Lebih dari Sekadar Estetik, Warna Hijau Ternyata Memiliki Makna yang Dalam dan Berbagai Keuntungan dalam Ruang Interior!

Senin, 10 Oktober 2022 | 09:56
GMC ANANTNAG

Ilustrasi kamar tidur bernuansa hijau

IDEAonline - Ketika membahas mengenai warna hijau dalam desain interior, maka yang terlintas dalam benak kita pasti gaya desain yang bernuansa alam.

Sebab berkaitan erat dengan alam, warna hijau memang memiliki banyak keuntungan untuk pengguna ruangnya.

Jika IDEA Lovers tertarik untuk mengaplikasikan warna hijau ke dalam interior IDEA Lovers, artikel berikut akan makin mempersuasi IDEA Lovers untuk menggunakannya.

Dilansir dari archdaily.com, berikut adalah seluk beluk warna hijau yang akan meningkatkan ketertarikan IDEA Lovers untuk menggunakan hijau dalam desain interior.

Baca Juga: Buat Ruang Tamu Anda Lebih Mengundang dengan Tips Berikut!

Makna Warna Hijau

Warna hijau mungkin memiliki konotasi khusus dalam hal evolusi manusia karena hubungannya dengan lingkungan alam yang subur.

Manusia cenderung bermigrasi dan menetap di wilayah geografis hijau subur di dunia.

Oleh karena itu, kecenderungan untuk mengalami suasana hati yang positif di lingkungan alam adalah naluri bawaan dan hijau pun memiliki arti khusus untuk manusia.

Secara naluriah, otak manusia menghubungkan warna hijau dengan alam dan tumbuh-tumbuhan, dan di alam, seseorang biasanya menemukan kesegaran, kesehatan, dan ketenangan.

Ini adalah area yang tidak direkayasa dalam kehidupan yang telah lama ada sebelum umat manusia dan merupakan simbol penting dari pembaruan dan kemakmuran.

Banyak psikolog dan peneliti telah menemukan warna hijau sebagai warna penyembuhan, itulah sebabnya warna ini biasa digunakan di klinik dokter dan ruang tunggu.

Bahkan di studio media, tamu dan orang yang diwawancarai acara televisi menunggu di “ruang hijau” untuk menghilangkan stres karena mengudara.

Selain kualitasnya yang menenangkan, hijau sering dikaitkan dengan gagasan “jalan” atau "pergi", seperti yang digunakan dan terlihat pada lampu lalu lintas dan infografis.

Nilai pelepasan endorphin ini memicu seruan untuk bertindak, seolah-olah manusia “siap untuk pergi” atau “di jalan yang benar”, itulah sebabnya area studi sering dicat hijau untuk memancing motivasi, kreativitas, dan imajinasi.

Baca Juga: Tingkatkan Tampilan Interior Rumah Anda dengan Beberapa Tips Dekorasi Berikut!

Desain Hijau dan Interior

Ketika datang ke ruang interior, desainer telah menemukan beberapa cara untuk memanfaatkan hijau.

Selain mengecat dinding, para desainer telah membawa alam bebas ke dalam dengan menggunakan biofilia sebagai sumber inspirasi yang penting, mempromosikan kesejahteraan, kesehatan, dan kenyamanan emosional, menggabungkan tanaman hijau alami dalam desain mereka.

Dalam hal koordinasi warna, hijau adalah warna yang sangat serbaguna yang cocok dengan warna netral seperti coklat dan abu-abu, warna yang banyak ditemukan di tempat tinggal dan ruang komersial.

Meskipun hijau dianggap sebagai warna dengan nada dingin, rentang warnanya yang luas memungkinkannya untuk terlihat kontras dengan baik dengan nada hangat seperti kuning dan oranye.

Lagi pula, merah dan hijau berlawanan pada roda warna sehingga mereka secara alami saling melengkapi.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya