Pantas Sekampung Suka Makan Buah Satu Ini, Ternyata Minum Air Rebusan Belimbing Efeknya Bikin Panjang Umur dan Cegah Kanker, Ini Penjelasannya!

Rabu, 06 Juli 2022 | 00:00
Freepik

Yang Punya Pohon Belimbing Patut Bersyukur, Coba Petik Daunnya Lalu Rebus dan Mimun Airnya Siang siang, Belum 5 Hari Efeknya Sudah Senampol ini!

IDEAonline-Belimbing adalah salah satu buah tropis yang banyak tumbuh di Indoneisa.

Buah satu ini bahkan bisa dengan mudah tumbuh di pekarangan rumah.

Tak perlu perawatan ekstra, buah belimbing bisa tumbuh subur.

Anda pun juga bisa dengan mudah menemukan belimbing di tulang rujak hingga toko buah.

Meski bisa dengan mudah ditemukan di pekarangan rumah, namun tidak banyak yang tahu mengenai manfaat belimbing untuk kesehatan.

Tak seperti buahnya, daun belimbing sering dianggap remeh, nih.

Hal ini karena daun belimbing dianggap tak memiliki khasiat apapun.

Padahal, ada manfaat daun belimbing yang tak kalah dari buahnya yang berbentuk bintang ini, loh!

Manfaat Daun Belimbing

Baca Juga:Siapa Bilang Emak-emak Tak Bisa Hadapi Cacing di Kamar Mandi? Tinggal Campur Bumbu Dapur Ini, Lihat Hasilnya!

Baca Juga:Jangan Kaget Saat Tuang Jus Lemon ke Wastafel, Siapa Sangka Mertua Jadi Kegirangan Pas Tau Sink Kinclong Hanya dengan Bahan Dapu

Pixabay

Manfaat air rebusan daun belimbing untuk kesehatan

Mengutip dari Bright Side, daun belimbing yang diolah menjadi air rebusan daun belimbing bisa membuat tubuh sehat dan panjang umur.

Bukan tanpa alasan, ada sebuah penemuan yang menunjukkan bahwa daun belimbing memiliki khasiat yang luar biasa jika Anda berani membuatnya menjadi minuman.

Penasaran apa saja manfaat air rebusan daun belimbing? Simak penjelasan di bawah ini.

Dari Journal of Ethnopharmacology, rupanya daun belimbing memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar lemak dengan sangat baik.

Bahkan daun belimbing dipercaya secara klinis memiliki manfaat pengobatan yang lebih baik dari buahnya.

Jadi Pengobatan

Salah satu negara yang masih memanfaatkan daun belimbing sebagai pengobatan alternatif adalah Tiongkok.

Masyarakat Tiongkok sampai sekarang masih rutin minun air rebusan daun belimbing untuk menjaga kesehatannya.

Kemudian negara Brasil juga ikut memanfaatkan daun belimbing.

Baca Juga:Kerak Hilang Dalam Sekejap, Mertua Jadi Makin Sayang Pas Tau Kompor Bersih hanya dengan Bahan Rumahan, Begini Caranya

Baca Juga:Ternyata Banyak Bank yang Menawarkan Bunga Rendah Hanya di Tahun Pertama, Pahami Dulu Tips Memilih Bank Penyedia KPR Berikut Ini!

Paada tahun 1876 warga pedalaman hutan Brasil mengetahui adanya kandungan etanol dalam daun belimbing yang mampu mengobati penyakit batuk.

Sama seperti buahnya, daun belimbing telah diteliti banyak mengandung vitamin C dengan antioksidan tinggi yang mampu mencegah kanker.

Kandungan senyawa turunan Flavonoid, Etil asetat dan Butanol yang tinggi dalam daun belimbing membuatnya memiliki kemampuan sebagai anti bakteri yang sangat baik.

Banyaknya kandungan senyawa kimia baik yang terdapat di dalamnya membuat daun belimbing dianggap sebagai bahan obat-obatan alami yang memiliki khasiat baik bagi tubuh.

Saking baiknya, daun belimbing dipercaya mampu mengatasi berbagai keluhan penyakit ringan hingga berat.

Karena kandungan flavonoid-nya yang tinggi, daun belimbing memiliki kemampuan anti inflamasi dan anti bakteri yang baik.

Hal ini baik untuk mengatasi penyakit kulit ringan seperti jerawat hingga infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Daun belimbing juga kerap dipakai untuk mengatasi keluhan diuretik seperti batu ginjal dan lain-lain.

Cara membuat air rebusan daun belimbing pun sangat mudah, kok!

TipsMeracikAir Rebusan Daun Belimbing

- Pertama, kita hanya merebus beberapa helai daun belimbing bersih .

-Lalu, minum air rebusannya secara rutin.

Atasi Berbagai Penyakit

Tak hanya dikenal sebagai anti inflamasi dan anti bakteri, daun belimbing juga mengandung berbagai zat fitokimia yang baik untuk tulang dan sendi.

Kandungan Alkalodi, Tannin dan Saponin yang cukup tinggi dalam daun belimbing mampu mengatasi keluhan nyeri sendi yang sudah menahun.

Kerap digunakan sebagai bahan pengobatan untuk penyakit-penyakit ringan, daun belimbing rupanya juga mampu atasi keluhan berat seperti darah tinggi hingga mencegah diabetes dan kanker.

Hingga sekarang manfaat daun belimbing masih dikembangkan sebagai bahan untuk obat-obatan.

Berbagai senyawa dan zat kimia yang terdapat dalam daun belimbing dipercaya menjadi agen pengobatan yang sederhana dan tidak menimbulkan efek samping.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya