Menggunakan Agen untuk Menjual atau Membeli Properti Banyak Keuntungannya, Cek Yuk Faktanya!

Jumat, 22 April 2022 | 08:30
Rumah.com

Banyak manfaat diberikan oleh pemasar atau agen properti dalam penjualan atau pembelian properti.

IDEAOnline-Ada 2 cara yang umum dilakukan orang saat membeli atau menjual properti, yaitu melalui agen properti atau dilakukan sendiri.

Membeli atau menjual properti melalui agen properti, berarti seluruh proses jual beli apartemen dipercayakan kepada institusi tersebut.

Sebaliknya, bila ditangani sendiri, berarti mulai dari persiapan hingga proses transaksi jual beli properti dilakukan sendiri, tanpa melibatkan perantara.

Hal-hal berikut bisa menjadi fakta yang membedakan antara pembelian rumah mealaui melalui agen properti atau dilakukan sendiri.

Kemudahan

Kerumitan proses penjualan dan pembelian properti akan terlihat begitu rumit bagi kamu yang belum berpengalaman.

Agen properti bisa berperan memasarkan atau memilihkan rumah atau apartemen yang cocok.

Mereka telah dilatih untuk memahami semua tahapan dalam proses jual beli rumah atau apartemen.

Mulai dari menemukan, menyeleksi, membeli, hingga perpindahan hak kepemilikan.

Dengan menggunakan jasa mereka tentu kamu akan merasakan berbagai kemudahan.

Baca Juga:6 Kondisi Bangunan yang Wajib Diperhatikan sebelum Membeli Rumah Seken

Waktu dan Tenaga

Menggunakan jasa agen properti berarti kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga.

Segala hal yang berhubungan dengan proses jual beli, mulai dari mengantar calon pembeli untuk survei lokasi properti yang akan dibeli atau menemukan yang sesuai, hingga proses balik nama dan adminstrasi lainnya, akan diurus oleh agen properti.

Pada umumnya, agen properti sudah mempunyai daftar atau calon pembeli dan penjual, sehingga rumah atau apartemen yang dijual bisa cepat terjual, dan jika ingin membeli, maka rumah atau apartemen idaman juga bisa cepat didapat.

Jika hal tersebut dilakukan sendiri, maka kamu harus menyediakan waktu dan tenaga secara khusus.

Harga Jual dan Beli

Bagi penjual, keuntungan menggunakan jasa agen properti adalah bisa mendapatkan harga jual yang obyektif, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Pasalnya, broker dari agen properti punya kemampuan teknis memadai untuk menaksir harga sebuah properti.

Dengan harga yang “pas”, penjual tidak merasa rugi dan rumah atau apartemen bisa terjual lebih cepat.

Hal ini tentu akan sulit dicapai jika kamu melakukannya sendiri. Sering kali, karena keterbatasan informasi, harga jual rumah atau apartemen yang ditawarkan terlalu mahal, sehingga tak kunjung terjual.

Baca Juga:Kenali Gaya Parenting Kamu dari Preferensi Gaya Desain Interiormu

Kompas.com

Ilustrasi-mencari rumah jadi lebih mudah dengan banyaknya informasi dari agen properti.

Biaya

Salah satu keuntungan menjual sendiri rumah atau apartemen adalah tidak perlu mengeluarkan biaya lain selain biaya resmi untuk mengurus administrasi, biaya balik nama, dan lain-lain.

Namun berbeda jika menggunakan jasa properti, selain biaya-biaya resmi tersebut, penjual wajib mengeluarkan biaya tambahan sebagaifeekepada agen properti, yang besarnya 2-5% dari harga jual properti.

Feetersebut dibayarkan setelah selesai transaksi.

Bagi calon pembeli, tidak ada kewajiban untuk membayarfeekepada agen properti.

Pembeli hanya mengeluarkan uang senilai harga properti yang telah disepakati, biaya balik nama, dan biaya administrasi.

Legalitas dan Kelengkapan Dokumen

Dengan menggunakan jasa agen properti, segala hal yang berhubungan dengan legalitas transaksi jual beli rumah atau apartemen dan properti lainnya lebih terjamin.

Apalagi bagi mereka yang kurang memahami bagaimana proses pengurusan hal-hal yang berhubungan dengan balik nama sertifikat dan sebagainya.

Mengurusnya sendiri tak hanya bikin repot, kerap kali biaya yang harus dikeluarkan pun jadi lebih besar.

Baca Juga: Membeli Apartemen Beda dengan Beli Rumah, agar Aman 4 Hal Ini Wajib Diketahui sebelum Melakukan Transaksi

Proses Transaksi

Bagi penjual dan pembeli, menggunakan agen properti akan membantu mempercepat proses transaksi.

Sedangkan jika mengurus sendiri, sering kali proses transaksi berlarut-larut penyelesaiannya.

Diketahui, di saat pandemi makin banyak orang yang memilih mempercayakan penjualan atau pembelian properti mereka kepada agen properti.

Salah satunya dialami oleh Moriah & Reign Realty (MR Realty), broker properti.

Disampaikan oleh Yustinus Ho, Co-founder dan CEO MR Realty, MR Realty mengalami kenaikan volume unit dan sales yang mencapai peningkatan sekitar 80 persen dari tahun sebelumnya.

“Prestasi yang ditorehkan tim MR Realty di tahun 2021 ini sangat luar biasa, walaupun sempat mengalami beberapa hambatan pandemi Covid-19, terutama di bulan Mei dan Juni 2021. Kerja keras ini mengantar pencapaian MR Realty dengan kenaikan volume unit dan sales yang mencapai peningkatan sekitar 80 persen dari tahun sebelumnya,” tegasnya dalam Event Annual Awards Perdana MR Realty (19/4/22).

Di acara bertema Amazing Star 2022-The Great Start, penghargaan diberikan kepada seluruh pemasar properti MR Realty atas pencapaian mereka selama tahun 2021.

Yustinus optimis di sepanjang tahun 2022 ini MR Realty akan mengalami terobosan peningkatan volume unit dan sales.

Baca Juga: Beli Rumah Tanpa Repot Hemat Waktu, Pakai Agen Bukan Calo, Ini Bedanya!

Selain itu, penambahan area dari sebelumnya 12 lokasi menjadi 20 area operasional, juga akan meningkatkan potensi pertumbuhan MR Realty.

Vivi Lim, COO MR Realty menambahkan, pada tahun 2022 ini, MR Realty menargetkan pertumbuhan peningkatan transaksi penjualan hingga 50 persen, yaitu sebesar Rp 8-9 triliun.

Untuk memastikan target tahun ini dapat tercapai, langkah pertama yang dilaksanakan adalah melakukan ekspansi bisnis ke beberapa lokasi baru, terutama di luar Jabodetabek.

Dikatakannya, MR Realty sudah membentuk team Business Development yang khusus menangani perencanaan dan pelaksanaan ekspansi bisnis ini, dan lokasi ekspansi pertama di tahun ini adalah Medan dan Bali.

Menurutnya, ekspansi bisnis MR Realty akan menyusul lokasi-lokasi lain seperti Surabaya, Makassar, Batam, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Dengan terus meningkatnya permintaan akan properti residensial, diharapkan ini akan membantu masyarakat yang ingin menjual ataupun membeli properti karena banyaknya kemudahan dan manfaat yang ditaberikan oleh para pemasaratau agen properti.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Baca Lainnya