Jangan Sampai Tata Ruang Terbuka di Rumah Anda Menjadi Musibah, Ikuti Beberapa Tips Berikut Ini!

Senin, 25 Juli 2022 | 23:50
House & Garden

Ilustrasi interior ruang terbuka

IDEAonline - Dengan rumah modern dan minimalis yang bertambah populer, open floor plan atau ruang terbuka pun makin banyak diadaptasi di rumah zaman sekarang.

Meski terlihat praktis dan minimalis, tata ruang terbuka justru dapat membuat ruangan terlihat berantakan jika tidak diaplikasikan dengan tepat.

Untuk IDEA Lovers yang tidak ingin tata ruang terbuka di rumah IDEA Lovers menjadi musibah, yuk simak artikel yang dilansir dari decoist.com berikut ini!

Baca Juga: Nyesel Banget Baru Tahu, Ternyata Angkat Minyak Hingga Bersihkan Kerak di Wajan Bisa Manfaatkan Terigu dan Saos Tomat!

Partisi Transparan dan Kaca

Penggunaan kaca yang ekstensif di rumah-rumah kontemporer bukanlah suatu kebetulan.

Kehadirannya yang transparan dan cemerlang memberikan ruangan yang didominasi oleh batu, beton, dan kayu, baik kontras tekstur maupun visual.

Partisi kaca dan pintu kaca geser adalah cara sempurna untuk mengatur dan memisahkan ruangan besar menjadi area yang lebih kecil tanpa menciptakan penghalang buram.

Sebab partisi tidak menghalangi pandangan kita, daya tarik ruangan yang terbuka dan lapang tidak akan hilang.

Gambarkan Zonasi Ruang dengan Karpet

Cara lain yang luar biasa sederhana untuk mengatur ruang terbuka yang besar adalah dengan menggunakan karpet area yang cerdas dan tepat.

Menggunakan permadani adalah cara yang nyaman untuk membatasi berbagai ruang dalam denah ruang terbuka sambil menghadirkan kesan anggun yang mewah ke rumah kita.

Karpet area tersedia dalam berbagai gaya, corak, dan pola, dan kita bahkan dapat mengubahnya sesuai musim untuk menciptakan suasana trendi di dalam ruangan.

Pilih karpet yang terlihat lebih formal untuk ruang makan, sementara pola ringan terlihat menarik di ruang tamu.

Karpet menyatukan dekorasi dan jelas menciptakan ruang yang lebih teratur dan terkurasi.

Baca Juga: Ciptakan Keseimbangan di Rumah Anda dengan Konsep “Lagom”!

Kamar dalam Kamar

Seluruh ide menata ruang secara metodis dan estetis dalam ruang terbuka pada dasarnya adalah tentang menciptakan beberapa ruangan di dalam ruangan yang lebih besar.

Melakukan ini tanpa dinding berarti kita perlu membuat properti visual lain yang berbeda yang memisahkan satu sudut dari sudut lainnya.

Lantai yang sedikit terangkat di satu bagian ruangan dengan mudah menciptakan perbedaan antara berbagai area sambil membuat transisinya mulus dan menarik.

Pendekatan ini sering digunakan di rumah modern untuk membedakan dapur dari ruangan lainnya sekaligus menjadikannya titik fokus secara instan.

Lihatlah ke Langit-Langit

Langit-langit bukan hanya atap putih sederhana yang menawarkan perlindungan.

Langit-langit palsu khusus dengan pencahayaan tersembunyi yang tepat dapat menciptakan ruangan di dalam ruangan dengan mudah.

Langit-langit yang dijatuhkan dengan cerdas atau bahkan balok kayu yang ditempatkan dengan hati-hati di area ruangan tertentu segera menarik perhatian kita dan membantu mengatur area individu itu dengan mengatur batasnya dengan jelas.

Sama seperti lantai yang ditinggikan, langit-langit yang turun juga memungkinkan kita untuk menyorot fitur tertentu dalam ruang terbuka dengan cara yang bersahaja.

Baca Juga: Tiket Pesawat Makin Mahal, Tinggal Ubah Kamar Bak Hotel Berbintang Lima, Tak Perlu Liburan ke Luar Kota Lagi!

Pencahayaan Tersembunyi dan Dramatis

Yang satu ini terdengar sangat sederhana, tetapi pencahayaan adalah satu-satunya fitur terpenting dalam mendekorasi interior apa pun.

Terlepas dari kualitas dekorasi atau perencanaan yang kita lakukan, pencahayaan yang buruk dapat menciptakan tampilan yang gelap dan membingungkan bahkan di tempat terbuka dan lapang.

Gunakan satu set lampu tersembunyi secara merata di seluruh lantai untuk membuat lapisan dasar pencahayaan dan kemudian tambahkan beberapa lapisan di atasnya untuk membedakan berbagai ruang individu.

Sebuah lampu gantung yang dramatis di atas meja makan atau lampu gantung yang menakjubkan yang menerangi kitchen island dapat sangat membantu pengaturan dan daya tarik visual.

Unit Rak Stylish

Unit rak pintar menghadirkan cara fungsional lain untuk membagi ruangan tanpa benar-benar menghambat aliran satu ruangan ke ruangan lain.

Rak kontemporer dan ramping tepat di belakang meja makan atau unit hiburan di ruang tamu memberikan tampilan yang teratur dan berbeda pada masing-masing area.

Namun, pastikan rak tidak mengganggu jalur yang telah kita buat dan cukup ringkas untuk muat di dalam ruang yang ditentukan.

Karena sebagian besar dapur modern menggunakan rak dan unit penyimpanan secara ekstensif untuk menggambarkan batas-batasnya, bukanlah ide yang buruk untuk menggunakan pendekatan serupa di area lain.

Bilah Kayu dan Dinding Eternit

Bilah kayu yang ditempatkan dengan terampil yang berfungsi ganda sebagai dinding elegan dan dinding eternit dengan jendela adalah pilihan bagi mereka yang ingin mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia.

Penambahan cerdas ini tidak kaku seperti dinding konvensional, tetapi menawarkan privasi dan kenyamanan yang menyertainya.

Kedua solusi ini sangat berguna dalam menciptakan dapur semi-terbuka dalam ruang terbuka yang memiliki tema yang sama dengan ruang yang bersebelahan.

Baca Juga: Mertua Jadi Kegirangan Pas Dikasih Campuran Tanaman Ini dengan Air Hangat, Kadar Kolesterol Jadi Stabil dan Migrain Hilang!

Memilih Skema Warna

Organisasi juga bisa datang dengan penggunaan warna yang cerdas.

Karena ruang terbuka menuntut satu latar belakang yang seragam untuk seluruh lantai, gunakan satu warna netral untuk dinding.

Namun semburan warna aksen pada ruang tamu berupa bantal, kursi meja makan dengan warna yang khas, dan lemari dapur dengan warna yang menarik dapat menciptakan beberapa ruangan dalam satu ruang besar.

Karya seni yang menarik dan permadani yang serasi melengkapi tampilan yang semarak dan trendi ini.

Dekorasi dan Tirai

Sementara ruang terbuka terlihat sangat menakjubkan jika tetap rapi, jelas tata ruang ini tidak cocok untuk mereka yang cenderung menunda pekerjaan rumah tangga.

Tirai adalah solusi sederhana untuk masalah ini, karena memungkinkan kita untuk beralih antara selungkup pribadi dan ruang terbuka dengan mudah.

Akhirnya, penempatan furnitur yang tepat melengkapi ruang tamu terbuka yang sempurna.

Kelompokkan dekorasi dengan hati-hati untuk membentuk pulau-pulau kecil yang menunjukkan tujuan yang jelas.

Jangan takut untuk menggunakan bagian belakang sofa atau rak kecil sebagai sekat sederhana.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya