Berikut Opsi Material Lantai yang Aman dan Terjangkau untuk Kamar Mandi!

Kamis, 31 Maret 2022 | 08:44
Zibo Honor Ceramic Co., Ltd

Ilustrasi kamar mandi

IDEAonline - Tidak dapat dimungkiri, material lantai yang digunakan di kamar mandi memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan keamanan ruang.

Pasalnya, jika tidak dirancang dengan baik, kita bisa saja tergelincir atau mengalami kecelakaan lain karena kamar mandi merupakan ruangan yang sebagian besar waktu selalu lembap dan basah.

Untuk itu, kita harus berinvestasi pada material kamar mandi yang baik untuk menjamin keamanan kita saat menggunakannya.

Namun jangan salah, berinvestasi pada material kamar mandi yang baik belum tentu berarti kita harus mengeluarkan banyak uang untuknya.

Jika IDEA Lovers memiliki anggaran yang ketat, nyatanya ada beberapa pilihan material yang cermat yang patut IDEA Lovers pertimbangkan.

Berikut adalah beberapa opsi material lantai yang ramah anggaran untuk kamar mandi IDEA Lovers, dilansir dari thespruce.com (18/02/2022).

Baca Juga: Cukup 5 Menit, Gagang Pintu yang Penuh Kuman Jadi Bersih Kembali, Siapkan Bahannya!

  1. Cat
Aquino, Belen

Ilustrasi lantai kamar mandi yang dicat

Jika IDEA Lovers telah memiliki lantai kayu di kamar mandi, solusi paling sederhana untuk menyegarkan tampilannya adalah dengan mengecatnya dengan warna baru yang sesuai dengan skema warna baru kamar mandi yang diinginkan.

Ada cat yang cocok untuk kamar mandi, tetapi jika IDEA Lovers lebih suka tampilan yang lebih alami, coba tambahkan warna pada enamel putih hanya dengan sentuhan warna.

Enamel akan melindungi kayu dan membuatnya tetap berkilau dan indah selama bertahun-tahun yang akan datang.

Pengecatan ulang adalah solusi yang dapat dilakukan sebagian besar orang sendiri, menghindari biaya tenaga kerja tambahan.

Pengecatan ulang dapat dikombinasikan dengan penggunaan beberapa karpet berkualitas tinggi untuk membuat lantai kamar mandi yang benar-benar elegan.

Baca Juga: Siapa Sangka Zaskia Adya Mecca Pernah Diseret dan Dijambak di Ruang TV oleh Ibu Kandungnya, Ibunda: Masa Sih?

  1. Ubin Porselen
Archi-living.com

Ilustrasi kamar mandi dengan lantai porselen

Ubin porselen adalah “kerabat” ubin keramik standar, tetapi tampak lebih elegan.

Material ini memiliki beberapa keunggulan bila digunakan untuk lantai kamar mandi.

Terbuat dari tanah liat halus yang dibakar pada suhu yang sangat tinggi, porselen memiliki tingkat penyerapan air yang sangat rendah (kurang dari 5 persen), yang membuatnya sempurna untuk lingkungan kamar mandi yang lembap, dan bahkan area luar ruangan.

Desain ubin porselen juga hadir dalam berbagai gaya, dari kayu imitasi hingga marmer imitasi.

Jadi, jika ubin batu mewah yang kita inginkan terlalu mahal, kita dapat memilikinya dengan lebih murah menggunakan ubin porselen yang dirancang agar terlihat seperti marmer, batu tulis, atau granit.

Ubin porselen dipasang dengan cara yang sama seperti ubin keramik standar.

Baca Juga: Jangan Asal, Wallpaper Bisa Buat Ruangan Tampak Sempit Jika Salah Memilihnya, Ini Pertimbangannya!

  1. Tambahkan Karpet Aksen
Interiors by Jacquin

Ilustrasi kamar mandi dengan karpet aksen

Seperti yang ditunjukkan oleh kamar mandi cantik dari Amber Interiors ini, permadani yang dipilih dengan baik dapat mematahkan monoton lantai biasa dan membawa warna ke ruang mana pun. Di kamar mandi dengan lantai murah, menghabiskan satu atau dua karpet bagus dapat membuat semua perbedaan di dunia.

Jika IDEA Lovers memiliki sedikit ruang, letakkan permadani yang bagus di pintu masuk kamar mandi—itu akan mengatur nada untuk seluruh ruangan, dan IDEA Lovers tidak perlu mengganti atau mengecat ulang seluruh lantai.

Atau belilah beberapa permadani pelengkap dan letakkan di sekeliling ruangan—di pintu masuk, di depan wastafel, di kaki bak mandi.

Sembunyikan bagian yang kurang bagus dari lantai kamar mandi dengan permadani—ini akan menambahkan daya tarik pada ruangan.

Namun, pastikan IDEA Lovers meletakkan bantalan anti-slip di bawah karpet agar air dan kelembapan tidak membahayakan IDEA Lovers untuk berdiri dan berjalan di atasnya.

Baca Juga: Bersih-Bersih Rumah Bikin Capai? Ini Tips agar Hemat Tenaga dan Waktu!

  1. Lantai Vinil
Amazon UK

Ilustrasi kamar mandi dengan lantai vinil

Satu hal yang hebat tentang teknologi modern adalah sekarang kita dapat membuat bahan sintetis seperti vinil yang terlihat hampir sama seperti semua bahan.

Vinil sekarang memiliki permukaan bertekstur dan lapisan cetak yang dapat terlihat meyakinkan seperti batu alam, kayu, dan bahan premium lainnya.

Yang paling populer adalah lantai vinil mewah yang lebih baru (LVF), yaitu bentuk lantai vinil yang lebih tebal yang umumnya dipasang sebagai papan yang disatukan dengan sistem tongue-and-groove yang dimodifikasi yang dikenal sebagai "click-lock".

Lantai ini cukup mewah dalam penampilannya, tetapi harganya hanya sebagian kecil dari biaya lantai batu alam atau kayu keras.

Dari semua pilihan lantai yang umum, vinil paling tahan terhadap kelembaban dan air.

Dengan berbagai tekstur dan warna yang tersedia, kita dapat menciptakan lantai impian kita tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Selain itu, vinil juga sangat mudah dipasang dan bahkan lebih mudah dirawat.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : The Spruce

Baca Lainnya