Para Istri Coba Cegah Polusi Udara di Rumah, Kurangi Penyebab Sakit Tenggorokan bahkan Kanker!

Kamis, 17 Maret 2022 | 12:10
iStockphoto

Ilustrasi rokok

IDEAonline -Tak hanya di luar rumah, polusi udara di dalam rumah juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Polusi bisa berasal dari benda-benda yang tidak kita sadari mengeluarkan zat berbahaya atau menjadi tempat berkembangnya kuman penyakit.

Jika dilihat dari asal muasalnya, polusiindoorberkaitan erat dengan kualitas udara dalam ruangan, atau yang biasa disebut dengan IAQ (Indoor Air Quality).

Sebagian besar polutanindoorini berkenaan dengan udara yang terhirup oleh sang pengguna ruangan.

Baca Juga:Jangan Asal Cuci Malah Bisa Rusak dan Hancur, Begini Cara Cuci Masker Kain yang Benar

Baca Juga:Enggak Khawatir Sepatu Kotor dan Dekil Bisa Dicuci dengan Mesin Cuci, Ini Tipsnya!

Menurut United States Environmental Protection Agency (US EPA), organisasi pecinta lingkungan yang berbasis di Amerika Serikat, polusiindoordisebabkan oleh pelepasan partikel gas dan zat-zat beracun dari polutan ke udara.

MelansirTabloid Rumahedisi 255,beberapa penyebab utama polusiindoor, yang bisa dihindari dalam hunianIDEA lovers:

Penggunaan Kayu Lapis

Baca Juga:Semua Aset Indra Kenz Disita, namun Rumah Mewah 3 Tingkat Bergaya Eropa Ini Masih Aman Tanpa Garis Polisi, Terungkap Alasannya!

Baca Juga:Nyai Komentari Kekayaan Juragan 99 yang Tak Masuk Akal hingga Miliki Rumah Mewah Bak Villa, Ini Dia Penampakan Huniannya yang Bikin Melongo!

Berkatharganya yang terjangkau, kayu lapis tengah digemari untuk membangun furnitur-furnitur. Selain itu, karakternya yang fleksibel membuat material ini begitu laris manis di pasaran.

Namun, di balik semua itu, kayu lapis terbuat dari resin formaldehida yang berfungsi sebagai perekatadhesif.

Bila senyawa ini terhisap dalam kadar berlebih di udara, sang penghuni dapat mengalami gangguan kesehatan seperti iritasi kepala, pusing dan sakit tenggorokan.

Asap-asap Dalam Ruangan

Tak hanya zat nikotin saja yang berbahaya dari rokok, reaksi pembakarannya pun melahirkan asap dengan kandunganbenzo-a-pyrenedi dalamnya.

Zat ini diketahui dapat menyebabkan penyakit kanker bila dihirup secara kontinyu. Selain rokok, ternyata proses memanaskan air pun menimbulkan bentuk asap yang mengandungchloroform, yang juga dapat menjadi pencetus penyakit kanker.

Mencegah Polusi Indoor

Baca Juga:Agar Rembes dan Bocor di Kamar Mandi Tak Terjadi Berulang Kali, Jangan Salah Pilih Waterproofing!

Baca Juga:Smart Township-Kota Modern Baru di Sawangan Mulai Terealisasi, 3 Klaster Siap Huni Tahun Ini

Merasa kebingungan mencegah polusiindoormenghampiri hunian? Jangan khawatir, terdapat beberapa cara mudah guna mengatasi hal ini. Selamat mencoba!

1. Kurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dalam hunian IDEA lovers. Bila kelak IDEA lovers terpaksa harus menggunakannya, jauhkan produk tersebut dari ruangan-ruangan yang ditinggali oleh sang buah hati.

2. Mulailah rutin membersihkan sudut-sudut tak terjangkau dalam hunianIDEA lovers, setidaknya seminggu dua kali.

3. Hindari peletakan karpet berbulu tebal pada area istirahat, terutama bila IDEA lovers atau anggota keluargaIDEA lovers memiliki alergi terhadap debu.

4. Pasang penyaring udara elektronik, agar udara yang IDEA lovers hirup dalam ruangan tersebut dapat bersih dan segar kembali.

5. Taruh juga tanaman penyaring polutan, terutama dalam ruangan-ruangan yang mungkin memiliki debu, bakteri, ataupun asap dalam jumlah banyak.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis#ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya