips agar Tak Jadi Korban Mafia Tanah

Melalui aplikasi Sentuh Tanahku, masyarakat bisa mendapatkan informasi pertanahan secara rutin transparan serta dapat mengantisipasi penipuan.

Sesuai dengan namanya, aplikasi Sentuh Tanahku ini tersedia dalam bentuk aplikasi di ponsel pintar yang sudah didukung oleh sistem operasi Android maupun iOS.

Dengan demikian, diharapkan setiap permasalahan tanah bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan ringkas karena informasi bisa dicek dari mana saja dan kapan pun.

Dalam aplikasi ini, terdapat fitur untuk partisipasi plot bidang tanah jika sertifikat tanah yang kamu miliki belum terdata sebagai persil bidang pada peta.

Selain itu, aplikasi ini juga memuat informasi syarat-syarat pengurusan pelayanan termasuk simulasi biaya pengurusan berkas secara interaktif.

Kehadiran simulasi pembayaran tentu akan memudahkan para pemilik tanah untuk mengetahui kebutuhan biaya untuk pengurusan layanan tersebut di kantor pertanahan (Kantah).

Baca Juga: Kenali Modus Operandi Mafia Tanah agar Tak jadi Korban, Begini Cara Kerja Satgas Khusus yang dibentuk ATR/BPN

Bagi masyarakat yang tidak memiliki tanah, tetap bisa menggunakan Sentuh Tanahku untuk mendapatkan layanan Loketku, di mana masyarakat dapat mengambil janji tunggu sebelum datang ke Kantah.

Layanan digital ini juga mampu mengurangi tamu walk in atau datang langsung ke kantor pelayanan sebesar 55 persen.

Tentunya ini bisa membantu masyarakat untuk mengakses beragam informasi dari jarak jauh. Terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul Sentuh Tanahku, Aplikasi untuk Atasi Masalah Pertanahan

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti