Ini 4 Kebiasaan yang Tidak Disadari Bisa Buat Kulkas Cepat Rusak

Rabu, 20 Desember 2023 | 11:24
The Spruce

Ilustrasi kulkas yang ditata dengan benar

IDEAonline –Dari sekian banyak jenis alat elektronik rumah tangga,kulkas menjadi salah satu yang penting bagi keseharian pemilik rumah.Dengan memiliki kulkas, Anda bisa menyimpan berbagai jenis makanan, mulai dari yang sudah diolah hingga yang berupa bahan mentah.

Meski begitu, tidak sedikit orangyang abai dengan instruksi pemakaian kulkas dan melakukan beberapa kebiasaan yang malah membuat kulkas tidak bekerja optimal, bahkan cepat rusak.

Kulkas yang sudah mulai mengalami kerusakanbiasanya ditandai dengan kulkas kurang dingin, berair, hingga mengeluarkan bunyi berisik.

Dilansir dariReader's Digest Canada,berikut adalah 4 kebiasaan yang membuat kulkas cepat rusak.

1. Tidak membersihkan saluran pembuangan

Kulkas memiliki banyak komponen esensial, salah satunya adalah saluranpembuangan air dari bunga es yang mencair.Saluranpembuanganyangtersumbat dengan puing-puing esakan menimbulkan masalah pada kulkas.

Air dari bunga esyang meleleh akan meluap dan menetes ke laci bawah kulkas.Hal ini tidak hanya membuatisikulkas menjadi banjirair, tetapijugamembuat masa pakainyajadilebih pendek.

Baca Juga: Bau Daging Busuk di Kulkas Langsung Lenyap Hanya Modal Soda Kue dan Bubuk Kopi, Begini Caranya!

2. Tidak membersihkan kulkas

Kotoranyang berasal daribahanatau tumpahan makanan dan minumantak hanya mengganggu estetika, tapi juga ikut memengaruhi kinerja kulkas. Belum lagi ketika kotoran ikut menempel di karet pintu, udara dingin bisabocorkeluar sehingga kulkas jadi kurang dingin.

Untuk menjagasuhu dingin padakulkas, pastikan Anda sering menyeka tepi pintu serta membersihkan kotoran yang ada di lantai kulkas. Jangan lupa cairkan bunga es apabilasudah menumpuklangit-langitfreezerdanchiller.

3. Kulkas terlalu penuh

Isi kulkas yang terlalu penuh membuat kipasfreezerharus bekerja ekstra, khususnya pada kulkas satu pintu. Apabila kebiasaan ini terus dilakukan,freezeryang kurang dingin bisa membuat makanan sulit beku.

Bukan hanya itu, suhu dingin yang kurang merata juga bisa memicu makanan di luarfreezermenjadi basi ataukedaluwarsa. Agar situasi ini tidak terjadi, ada baiknya mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam kulkas, serta menyusun makanan difreezerdengan rapi agarsuhu dingin tersebar merata melaluicelah-celah makanan.

Baca Juga: Dapur Bisa Menjadi Penyebab Utama Biaya Listrik Melonjak! Begini Cara Mengatasinya

4. Suhufreezer terlalu tinggi

Idealnya, suhufreezeryang baik berada di antaraminus17 hingga minus 15 derajatCelcius.Menyetel suhufreezerterlalu tinggidapat mengurangi masa pakaikulkaskarenathermostatakan memaksa mesin kulkas untuk mencapai suhu yang lebih tinggi.

Selain itu, menyetel suhu tinggi juga akan menyulitkan Anda ketika ingin mengeluarkan makanan darifreezer. Oleh sebab itu, gunakan suhu tinggi hanya ketika diperlukan.

Itulah beberapa kebiasaan yang sering dilakukan dan menjadi penyebab kulkas cepat rusak. Mulai sekarang, harus dihindari ya!

Tag :

Editor : optimization

Baca Lainnya