Tips Tetap Aman dari Covid-19 Saat Sambut Pergantian Tahun Baru 2022, Coba Batasi Jumlah Tamu!

Jumat, 31 Desember 2021 | 09:00
Pexels/Picjumbocom

Ilustrasi

IDEAonline–Sambut tahun baru dengan membuat pesta di rumah bersama kerabat dekat atau para sahabat, bisa menyenangkan.

IDEA Lovers juga bisa sekadar berpesta bersama keluarga inti—suami/istri dan anak-anak tercinta.

Baca Juga:Jangan Diremehkan, Siapa Sangka Hotel Bintang 5 Miliki Rahasia yang Belum Diketahui Para Tamu, Ini Dia!

Baca Juga:Waspadai Lonjakan Tahun Baru, Ini Titik Destinasi Liburan Rawan Macet di Jalur Puncak!

Meski berkunjung ke rumah kerabat atau teman sudah bisa dilakukan. Namun tindakan pencegahan tetap perlu dilakukan, terutama jika rumah IDEA lovers dijadikan destinasi berkumpul keluarga.

Lalu, bagaimana cara agar tetap aman di tengah acara keluarga? Dikutip dari lamanToday, berikut tipsnya.

Buka pintu dan jendela

Untuk menjaga agar pertemuan tetap aman, ada baiknya IDEA lovers membiarkan ventilasi tetap terbuka selama pertemuan. Salah satunya dengan membuka pintu maupun jendela. Selain itu, penggunaan AC juga tidak disarankan, sebab udara kotor akan berkumpul di dalam ruangan dan terhirup oleh banyak orang.

Ajak keluarga untuk tetap memakai masker

Baca Juga:Begini Cara Membuat Semprotan Cabai yang Ampuh Buat Tikus Lari Terbirit-birit, Mudah!

Baca Juga:Pantas Disebut Anak Sultan, Ternyata Raffi Ahmad Sudah Siapkan Rumah Mewah Bak Istana Eropa untuk Rayyanza

Meski berada di dalam rumah, penggunaan masker tetap perlu dilakukan guna mencegah terjadinya perpindahan droplet tanpa disadari. IDEA lovers dapat mengajak keluarga untuk menggunakan masker selama agenda pertemuan, serta menyediakan masker sekali pakai untuk anggota keluarga yang tidak membawa masker.

Terapkan jaga jarak

Selain mengajak keluarga memakai masker, menerapkan aturan jaga jarak juga harus dilakukan. Tak hanya menjaga kontak fisik, menjaga jarak juga mampu mencegah penularan penyakit ringan yang mungkin saja sedang dirasakan oleh anggota keluarga.

IDEA lovers jugadapat memberikan jarak pada setiap kursi yang ada di dalam rumah, sehingga para tamu tidak duduk bersebelahan. Menginap di hotel juga lebih disarankan, ketimbang mengajak keluarga untuk menginap di rumah.

Batasi jumlah tamu

Demi menjaga kesehatan keluarga, ada baiknya IDEA lovers membatasi jumlah keluarga yang hadir dalam acara, misalnya saja dengan mengundang 1-2 keluarga terdekat di satu acara, dan keluarga lainnya di waktu yang berbeda.

Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

Tak hanya tamu undangan yang diwajibkan hadir dalam kondisi sehat, sebagai pemilik acara pun harus memastikan keluarga di rumah dalam keadaan sehat.

Pastikan IDEA lovers menjaga kesehatan sebelum mengadakan agenda pertemuan keluarga, salah satunya melalui penerapan 5M (5M terdiri dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan).

Artikel ini berdasarkan artikel yang pernah tayang di Kompas.com dengan judul: Ingin Berkumpul dengan Keluarga Saat PSBB? Begini Aturannya

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas

Baca Lainnya