Pilah-pilih Wastafel yang Tepat, Mana Paling Pas untuk Dapurmu?

Selasa, 05 April 2022 | 14:27
ABI Interiors

Ilustrasi wastafel dapur

IDEAonline - Nyatanya, setiap detail kecil dari desain dapur dapat membuat perbedaan besar pada keseluruhan daya tarik ruang.

Namun yang menjadi tantangan adalah banyaknya hal yang harus diperhatikan ketika menyangkut desain dapur.

Masing-masing jenis furnitur dan perlengkapan yang ada di dapur harus diperhitungkan dengan baik untuk menciptakan dapur yang fungsional dan apik secara estetika.

Sebab itu, akan sangat membantu bagi IDEA Lovers untuk melihat lebih dekat setiap elemen secara terpisah dan membuat pilihan berdasarkan berbagai pertimbangan di luar estetika sentuhan akhir.

Untuk memulai, berikut adalah panduan yang ringkas tetapi lengkap untuk memilih wastafel dapur yang tepat untuk dapur IDEA Lovers, dilansir dari decoist.com.

Baca Juga: Ini yang Dibutuhkan Ibu-Ibu, Tips dan Trik Saat Mencuci Pakaian!

Semua tentang Lokasi

Sebelum mempertimbangkan bahan dan instalasi wastafel, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah penempatan wastafel di dapur.

Jika IDEA Lovers memiliki dapur yang sangat besar dengan lebih dari satu island, maka IDEA Lovers dapat mempertimbangkan untuk menambahkan dua wastafel—satu untuk kitchen island dan satu lagi untuk meja dapur.

Namun, ini jelas berarti biaya dan tenaga yang perlu dikeluarkan lebih banyak.

Namun, itu sepadan dengan pengeluaran ekstra bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu di dapur.

Juga, wastafel di sebelah mesin pencuci piring adalah barang yang harus dimiliki, karena membuat kegiatan di dapur jauh lebih mudah.

Baca Juga: Aplikasikan Gaya Desain Neoklasik dengan Beberapa Tips Berikut!

Ukuran dan Gaya Dapur

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, memiliki dua wastafel di dapur besar dengan suasana terbuka dan pemandangan indah adalah skenario ideal bagi kebanyakan dari kita.

Namun, tidak semua orang memiliki kemewahan ruang yang begitu banyak dan sering kali, dapur sebesar itu mungkin sia-sia bagi mereka yang tidak memasak secara teratur.

Menempatkan wastafel di island tengah dapat memberi kita pemandangan ruang tamu terbuka dan membuat suasana lebih sosial.

Wastafel sudut, di sisi lain, mungkin menghemat sedikit ruang, tetapi mereka dapat membuat dapur kurang fungsional.

IDEA Lovers harus memilih ini hanya ketika tidak memiliki pilihan lain yang tersisa.

Memilih Bahan yang Tepat

Ini mungkin bagian yang paling disukai orang saat memilih wastafel dapur karena terasa jauh lebih tidak teknis dan jauh lebih menyenangkan.

Pilihan yang paling disukai di sini adalah granit komposit dan stainless steel, dengan yang pertama jauh lebih tahan noda, mudah dirawat, dan serbaguna.

Kemudian IDEA Lovers juga bisa memiliki wastafel fireclay dan batu alam.

Keduanya sedikit lebih mahal dan tentu saja sedikit lebih sulit pemeliharaannya.

Salah satu bahan yang tampak aneh, tetapi sangat populer di banyak dapur adalah tembaga, yang menambahkan kilau eksentrik ke dapur mana pun.

Baca Juga: Apa Benar Tanaman Lidah Mertua Dapat Mengurangi Energi Baik di Rumah?

Instalasi Wastafel

Dua opsi paling dasar di sini adalah under-mount dan drop-in sink.

Drop-in menjadi populer karena mudah dipasang dan sangat terjangkau.

Teknik pemasangan ini bekerja di hampir setiap dapur dan dengan mudah memadukan wastafel dengan hampir semua meja yang dapat kita pikirkan.

Under-mount, di sisi lain, mahal, membutuhkan sedikit lebih banyak pekerjaan, dan terbuat dari bahan yang sama dengan meja.

Mereka menambahkan sentuhan kelas dan kecanggihan yang mulus ke dapur.

Baca Juga: Hati-Hati Saat Mencuci Kain Sutra, Ikuti Panduan Berikut agar Kain Tetap Aman!

Kedalaman Wastafel

IDEA Lovers mungkin khawatir tentang ruang untuk unit pembuangan makanan di bawah wastafel, atau mungkin ruang penyimpanan tambahan, tetapi kami secara pribadi adalah penggemar berat wastafel yang lebih dalam.

Mereka membantu IDEA Lovers menyembunyikan piring, memberi lebih banyak ruang untuk membersihkan dan mencuci, mengurangi percikan di sekitar, dan memudahkan kita kehidupan di dapur.

Beberapa orang mungkin mengalami masalah punggung jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di wastafel ini, tetapi itu umumnya bukan keluhan umum dan wastafel yang lebih dalam menawarkan lebih banyak fasilitas daripada yang dangkal.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Sumber : decoist.com