Rawan Jadi Sarang Bakteri, Begini Cara Membersihkan Kantong Belanja Berdasarkan Jenis Bahannya

Rabu, 05 Oktober 2022 | 17:01
DOK. Shutterstock

IDEAonline –Demi mengurangi sampah plastik, hampir seluruh daerah di Indonesia mulai melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat belanja swalayan dan toko-toko retail. Sebagai gantinya, pelanggan diminta membawa kantong belanja yang dapat digunakan berkali-kali ataureusable.

Meski dapat menjadi solusi untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi tumpukan sampah plastik, penggunaan kantong belanja reusable dapat menimbulkan ancaman kesehatan. Mengutip dari lamanBetter Homes and Gardens, apabila tidak dibersihkan secara teratur dengan cara yang benar, kantong belanja dapat menjadi sarang bakteri dan kuman.

Bagaimana tidak,saat berbelanja, tak jarang berbagai jenis makanandimasukkan kedalam kantong tersebut, mulaidari daging, sayuran, buah-buahan, hingga produk susu.

Selain rawan terkena tumpahan cairan, kantong belanja juga rentan kotor akibat disimpan dibagasimobil,lantai, dantroli belanja yang digunakan banyak orang.

Mengutip darisitus webLoma Linda University of Health,ahli bedah onkologi dr Mark Reeves menyebut,dalam sebuah penelitian yang mengumpulkan kantong-kantong belanjareusable, sebanyak 10persennyaditemukanmengandung bakteriE. coliyangsering kali menyebabkandiare atau infeksi saluran pencernaan.

“Hampir seluruh tas belanjareusableyang kami kumpulkan juga mengandung banyak bakteri di dalamnya,” ungkap Reeves.

Meski begitu, Reeves mengatakan, bakteri yang ada pada kantong belanja dapat dihilangkan dengan mudah melalui proses pencucianyang benar.Melansir dari lamanCleaning Institute,Selasa (6/4/2021), berikutcaramencuci kantong belanjareusablesesuai jenis bahan pembuatnya.

  1. Polypropylene
Kantong belanjaberbahanpolypropylenemenjadiyang paling banyak digunakan.Anda bisa mencuci kantong belanja dengan bahan ini di mesin cuci menggunakanpengaturan lembut. Cucimenggunakan sabun dan air dingin.Atau, Andajuga bisa mencucikantongdengan tanganmenggunakansabun dan air,lalukeringkansetelah dibilas.

  1. Nilon
Berbeda denganpolypropylene,kantong berbahan nilon rentan rusak apabila dicuci menggunakan mesin. Untuk itu, ada baiknya Anda mencucikantong belanja berbahan niloninidengan tangan,menggunakan air hangat dan sabun. Balik bagian dalam, lalu jemur di bawah sinar matahari

  1. Serat bambu
Terbuat dari serat alami yang dapat terurai secaraalami, kantongbelanja jenis inibisa dicuci menggunakan tangan maupun mesincuci.Gunakan deterjen berbahan lembut serta hindarimengucekkantong terlalu keras. Untuk pencucian menggunakan mesin, pastikan mode yang digunakan adalah pencucian lembut.

  1. Katun
Samadenganseratbambu, katun jugamerupakanserat alami.Agar kantongbelanjalebih higienis, cuci dengan mesin cuci menggunakan air panas dan deterjen.

  1. Insulatedbag
Kantongbelanjadengan material ini dirancang untuk menjagasuhumakanandanminumanagartetap dingin atau panas. Cucikantong dengantangan menggunakan air hangat dan sabun.

Anda juga bisa membersihkannyamenggunakanlapatautisu desinfektan. Usap seluruh permukaan,terutama di sepanjang jahitanuntuk menghilangkan bakteri yang masih menempel.Agar tidak terkontaminasi dengan kumandan jamur,usahakan untuk selalu mencucikantongbelanja setelah digunakan. Selain itu, untuk mencegah kontaminasibakteri dari berbagai bahan makanan,gunakan kantong terpisah untuk daging mentah, makanan laut, dansayuran.Anda dapat memberi label pada masing-masing kantong untuk membedakannya.

Pisahkanpenyimpanantas untuk barang non-makanan seperti buku, perlengkapan olahraga, dan lain sebagainya darikantongbelanja untuk bahan makanan.Selamat mencoba!

Editor : Sheila Respati