Kasih Tau ART, Ternyata Manfaatkan 5 Lembar Daun Pandan Bisa Usir Tikus di Rumah, Cara Buatnya Mudah!

Kamis, 20 Oktober 2022 | 06:30
pexels/Alexas Fotos

Cuma Pakai 5 Lembar Daun Pandan, Bisa Usir Tikus di Rumah, Begini Caranya Kalau Mau Nyoba

IDEAonline -Tidak bisa dimungkiri, tikus adalah salah satu tamu tak diundang yang paling mengganggu di rumah.

Ia bisa berkeliaran di dalam rumah dan mengganggu keseharian para penghuni rumah.

Salah satunya, jika IDEA Lovers sering kehilangan makanan di meja makan, bisa jadi tikus adalah pelakunya.

Selain itu, dengan giginya yang kuat dan tajam, tikus kerap memakan buku, pakaian, bahkan kabel di rumah kita.

Nah, untuk mengusir tikus ini, gak melulu harus memakai racun tikus loh.

IDEA lovers bisa menggunakan daun pandan untuk mengsuri tikus dari rumah.

Seperti apa caranya?

Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga:Jarang Ada yang Tahu, Saluran Air Mampet Enggak Perlu Panggil Tukang, Cukup Siram dengan Campuran Air Ini

Baca Juga:Bikin Emak-emak Bahagia, Ternyata Baju Seragam yang Kusam Bisa Kinclong Kembali Hanya dengan Direndam Bumbu Dapur Satu Ini, Cerah Tanpa Dilaundry!

Cara Mengsuir Tikus dengan Daun Pandan

Salah satu bahan alami yang bisa mengusir tikus adalah daun pandan.

Bahan untuk membuat kue ini memiliki bau khas yang tidak disukai hewan pengerat.Berdasarkan penelitian "Uji Efektivitas Ekstrak Daun Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius) Sebagai Pengusir Hama Tikus Sawah (Rattus Argentiventer)" daun pandan efektif dalam mengusir tikus.Penelitian tersebut menggunakan dua pakan padi yang dibiarkan selama 24 jam. Salah satunya ada yang diberi ekstrak dan yang lainnya tidak diberi ekstrak daun pandan.Berdasarkan hasil penelitian dalam skala laboratorium, bau daun pandan ternyata berpengaruh terhadap aktivitas makan tikus.Hal ini ditunjukkan dari pakan padi yang diberi ekstrak daun pandan lebih sedikit dimakan oleh tikus daripada yang tidak diberi ekstrak.Berikut cara membuat racun tikus dengan daun pandan, melansir dari Grid.id, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga:Jarang Ada yang Tahu, Saluran Air Mampet Enggak Perlu Panggil Tukang, Cukup Siram dengan Campuran Air Ini

Baca Juga:Bikin Emak-emak Bahagia, Ternyata Baju Seragam yang Kusam Bisa Kinclong Kembali Hanya dengan Direndam Bumbu Dapur Satu Ini, Cerah Tanpa Dilaundry!

Ambil 5 lembar daun pandan, cuci bersih lalu potong kecil-kecil.Setelah itu rebus air dan masukkan daun pandan ke dalamnya, tunggu sampai airnya berbau harum dan berubah warna menjadi hijau.Saring airnya dan masukkan ke dalam botol semprot.Semprotkan air rebusan daun pandan di sekitar jalan yang biasa dilalui tikus.Aroma ekstrak daun pandan dapat mengganggu penciuman tikus dan membuat mereka tak lagi mendekat.

Untuk lebih efektif, gunakan racun tikus alami ini di sekitar rumah.

Cara Membuat Racun Tikus Sendiri

Dikutip dari kanal YouTube Kebun Indra Tarigan, Anda bisa membuat racun tikus dari bahan alami.

Faktanya, ada bahan alami yang mengandung racun dan bisa membasmi tikus, yakni dengan menggunakan tepung beras dicampur dengan umbi gadung, terasi dan kemiri.

Umbi gadung yang bisa didapatkan dengan membeli di situs belanja online atau di pasar ini, menggandung zat berbahaya seperti sianida.

Bahan dan alat yang harus disiapkan juga tidak banyak.

Setengah kilogram umbi gadung yang telah diparut, 3-5 butir kemiri yang sudah dibakar, agar aroma wanginya menjadi lebih kuat, 1-2 terasi yang sudah dibakar, dan 3 gelas dedak padi atau jagung atau tepung beras.

Sebelumnya, disarankan untuk menggunakan sarung tangan terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar bau manusia tidak masuk ke dalam campuran racun tersebut yang membuat tikus mengetahui dan tidak tertarik lagi.

Setelah penggunaan sarung tangan, haluskan kemiri dan terasi yang telah dibakar tersebut.

Setelahnya campurkan dengan umbi gadung yang telah diparut.

Setelah tercampur semua, masukkan tigas gelas dedak padi atau jagung atau IDEA lovers bisa menggunakan tepung beras.

Kemudian aduk hingga menjadi adonan.

Ketika campuran sudah menjadi adonan, letakkan di nampan yang lebar agar bisa dibentuk, lalu ratakan adonan dan jemur hingga mengering.

Setelah mengering, potong-potong adonan dengan ukuran 1x1cm atau 2 x 2 cm, lalu letakkan di kebun, dapur, dan tempat yang sering dilalui oleh tikus.

Racun organik ini akan membuat tikus tidak berselera makan sehingga mereka akan menjauh dari tempat yang diletakkan racun tersebut.

Selain itu, racun tikus organik ini biasanya bisa membuat tikus menjadi tidak bisa berreproduksi lagi sehingga bisa mengurangi populasi tikus, daripada penggunaan racun kimia.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya