Hati-hati Jadi Malapetaka, Ternyata Penggunaan Tisu Basah untuk Bayi Bisa Berbahaya, Cari Tahu di Sini!

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 07:30
tribunnews

Ilustrasi bayi sedang tidur.

IDEAonline-Siapa yang tidak suka dengan tekstur lembur dari tisu basah. Selain bisa membersihkan pantat dan mulut bayi ada banyak manfaat tisubasah untuk sehari-hari.

Tisu basah adalah alat pembersih yang biasanya digunakan untuk membersihkan pantat dan mulut bayi. Teksturnya yang lembut membuat produk yang satu ini sangat ramah untuk si kecil.

Di balik kegunaannya yang terbatas pada kebutuhan parenting, ternyata manfaat tisu basah bisa diaplikasikan pada kebutuhan dan masalah sehari-hari, lho.

Mulai dari membersihkan berbagai noda hingga merapikan rambut, tisu basah menjelma menjadi sebuah alat praktis yang multi-fungsi.

Baca Juga:Amit-amit Ada Noda Kuning pada Bantal, Tinggal Siapkan Bahan Rumahan Ini, Bantal Kembali Bersih Bak di Laundry

Baca Juga:Belajar dari Desain Dapur Minimalis Milik Acha Septriasa, Kepoin Hunian Milik Artis yang Menikah dengan Insinyur Sukses Ini!

Terkadang, rambut seringkali terlihat berantakan ketika sehabis memakai helm atau dihembus angin.

xiuzen1987/pixabay

Hampir Terlupakan Para Ibu, Gunakan Tisu Basah untuk Bayi Ternyata Bahayanya Gak Main-main!

Untuk membantumu menjinakan rambut, manfaatkan saja tisu basah yang kamu simpan di tas dengan cara menyisir rambut sambil mengusapnya dengan tisu tersebut.Dijamin, rambut yang mencuat langsung rapi dengan seketika

Tak hanya itu, tisu basah juga bermanfaat saat membersihkan kotoran Si Kecil.

Tapi jika terlalu sering ternyata bisa berisiko timbulkan alergi, loh.

Tisu Basah Dapat Membahayakan Kulit Bayi

Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology, mengungkapkan bahwa tisu basah yang digunakan untuk membersihkan kulit Si Kecil bisa menimbulkan Alergi.

Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan sabun pada tisu basah yang bisa menghilangkan lipid alami untuk melindungi kulit.

Baca Juga:Selama Ini Enggak Ada yang Tahu, Ternyata Ada Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan yang Lebih Efektif, Tak Perlu Disikat Baju Bersih Bak Beli Baru!

Baca Juga:Terungkap Cara Cegah Kelabang Masuk Rumah, Selalu Siap Sedia Garam dan Cuka, Jangan Lupa Sapu Halaman Depan Rumah!

Jika sabun dalam tisu basah tak segera dilap, maka bisa saja meresap pada kulit Si Kecil dan timbulkan alergi.

Para peneliti tersebut secara khusus memeringatkan pada oangtua yang memiliki keturunan memiliki alergi dengan kondisi dermatitis atopik.

Perlu diketahui, alergi jenis ini biasanya akan menimnulkan gatal yang cukup kronis.

Kondisi ini disebabkan oleh mutasi genetik yang mengganggu protein kulit.

Penelitian ini mulanaya diterapkan pada kulit tikus apakah tisu basah akan memberi reaksi alergi pada tidak.

Hasilnya, bayi tikus yang terkena tisu basah langsung mengalami iritasi pada usus dan kulit yang terpapar.

Oleh karena itu, penelitian ini membuktikan bahwa tisu basah yang terlalu sering digunakan bisa saja menjadikan kulit Si Kecil alergi.

Meskipun jika diterapkan pada orang dewasa risiko alergi karena tisu basah akan sangat kecil.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya