IDEAOnline- Sebuah layanan service center berbasis sistem Artificial Intelligence yang dinamai Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI), resmi diluncurkan tahun 2021 ini.
Layaknya customer service yang dikelola oleh manusia, SALLI dapat memberikan informasi mendetail mengenai layanan purna jual seperti permintaan layanan service, informasi lokasi service center Sharp, hingga jadwal kunjungan teknisi.
Sistem dapat mencatat pendataan konsumen, produk yang digunakan, kebutuhan purnajual yang dibutuhkan oleh konsumen.
“Hadirnya layanan ini menjadi jawaban dari kebutuhan konsumen yang kesulitan untuk meluangkan waktunya pada jam kerja. Respons instan dan pendataan yang akurat menjadi poin penting pada fitur ini, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan komunikasi,” terang Rita Sulistyani, Customer Care Center Head PT Sharp Electronics Indonesia.
Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI) ini berfungsi untuk memberikan layanan informasi 24 jam kepada konsumen.
Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan salah satu primadona yang digaungkan pada masa pandemi.
Dianggap menjadi solusi, kehadirannya dapat menjawab permasalahan ruang dan waktu yang dihadapi masyarakat Indonesia, khususnya di kala pembatasan sosial ketat diberlakukan sejak akhir Juli hingga Oktober 2021 lalu.
“SALLI dapat diakses dengan menghubungi Whatsapp Bisnis Sharp pada nomor 0811 – 8205 – 666. Konsumen cukup mengirimkan chat, lalu SALLI akan merespons dengan mengirimkan jawaban berupa opsi layanan seperti purna jual, informasi mengenai program penjualan terkini, hingga layanan customer service,” jelas Rita
Baca Juga: Susah Panggil Tukang Servis saat Pandemi, Ini Cara agar Mesin Cuci Tak Cepat Rusak
Mengadopsi sistem kecerdasan buatan ditengarai dapat mengurangi biaya operasional, baik dari segi teknis maupun non teknis.
Alur kerja yang semakin ringkas dan sederhana juga membantu perusahaan untuk memberikan layanan prima bagi para konsumen.
Menurut Rita, efisiensi tidak hanya dirasakan dari sisi konsumen saja, namun juga manajemen.
Sejak awal peluncurannya layanan ini telah digunakan oleh lebih dari 30.000 pelanggan di Indonesia yang menanyakan beragam informasi seputar fitur, proses perbaikan produk dan titik layanan offline.
Guna memenuhi kebutuhan, Sharp Indonesia juga telah menyediakan layanan dalam bentuk digital, yang dapat diakses pada situs website, hotline, dan juga aplikasi Sharp.id.
Baca Juga: Kebocoran Microwave Beri Ancaman Radiasi bagi Tubuh, Cara Mengeceknya!
Layanan servis melalui digital ini memperkuat layanan purna jual yang sudah dimiliki Sharp sebelumnya yaitu dengan menghadirkan pusat perbaikan secara offline yang dapat dikunjungi konsumen di 24 kantor Service Center, 47 SHARP Direct Service Station (SDSS), 328 SHARP Authorized Service Station (SASS), dan 46 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia.
Diharapkan dengan semua layanan ini, masyarakat di seluruh Indonesia selalu merasa aman dan nyaman saat menggunakan produk-produk Sharp.
#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis
(*)