Pantas Saja Beli Rumah Baru, Lantainya pada Bocor Semua, Ternyata 6 Hal Ini yang Harus Diketahui Sebelum Merenovasi Kembali

Sabtu, 12 November 2022 | 22:27
Avalon Flooring

Pantas Saja Beli Rumah Baru, Lantainya pada Bocor Semua, Ternyata 6 Hal Ini yang Harus Diketahui Sebelum Merenovasi Kembali

IDEAonline -Lantai diketahui berfungsisebagai penopang struktur bangunan secara keseluruhan karena lantai merupakan permukaan pondasi pada sebuah bangunan.

Tapi ternyata titik ini adalah titik yang paling jarang direnovasi atau diganti.

Membongkar lantai saat bangunan sudah jadi akan mengganggu semua aktivitas rumah dan sangat merepotkan. Karenanya, jangan sepelekan perencanaan lantai sejak dari awal membangun rumah.

Untuk mencegah terjadinya masalah lantai khususnya bocor, cara berikut ini bisa IDEA Lovers lakukan.

Baca Juga:Pantas Saja! Tak Perlu Lagi Simpan Mentega dan Selai Kacang di Dalam Kulkas, Begini yang Benar..

Baca Juga:Lebih Termotivasi, Produktif dan Terhubung, Wework Luncurkan Platform Wework Workplace

1. Lantai Bangunan

Idealnya, ketinggian lantai sebuah rumah harus lebih tinggi dari permukaan tanah asli.

Tak hanya untuk mencegah kebocoran

Saja, hal ini pun dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan banjir memasuki rumah. Sebaiknya, lantai didesain dengan ketinggian lebih dari 50cm, jika dihitung dari permukaan tanah asli.

Jika dihitung dari permukaan saluran drainase kota di depan rumah, idealnya desain lantai ketinggiannya 1m dari drainase tersebut.

2. Sumur Resapan

Sumur resapan berguna untuk menampung genangan-genangan air tanah yang bisa membuat hunian bocor.

Buat sumur resapan dengan kedalaman yang sesuai dengan peraturan daerah setempat yang berlaku, atau batas ambang ketinggian permukaan air tanah yang ada di daerah hunian.

3. Hindari Material Lantai ini

Baca Juga:Metaphor Persembahkan Dua Brand di Kawasan Kemang, IKONS dan MODULO

Baca Juga:Antara Menyewa atau Membeli Rumah, Mana yang Lebih Baik untuk Pasangan Baru?

Meskipun dalam perihal kebocoran jenis material lantai tak terlalu berpengaruh, ada baiknya IDEA Lovers menghindari pemakaian material lantai berdaya serap tinggi, seperti marmer, teraso, dan beton.

4. Rekayasa Penahan Air

Salah satu cara mencegah kebocoran dari lantai adalah menambahkan material-material yang dapat menahan air, seperti lapisan dasar waterproofing sheet dan sejenisnya.

Selain itu, lapisan beton pun harus memiliki kualitas yang baik agar tak mampu ditembus air.

5. Drainase Bawah Tanah

Sub drain atau drainase bawah tanah merupakan salah satu cara untuk mencegah bocor.

Letaknya berada di bawah dasar lantai bangunan hunian.

Dengan lubang drainase di bawah tanah seperti ini, air tanah yang mulai naik akan dialirkan, sehingga ti dak naik ke permukaan lantai dan menembus sela-sela nat.

6. Desain Rumah Panggung

Baca Juga:Ngapain Panggil Tukang, Ternyata Ini Penyebab Televisi Hilang Sinyal Hingga Tak Ada Suara, Simak Solusinya!

Baca Juga:Persis Banget Dekorasi Sultan, Ini Inspirasi Furnitur Corak Emas dan Aksesori Senada yang Bisa Banget Diaplikasiin di Rumah

Untuk kondisi tanah yang sangat parah—rawan banjir dan bocor—ada baiknya IDEA lovers menggunakan desain rumah panggung, yaitu desain yang tak membiarkan lantai berhubungan langsung dengan tanah, dalam jarak sekitar 20–50cm.

Konsultasikan dulu terhadap arsitek atau teknisi sipil yang lebih mengerti pada hal ini.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya