Bawa Alam Masuk ke Rumah Anda dengan Tren Interior Biofilik Berikut!

Minggu, 25 September 2022 | 09:28
Pinterest

Ilustrasi kamar tidur biofilik minimalis

IDEAonline - Apakah IDEA Lovers pernah mendengar istilah desain biofilik?

Istilah desain biofilik sebenarnya berasal dari kata biofilia yang berarti para pecinta alam.

Nyatanya, bamyak orang adalah seorang biofilia meski mereka tidak mengenal istilahnya.

Tidak bisa dimungkiri, setiap orang memang butuh dosis alam dalam porsi mereka masing-masing.

Dalam desain interior, gaya biofilik pun menjadi kian populer karena banyaknya orang yang menyukai alam yang “dimasukkan” ke dalam ruangan.

Jika IDEA Lovers ingin tahu bagaimana cara memasukkan gaya ini ke dalam interior, IDEA Lovers telah datang ke tempat yang tepat.

Dilansir dari architectureartdesigns.com, berikut adalah beberapa tren desain biofilik dalam interior yang dapat IDEA Lovers coba terapkan.

Baca Juga: Kaget Pas Pembantu Buang Air Rebusan Nanas, Padahal Rutin Konsumsi Air Ini Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit! Salah Satunya Kanker..

Terang

Salah satu cara paling jelas untuk lebih melibatkan alam di rumah adalah dengan membuka jendela dan membiarkan banyak cahaya masuk.

Dengan menambahkan cahaya alami sebanyak mungkin, kita bisa mendapatkan manfaat dari alam bebas dan meningkatkan pola tidur dan kewaspadaan kita.

Untuk mengikuti tren ini, sekarang saatnya untuk mengurangi ukuran gorden dan kerai atau bahkan membuangnya.

Hijau

Ada nuansa hijau yang tak terbatas di alam sehingga masuk akal untuk memasukkan sebanyak mungkin warna hijau ke dalam rumah.

Mulailah dengan mengecat dinding dalam berbagai nuansa hijau atau memilih untuk memasang banyak tanaman rumah indah yang menawarkan aksen hijau yang kita butuhkan.

Saat memilih warna hijau yang ingin kita gunakan, pikirkan tentang menciptakan rasa tenang dan tenteram daripada memilih sesuatu yang terlalu mencolok.

Baca Juga: Wajar Saja di Rumah Malah Terasa Lebih Gosong, Ternyata Begini Cara Tentukan Posisi Ruang Berdasarkan Arah Matahari, Mudah!

Gunakan Bentuk Alami

Saat merenovasi area di rumah, pilih furnitur yang melengkung atau bulat karena lebih sering ditemukan di alam daripada desain persegi.

Bentuk-bentuk ini tidak hanya akan membantu menciptakan ruang yang indah, tetapi juga akan membantu kita merasa lebih menyatu dengan alam karena mirip dengan bentuk-bentuk yang akan kita temukan di luar ruangan.

Sebagai hasilnya, kita dapat berharap interior kita mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan kita.

Tingkatkan Kualitas Udara

Kita semua tahu kegembiraan yang datang dari menghirup udara segar dalam-dalam ketika kita ada di luar ruangan, tetapi ini juga dapat direplikasi di rumah.

Berinvestasi dalam tanaman pemurni udara tidak hanya akan menjaga udara tetap bersih, tetapi juga akan membantu kita tidur lebih nyenyak dan merasa lebih baik.

Ditambah lagi, mereka juga dapat menjadi bagian dari desain kita.

Baca Juga: Pantas Hunian Masih Terasa Sesak, Ternyata Mudah Hadirkan Desain Rumah Minimalis Lewat Ide Lemari, Storage yang Begini Harusnya..

Pilih Bahan Alami

Jika IDEA Lovers siap membuat nada biofilik sebanyak mungkin, maka memikirkan bahan adalah langkah yang bagus untuk diambil.

Dari pilihan lantai, furnitur, dan bahan hingga soft furnishing, ada banyak pilihan alami yang bagus untuk kita pilih.

Kita bahkan dapat berpikir untuk mengganti meja, pintu, dan banyak lagi jika kita ingin melakukan perombakan total, tetapi ingat bahwa ketika kita berpikir tentang biofilia, kita juga harus mempertimbangkan keberlanjutan karena keduanya berjalan beriringan.

Undang Air ke Dalam

Saran tren terakhir adalah menambahkan suara air ke rumah dengan fitur air.

Suara air sangat menenangkan dan santai, membantu kita merasa dibawa ke alam bebas setiap kali kita menutup mata dan mendengarkannya.

Ada banyak fitur air dalam ruangan yang bagus untuk dipilih, tetapi memilih salah satu yang menawarkan suara air mengalir akan menuai manfaat paling besar untuk kita dan rumah kita.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti