Harus Distop dari Sekarang, Jangan Lagi Letakkan Kamar Mandi di Depan Ruang Tamu, Ini Alasannya!

Rabu, 30 Agustus 2023 | 16:40
kompas.com

Ilustrasi kamar mandi yang diisi dengan tanaman hias

IDEAonline -Kamar mandi merupakan bagian terpenting dalam rumah.

Saat ini fungsi kamar mandi tidak hanya sebagai tempat untuk membersihkan tubuh saja, namun banyak dimanfaatkan untuk tempat relaksasi dan berbagai ide kreatif lainnya yang memanfaatkan kamar mandi di dalam rumah.

Misalkan dulu kamar mandi hanya terdiri dari bak dan kloset saja, sekarang sudah memiliki beragam lainnya di dalam ruang kamar mandi.

Bahkan, saat ini kamar mandi memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu kamar mandi basah dan kering.

Namun, tahukah bahwa kamar mandi yang diletakkan di dekat kamar mandi bisa berdampak buruk?

Baca Juga:Dianggap Sepele di Indonesia, Siapa yang Tau Ternyata Perabot Rumah Ini Miliki Kegunaan Tersembunyi!

Dewasa ini, desainrumah modern sering menempatkanWC dan kamar mandi di bagian depanrumah. kamar mandi ini sengaja disiapkan untuktamu yang berkunjung, agar saat tamuakan ke toilet, ia tidak perlu masuklebih dalam ke rumah.

Ini karenabagian sesudah ruang tamu seringdikonsepkan sebagai ruang pribadiyang tidak untuk dimasuki pihak luar.

Dilansir dariTabloid RUMAH edisi 95,Dari segi fungsi, rancangan inibisa dibenarkan karena praktis sekali. Tetapi dari pandangan Feng Shui, inisulit diterima.

Baca Juga:Jangan Khawatir, Begini Cara Buat Kamar Mandi Selalu Bersih Saat Ramadan Tiba!

Rancangan ini dianggapburuk dan dapat menimbulkankerugian bagi kehidupan penghuni, khususnya yang berkaitan masalahrezeki dan karier.

Apapun alasannya, meletakkan kamar mandi di bagian depan rumahmerupakan Feng Shui yang buruk. Apalagi kalau posisi pintu kamar mandi tersebutterletak di ruang tamu dan posisi ruangWC lebih maju dari pintu utama.

1. Tidak Nyaman

Kalau mau dirasakan dengan lebihpeka, pintu kamar mandi yang berada di ruangtamu sangat tidak etis, dan memberirasa tidak nyaman bagi orang yangduduk di ruang tamu maupun orangyang berada dalam WC tersebut.

Contohnya sebagai berikut. Bagaimana tidak akan kehilanganselera, jika saat duduk di ruang tamu, orang harus melihat kloset karenapintu kamar mandi tersebut tidak rapat ditutup, misalnya?

Dari segi etika, komposisi kamar mandi yang menyatu dengan ruang tamubukan pilihan yang tepat.

Bagaimana tidak menyebalkan, saat bertamu, orang harus menghirupudara yang tidak sedap dari ruang WC? Dari segi kesehatan, udara di ruangtamu sedikit banyak akan tercemar bauyang diproduksi dari WC.

Bagaimana tidak meresahkan, kalauharus duduk di ruang tamu sementara ada orang yang sedang menggunakantoilet?

Demikian pula sebaliknya, ketidaknyamanan tersebut juga akandirasakan oleh pengguna kamar mandi.

Baca Juga:Stres Noda Karpet Tak Kunjung Hilang? Siapkan Satu Sendok Soda Kue, Kotoran Hilang Selamanya!

2. Agar Qi Singgah

Selain itu, ilmu Feng Shui mengulaslebih banyak lagi dampak yangditimbulkan karena komposisi tersebut.

Di mana pun posisinya, pintu utamaselalu diartikan sebagai sarana yangdapat mengalirkan energi Qi lingkungan (sering diterjemahkan sebagai hawarezeki) agar singgah dan masuk kedalam rumah.

Energi Qi sangat peka terhadapberbagai kondisi.

Qi akan menjadi energyproduktif saat berada dalam lingkupFeng Shui yang benar, tetapi ia bisaberubah menjadi Sha Qi atau hawapembunuh apabila berada dalam kondisistagnan atau berada di bawah pengaruhkondisi alam yang tidak baik.

Qi yang masuk ke rumah palingbaik mendapat dukungan yangmenghidupkan, seperti ruang yangbersih, cukup cahaya, dan memiliki tataruang yang benar.

Ini dimaksudkan agarQi bisa lama singgah di rumah.

Pintu WC Menghadap Ruang Tamu

3. Bertemu Energi Jahat

Boleh saja pintu terletak disudut yang benar dengan sifatmagnetik lahan yang dapat dan cepatmengundang Qi singgah ke rumah.

Tetapi kondisi tersebut akan sia-siaapabila Qi yang sudah benar masuk keruang tamu kemudian dipertemukandengan Sha Qi yang berasal dari kamar mandi.

Komposisi ini akan merusak kualitasQi dan mengubahnya menjadi energyburuk. Dengan demikian, seluruhatmosfer yang ada di rumah tersebutakan berubah menjadi buruk.

Dampak yang terjadi darikomposisi buruk tersebut antara lainsebagai berikut.

  • Karier penghuni akan mengalamibanyak gangguan karena rasa iridari pihak luar.
  • Penghuni banyak kehilangankesempatan, karena tidak bisaberkomunikasi dengan baik.
  • Penghuni sering diterpa berbagaibentuk fitnah atau isu yangmenyudutkan, menyebabkan posisijabatan selalu dalam kondisi yangtidak aman.
  • Tidak bisa menikmati ketentramandi dalam rumah.

4. Agar TidakBermasalah

Setiap ada kondisi yangkurang menguntungkan, pasti adapembenahannya menurut FengShui. Solusi yang disarankan adalahsebagai berikut.

  • Kalau letak kamar mandi sejajaratau lebih maju dari dinding luar, sebaiknya kamar mandi tersebut dipindah kebagian belakang rumah.
  • Kalau letak kamar mandi tidak lebihmaju atau di sudut agak belakangdari ruang tamu, sebaiknya di dekatpintu kamar mandi yang menyatu denganruang tamu dibuatkan penyekatmasif, agar kedudukan WC seolahberada sesudah ruang tamu.
Baca Juga: Kamar Mandi ala Feng Shui, Ternyata Ini Cara Mendesainnya Lho!

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya