Jangan Salah Memaknai Ucapan ‘Minal Aidin Wal Faizin’, Tidak Sama Artinya dengan Mohon Maaf Lahir Batin Lho!

Senin, 02 Mei 2022 | 08:15
Tribunnews.com

Makna minal aidin wal faizin tidak sama dengan mohon maaf lahir batin.

IDEAOnline-Lebaran tiba! Ucapan “minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin", sangat umum kita berikan dan kita terima dari keluarga dan handai taulan.

Bak sebuah kalimat yang menyatu tak terpisahkan.

Namun, apa sebenarnya makna minal aidin wal faizin?

Dilansir dari Kompas.com, Guru Besar Peradaban Islam UIN Raden Mas Said Surakarta, Syamsul Bakri, menuturkan minal aidin wal faizin merupakan penggalan dari sebuah doa, yakni ja’alanallaahu minal ‘aidin wal faizin.

Artinya, "Semoga Allah menjadikan kita kembali ke fitrah dan orang yang memperoleh kemenangan." Menurutnya, “Ja’alanallaahu” dihilangkan dan jadinya minal aidin wal faizin, maksudnya semoga kita termasuk orang yang kembali ke fitrah.

“Aidin itu kembali, faizin itu kemenangan,” imbuhnya.

Namun di Indonesia, banyak salah kaprah yang mengartikan minal aidin wal faizin sebagai permohonan maaf lahir dan batin.

Padahal menurut Syamsul, dua kalimat tersebut hanya kalimat yang terbiasa disandingkan dan sebenarnya tidak memiliki hubungan.

“Sebenarnya itu tidak ada hubungan. Itu kalimat sambungan sebenarnya, tapi orang memaknai itu (mohon maaf lahir dan batin) sebagai artinya,” terang dia. Biasanya, imbuh Syamsul, umat Islam dunia lebih sering menggunakan ungkapan, “Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim.”

Baca Juga: Salah Besar Membeli Kasur jika Tak Mencoba Tidur di Atasnya Dulu, Ini Alasannya!

Baca Juga: Persiapan Lebaran Mau Ganti Kompor Tanam Gas? Cek Dulu 6 Kriteria Memilihnya!

Kalimat tersebut memiliki arti, “Semoga Allah menerima ibadah kami dan ibadah kamu semua.”

Doa tersebut juga merupakan ungkapan Idul Fitri yang telah ada sejak era Nabi Muhammad SAW.

“Jadi doa atau ucapan Idul Fitri itu dulu aslinya pas era Nabi itu Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim,” ujar Syamsul.

Kemudian, lanjut dia, ungkapan tersebut ditambah dengan kullu ‘ammin wa antum bi khair yang berarti, “Semoga setiap tahun dalam kondisi baik”.

Baru lah di Indonesia berkembang doa ja’alanallaahu minal aidin wal faizin atau yang lebih familiar penggalannya yakniminalaidin wal faizin.

"Tapi lama-lama kok diartikan minal aidin wa faizin lalu mohon maaf lahir batin. Tidak tahu kenapa tiba-tiba begitu. Itu kalimat sambungan dan bukan artinya," jelas Syamsul menambahkan. Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Sering Salah Arti, Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin"

Baca Juga: Jangan Lupakan Area Pintu Masuk saat Mendekorasi Rumah, Ini Tipsnya!

Baca Juga: Bebaskan Barang-Barang di Rumah dari Rayap dan Semut dengan Cara Menyimpan yang Benar

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Baca Lainnya