Jaga Estetika Jendela dengan Rutin Membersihkannya, Simak Tipsnya!

Senin, 04 April 2022 | 11:05
Clean My Space CT

Ilustrasi membersihkan jendela

IDEAonline - Tidak banyak dari kita rutin membersihkan jendela di rumah, terutama apabila jendela tersebut berada pada lokasi yang sulit dijangkau.

Padahal nyatanya, untuk menjaga estetika dan fungsionalitas jendela, kita harus membersihkan bingkainya sekali atau dua kali setahun.

Bahkan, IDEA Lovers mungkin perlu melakukan ini sedikit lebih sering jika tinggal di dekat laut di mana paparan garam tinggi, atau di kota yang sibuk dan dekat dengan jalan utama atau lokasi industri.

Nah, untuk IDEA Lovers yang sangat jarang membersihkan jendela dan membutuhkan tips untuk membersihkannya, yuk simak artikel yang dilansir dari realhomes.com (25/03/2022) berikut ini!

Baca Juga: Ini yang Dibutuhkan Ibu-Ibu, Tips dan Trik Saat Mencuci Pakaian!

Cara Terbaik untuk Membersihkan Jendela

Ada beberapa cara berbeda yang dapat dilakukan saat membersihkan jendela, tergantung pada seberapa kotor jendela, seberapa besar ukurannya, berapa banyak waktu yang dimiliki, dan apakah IDEA Lovers lebih suka menggunakan bahan pembersih alami seperti cuka atau tidak.

Ini adalah beberapa tips terbaik mengenai cara membersihkan jendela:

  1. Pilih Hari yang Tepat untuk Membersihkan Jendela
Jangan membersihkan jendela di hari yang cerah, tundalah mencuci jendela sampai hari mendung.

Mungkin lebih mudah untuk melihat noda pada hari yang cerah, tetapi sinar matahari yang mengeringkan jendela terlalu cepat biasanya menjadi penyebab munculnya goresan.

Baca Juga: Aplikasikan Gaya Desain Neoklasik dengan Beberapa Tips Berikut!

  1. Bersihkan Debu Dari Jendela Kotor
Sudahkah IDEA Lovers menyikat, menyapu, atau menyedot debu jendela?

Tingkat keberhasilan IDEA Lovers akan jauh lebih tinggi pada jendela yang bebas debu, jadi bersihkan terlebih dahulu seluruh bagian jendela dari debu.

Untuk membersihkan bingkai jendela, mulailah dengan membuka lebar jendela IDEA Lovers.

Kemudian dengan menggunakan kuas lembut, kendurkan sarang laba-laba, kotoran, dan debu di sekitar tepi dan area yang sulit dijangkau, lalu gunakan pengisap dengan kuas lembut untuk mengikis kotoran di sekitar bingkai.

  1. Pilih Alat, Produk, dan Metode Pembersihan Jendela
Alat yang digunakan tergantung pada penumpukan kotoran dan preferensi kita juga.

Jika kita menyeka jendela setiap hari, kita mungkin tidak memerlukan produk apa pun sedangkan jendela yang jarang dibersihkan akan membutuhkan lebih banyak bahan pembersih untuk hasil yang berkilau.

Jika jendela diberi lap biasa dan tidak terlalu kotor, IDEA Lovers cukup menggunakan kain mikrofiber basah untuk membasahinya, dan kain kering untuk mengeringkannya dan mendapatkan hasil yang bebas goresan.

Campur beberapa deterjen ringan dengan air hangat dan gunakan kain lembut untuk membersihkan kotoran.

Pastikan untuk tidak menggunakan apa pun dengan bahan kimia keras karena dapat merusak bingkai.

Baca Juga: Apa Benar Tanaman Lidah Mertua Dapat Mengurangi Energi Baik di Rumah?

Lap jendela dengan air bersih untuk menghilangkan busa sebelum menyeka hingga kering.

Keuntungan menggunakan kain mikrofiber adalah kain tersebut dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam mesin cuci, siap digunakan lagi, menjadikannya cara yang cukup ramah lingkungan untuk membersihkan jendela.

Selain itu, IDEA Lovers juga dapat menggunakan pembersih karet sebelum mengeringkan jendela dengan kain mikrofiber untuk mengurangi kain yang digunakan dan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Jika kain mikrofiber tidak mengatasi kotoran di jendela, kita mungkin perlu mengambil larutan pembersih dan air hangat untuk membersihkannya.

Mulailah dengan menyeka air sabun dengan spons abrasif, lalu bilas jendela dengan air bersih; gunakan squeegee untuk menghilangkan sisa sabun; kemudian gunakan kain mikrofiber untuk hasil akhir yang bebas goresan.

Jangan membuat air terlalu berbuih, busa sabun akan tertinggal sebagai garis tipis di jendela.

Jika ingin menggunakan pembersih kimia untuk mencuci jendela, gunakan produk pembersih jendela profesional.

Baca Juga: Pahami Aturan Mendekorasi Ruang dengan Logam, Ternyata Tak Boleh Asal

  1. Cara Membersihkan Jendela dengan Vinegar
Cuka mungkin masih dianggap sebagai cara yang sangat efektif untuk menghilangkan kotoran yang membandel.

Lebih baik lagi, itu tidak beracun dan anti-bakteri.

Untuk membuat larutan pembersih jendela berbahan dasar cuka sendiri, cukup tambahkan dua sendok makan cuka ke dalam ember kecil berisi air hangat.

Kemudian ikuti langkah-langkah pembersihan seperti jika menggunakan air sabun.

Pastikan untuk memakai sarung tangan karet.

Jika kotoran benar-benar menempel, masukkan larutan cuka ke dalam botol semprot dan oleskan ke panel, lalu biarkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan dengan spons.

Jangan menggunakan larutan cuka pada setiap jendela yang memiliki bingkai yang dicat matte atau hanya dilapisi lapisan dasar, bingkai tersebut bisa jadi akan menjadi bernoda.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : Real Homes