Berikut Adalah Cara Mudah untuk Melawan Rasa Cemas dan Stres Saat Akan Kembali Ngantor

Rabu, 08 Juni 2022 | 08:00
Healthy Lifestyle Blog

Berikut Adalah Cara Mudah yang Dapat Dilakukan untuk Melawan Rasa Cemas dan Stres Saat Akan Kembali Ngantor

IDEAonline - Tak terasa, kita sudah menghabiskan kurang lebih dua tahun menjalani pandemi.

Selama pandemi, banyak orang harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dan kini sebagian besar dari kita pun sudah “terlanjur nyaman” dengan kebiasaan baru ini.

Salah satu kebiasaan yang mungkin sudah melekat pada diri kita adalah kebiasaan bekerja dari rumah.

Sementara bekerja dari rumah bisa terasa menjenuhkan bagi sebagian orang, sebagian orang lainnya justru merasa nyaman bekerja di rumah karena fleksibilitas yang ditawarkan.

Selain itu, bekerja dari rumah berarti lebih sedikit interaksi dengan orang lain, yang bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi IDEA Lovers yang merupakan seorang introvert.

Namun, saat ini pandemi sudah mulai mereda, yang tentunya merupakan kabar baik untuk kita semua.

Dengan surutnya pandemi, berarti kita mungkin akan segera kembali ke kehidupan kita sebelum pandemi di mana kita harus bekerja dari kantor.

Bagi beberapa IDEA Lovers, kabar ini pun mungkin dapat menjadi mengkhawatirkan dan justru memicu stres karena berbagai alasan.

Jika IDEA Lovers merasa cemas dan stres menjelang hari kembali ke kantor, artikel yang dilansir dari healthline.com ini mungkin akan membantu.

Baca Juga: Bisa Menderita Luka Bakar dan Masalah Kesehatan Lainnya, Ini 3 Barang Penting di Dapur yang Ternyata Berbahaya Bagi Pemilik Rumah

Terima Rasa Cemas Kita

Karena kecemasan cenderung menjadi lebih buruk ketika kita menolaknya, berusaha menghindarinya atau menghakimi diri sendiri karena memilikinya, menerima perasaan tersebut dapat membantu kita memprosesnya.

Jika IDEA Lovers dapat menerima bahwa IDEA Lovers mengalami perasaan yang sulit dan menormalkannya untuk diri sendiri—berpikir bahwa banyak orang merasa stres untuk kembali ke kantor—maka kita mungkin akan menemukan bahwa perasaan sulit ini akan mulai berkurang intensitas dan frekuensinya.

Yang terbaik adalah menahan keinginan untuk menganggap ada sesuatu yang salah dengan kita jika kita merasa cemas, khawatir, atau gugup.

Secara Bertahap Ekspos Diri pada Pekerjaan di Kantor

Jika kita diberi pilihan tentang seberapa banyak kita dapat bekerja di kantor, pertimbangkan untuk memulai dengan beberapa hari dalam seminggu dan tambahkan lebih banyak hari saat kita berhasil beradaptasi.

Ketakutan paling baik dipadamkan dengan langkah-langkah kecil dan lambat menuju melakukan hal yang paling membuat kita takut.

Kita dapat melakukan ini dengan masuk hanya untuk beberapa jam sehari untuk sementara waktu atau dengan melakukan uji coba di luar hari kerja untuk pergi ke kantor.

Baca Juga: Terungkap Cara Meracik Cuka untuk Bersihkan Mesin Cuci, Mudah dan Murah

Tetapkan Rutinitas

Saat kita kembali bekerja di kantor, cobalah untuk konsisten.

Misalnya, putuskan hari dan jam berapa kita akan berada di kantor, dan rencanakan pekerjaan kita dari keputusan tersebut.

Memiliki rutinitas yang tetap dapat membantu mengurangi stres dan membuat transisi kembali ke kantor lebih mudah.

Buat Daftar Tugas

Luangkan waktu ketika kita bangun di pagi hari atau sebelum tidur untuk membuat daftar tugas dan tenggat waktu untuk pekerjaan yang harus dilakukan.

Atur semuanya dengan rapi dan itu akan membantu mengurangi perasaan stres dan kewalahan selama periode penyesuaian ini.

Ini juga akan membantu kita memprioritaskan waktu dan upaya kita saat bekerja.

Baca Juga: Apa Itu Metode Bersih-bersih dengan Aturan 80/20? Simak di Sini!

Beri Diri Waktu untuk Beradaptasi

Menjadi nyaman dengan hal-hal yang sudah lama tidak kita lakukan seperti menghadapi perjalanan panjang, lalu lintas, gangguan di kantor, rekan kerja yang cerewet, atau berada di dekat orang lain mungkin membutuhkan waktu.

Masuk akal bahwa sebagian dari kita akan merasa ragu untuk melakukan hal-hal yang sudah tidak kita lakukan selama lebih dari dua tahun.

Kita mungkin harus berulang kali meyakinkan diri kita sendiri bahwa itu baik-baik saja sebagaimana adanya.

Cobalah untuk belajar menanggapi serangkaian keadaan baru.

Latih Aktivitas Penghilang Stres

Saat kita menyesuaikan diri untuk kembali, cobalah untuk menjadwalkan aktivitas yang kita sukai dan menghilangkan stres di awal dan akhir hari kerja kita.

Ini berarti kita akan memiliki kesempatan untuk menerima stres antisipatif di pagi hari sebelum bekerja dan stres sisa yang kita bawa pulang setelah bekerja.

Istirahatlah sesekali juga.

Meluangkan beberapa menit untuk beristirahat dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan fokus kita.

Baca Juga: Jangan Salah Memilih Warna Cat Dinding, Pertimbangkan Hal Berikut Ini!

Tetapkan Batasannya

Jika kembali bekerja membuat stres karena sesuatu yang dilakukan oleh rekan kerja atau atasan kita, beri tahu orang yang melewati batas bahwa perilaku mereka tidak dapat diterima.

Jika orang itu adalah manajer kita, maka laporkan ke HRD. Jangan menoleransi adanya pelanggaran di tempat kerja dari siapa pun.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : Healthline

Baca Lainnya